Upaya Melatih Konsentrasi Belajar Pada Anak

ASI Ekslusif cikal bakal perkembangan otak anak

Pertumbuhan anak tidak terlepas dari masalah pemberian ASI yang diberikan sejak awal bayi baru lahir. Pemberian ASI ini akan memberikan dampak kesehatan, yang cukup signifikan. Hal ini tidak hanya dirasakan pada ibu saja tetapi juga pada anak, antara lain  dapat mencegah  risiko kanker pada keduanya. Dalam sepuluh tahun terakhir telah digalakkan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan pada bayi. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa bayi yang diberikan ASI Eksklusif memiliki tingkat kecerdasan melebihi bayi tanpa ASI Eksklusif.

baby_breastfeeding

ASI Eksklusif tak ada tandingnya                        

Usia bayi tiga sampai lima tahun disebut juga sebagai usia emas (golden age) di mana kondisi fisik dan otaknya sedang dalam masa pertumbuhan terbaiknya. Agar otak tumbuh optimal, kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA, AA, Sphingomyelin dan Sialic Acid harus terpenuhi dengan baik dan seimbang.

Konsentrasi baik proses belajar baik

 Konsentrasi merupakan sesuatu yang berkaitan dengan fungsi kerja otak. Kemampuan memfokuskan perhatian ini dipengaruhi beberapa hal, seperti  (1) kemampuan indra (penglihatan dan pendengaran) yang berfungsi menerima rangsang, (2) kemampuan gerak motorik (dalam mengerjakan sesuatu), serta (3) peran lingkungan (dalam memberikan rangsang atau stimulus). Adapun upaya yang dapat dilakukan agar anak mampu berkonsentrasi dalam belajar  adalah :

1. Menerapkan beberapa sikap yang harus dilakukan oleh anak, seperti : duduk dengan baik, jangan banyak bicara atau ngobrol dengan teman, mendengarkan penjelasan dari guru, arahkan pandangan ke guru, dan lain sebagainya.

2. Menerapkan disiplin tentang waktu, baik itu waktu belajar ataupun waktu untuk menyelesaikan tugas.

3. Saat belajar di rumah, buatlah suasana rumah nyaman dan sunyi.  Dapat pula suasananya dibuat seperti di sekolah. Hal ini dimaksudkan agar konsentrasi anak tidak terpecah.

4. Membagi waktu belajar menjadi beberapa kali, jangan belajar terlalu lama. Waktu yang efektif untuk belajar adalah 30 menit sampai 1 jam.

Gula dan hubungannya dengan otak

permen

Permen kesukaan anak-anak

Gula yang memiliki rasa manis sangat disukai oleh  anak-anak. Namun di balik rasa manisnya banyak tersimpan dampak negatif jika mengkonsumsi gula secara berlebih, antara lain menyebabkan obesitas, di mana obesitas dapat memicu munculnya kolesterol dan penyakit jantung bahkan pada tingkat  yang lebih bahaya yaitu diabetes. Bahaya lain dari mengkonsumsi gula berlebih pada anak adalah,  menyebabkan hiperaktif, kecemasan, sulit berkonsentrasi dan mudah tersinggung. Pada anak usia pra sekolah, kelebihan gula kemungkinan dapat menurunkan kualitas belajar, membuat anak lebih aktif dan agresif.

Cerdas memilih susu yang baik untuk anak

Produk susu yang mengandung gula tambahan dapat meningkatkan kepadatan energi, mengurangi nilai gizi susu dan kecenderungan kelebihan glikemia dan insulin. Susu merupakan bahan pangan penting bagi anak, yang mengandung protein, kalsium, riboflavin, vitamin A dan Zinc. WHO telah merekomendasikan bahwa asupan gula tambahan tidak melebihi 10% dari total energi yang dikonsumsi untuk menghindari kelebihan energi dalam tubuh anak. Batas ambangnya adalah 4-5 sendok teh untuk anak usia 1-3 tahun dan 5-8 sendok teh untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Memilih susu pada anak tak hanya didasarkan pada rasa yang enak, tapi juga mengedepankan sisi kesehatan. Dengan kata lain orang tua harus cerdas dalam memilih susu agar menjadi  asupan yang terbaik. Apalagi, di pasaran banyak ditemukan berbagai macam susu dengan kandungan yang beragam. Saat ini telah hadir susu yang tidak menggunakan gula tambahan, saya mengenalnya dengan Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan. Dengan adanya susu Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan ini, para orang tua tidak perlu khawatir lagi jika buah hatinya kelebihan energi. Formulasi yang terkandung dalam susu ini telah disempurnakan dengan menyesuaikan kebutuhan tumbuh kembang anak.

Selain menghilangkan kekhawatiran akan kelebihan energi, susu Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan ini   dapat memicu perkembangan otak anak. Dengan demikian anak dapat memiliki konsentrasi yang baik sehingga proses belajarnyapun menjadi baik.    Kecerdasan orang tua dalam memilih susu yang baik akan menentukan masa depan dari anak itu sendiri. Cerdasnya anak adalah cerdasnya orang tua dalam memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.713 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: