Kulit Sehat Bukan Hanya Mimpi

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang menginjak usia kepala empat, tentunya segala sesuatu sudah sangat terlambat untuk dilakukan, termasuk merawat kulit. Padahal sejatinya perawatan kulit di malam hari merupakan hal penting dan sebaiknya dilakukan sejak usia 20-an. Jika dilakukan secara rutin, kulit akan senantiasa sehat, kencang, berseri, dan awet muda. Apalagi kegiatan yang dilakukan lebih banyak di lingkungan yang membuat kulit jadi kering dan kusam. Dari ruangan ber AC sampai sinar ultraviolet matahari semua membuat kulit harus ekstra kerja keras. Itulah sebabnya sebagaimana anggota tubuh yang lain, ternyata kulit juga perlu istirahat. Tidak cukup hanya istirahat saja, akan tetapi tapi juga memerlukan perawatan.

Mengenal struktur kulit
Tak kenal maka tak sayang, ungkapan dari masa ke masa ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Dan ternyata ungkapan ini memang masih sangat relevan. Kita tidak akan sayang jika kita tidak mengenal kulit yang menempel lekat di tubuh. Itulah sebabnya saya akan memperkenalkan struktur kulit yang sudah pernah kita kenal pada saat kita belajar Biologi di Sekolah Menengah Pertama dulu. Dan tidak salah jika kali ini kita akan mengingatnya sebentar, agar kita lebih sayang dengan kulit kita.

Jaringan struktur kulit

Jaringan Struktur Kulit

Struktur kulit manusia terdiri atas tiga lapisan utama yaitu epidermis, dermis, dan subkutan. Di dalam lapisan tersebut ada dua lapisan penting yang saling terikat satu sama lain dengan adanya papilare dermis.
1. Struktur kulit – Lapisan Epidermis
Lapisan ini adalah lapisan teratas kulit yang mempunyai ketebalan yang berbeda-beda. Lapisan kulit tebal epidermis berkisar antara 400-600 µm yang terletak pada bagian telapak tangan dan kaki, sedangkan pada lapisan kulit tipis epidermis, ketebalannya hanya berkisar antara 75-150 µm yang terletak pada bagian selain telapak tangan dan bagian yang memiliki rambut.
Epidermis tersusun atas lapisan-lapisan berikut:
• Melanosit, merupakan sel penghasil melamin bagi kulit.
• Sel Langerhans, sel ini mempunyai peran yang sangat penting dalam proses imunologi kulit.
• Sel Merkel, berfungsi untuk menjadi mekanoreseptor sensoris bagi kulit.
• Keratinosit, tersusun atas beberapa lapisan, seperti tratum korneum, stratum lucidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basal.
2. Struktur kulit – Lapisan Dermis
Lapisan dermis mempunyai dua lapisan kulit yang disebut stratum papilare dan stratum reticular. Kedua lapisan ini tidak mempunyai batas yang jelas pendeskripsiannya. Lapisan ini mempunyai ketebalan yang bervariasi bergantung pada tubuh manusia, tetapi lapisan ini memiliki ketebalan maksimal hingga 4 mm. Lapisan dermis juga mempunyai lapisan turunan yang berasal dari lapisan epidermis. Lapisan turunan tersebut adalah rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebacea.
3. Struktur kulit – Lapisan Subkutan
Lapisan subkutan atau yang juga disebt sebagai jaringan lemak bawah, merupakan jaringan yang mengandung sel lemak yang jumlahnya bervariasi. Di dalam lapisan ini terdapat syaraf, pembuluh darah dan limfe. Ini merupakan struktur kulit terdalam yang memiliki banyak sel liposit yang berguna dalam memproduksi jaringan lemak yang merupakan pelapis antara tulang dan otot.
Lapisan ini merupakan lapisan yang banyak mengandung pembuluh darah dan pembuluh limfe. Sebagai lapisan yang terdapat banyak syaraf maka terdapat banyak ujung syaraf yang tanggap terhadap stimulus seperti rabaan, sensasi taktil, dan suhu tinggi maupun rendah. ( Sumber dari sini )
Nah, lumayankan pengetahuan yang sempat terlupakan beberapa puluh tahun sekarang muncul lagi di otak kita. Sekarang pasti kita akan lebih menyayangi kulit, oleh sebab itu mulailah merawatnya dengan baik dan teratur.

Kenali penyebab kulit jadi rusak
Terkena sinar matahari terlalu lama
Sinar ultraviolet punya efek yang mengerikan bagi kulit. Hal inilah yang dikatakan oleh Norman Levine, MD, dermatolog asal Tucson, Arizona. “Matahari memiliki efek terhadap sel yang berfungsi memperbaiki kulit. Dan ketika sel tersebut rusak, maka kita dapat dipastikan mengalami penuaan kulit dan lebih mudah terkena kanker kulit.” Jadi, sedapat mungkin hidarilah sinar matahari yang teramat terik.
Terlalu hemat memakai sunscreen
Memakai sunscreen atau krim tabir surya adalah suatu hal yang wajib dilakukan saat akan melakukan kegiatan outdoor disiang hari. Namun, seringkali sunscreen tidak memberikan proteksi maksimal saat kulit terkena sinar matahari. Oleh sebab itu pakailah sunscreen sesering mungkin, minimal tiap 2 jam sekali.
Merokok
Tidak hanya meyebabkan kanker paru-paru, jantung, dan stroke, merokok juga dapat menimbulkan kerutan pada kulit. “Seperti sinar matahari, merokok juga merusak kulit. Hanya saja bedanya, rokok merusak kulit dari dalam,” kata Jeffrey Dover, MD, FRCPC, profesor di bidang dermatologi klinis Universitas Yale. “Rokok menyebabkan kulit menjadi lemah, sakit, dan tidak enak dilihat,” lanjutnya. Jika tumpukan penyakit tersebut terlihat kurang meyakinkan, masih ada tumpukan penyakit lain yang menanti, seperti menghambat penyaluran darah ke kulit dan memperlambat proses penyembuhan.
Terlalu banyak makan
Kulit merupakan organ tubuh yang elastis. Ketika kita memberikan terlalu banyak kalori dalam tubuh, maka kulitpun akan menyesuaikan lingkar pinggang yang turut membesar. Namun, sayangnya kulit tidak terlalu elastis untuk kembali ke bentuk asal ketika kita mengurus. Jangan kaget ketika nantinya kita mendapati stretch marks di bagian-bagian tubuh tertentu.
Kurang tidur
Proses peremajaan kulit terjadi saat kita tidur. Oleh karenanya biasakan tidur sekitar 7-9 jam. ( Sumber artikel dari sini )

Gunakan yang alami
Sebenarnya perawatan kulit sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Pada masa negri ini masih berbentuk kerajaan, puteri-puteri keraton atau para puteri yang berasal dari negeri lain, dikenal akan kecantikan paras wajah dan kulit tubuhnya. Lalu sebenarnya apa yang menjadi rahasia kecantikan mereka? Tentunya bahan-bahan alami dan tradisional adalah jawabannya. Bahan-bahan alami dan tradisional digunakan untuk perawatan kulit sejak dahulu kala, dan bukan hanya para puteri saja yang menggunakannya, masyarakat biasa pun bisa memanfaatkan ramuan atau bahan alami dan tradisional sebagai perawatan kulit yang alami dan mudah didapat.
Kebiasaan merawat kulit dengan kekayaan alam masih ada hingga jaman modern saat ini. Bahan-bahan alami dan tradisional bisa diracik oleh kita sendiri atau dijadikan bahan pembuatan produk perawatan kulit. Sifatnya yang alami tanpa efek samping jika dipadukan dengan teknologi canggih, tentunya akan menghasilkan produk perawatan kulit yang sempurna. Sebagai pengetahuan kita untuk memilih perawatan kulit yang tepat, cobalah simak beberapa bahan alami dan tradisional di bawah ini yang sangat kaya manfaatnya untuk kulit; ( Sumber dari sini )
1. Mangir
Mangir tidak hanya dapat merilekskan pikiran dengan keharumannya yang khas, juga dapat memanjakan kulit dengan membuatnya lebih elastis, mengangkat sel-sel kulit mati yang tertumpuk pada kulit, serta mengharumnkannya. Mangir adalah campuran antara temugiring dan daun kemuning yang mana dapat mencerahkan kulit dengan memberi rona kuning langsat.
2. Beras Jepang
Beras jepang adalah salah satu rahasia kulit putih para wanita jepang, karena dari semua jenis beras, beras ini memiliki kandungan squalane oil yang paling tinggi. Selain dapat membantu mencerahkan warna kulit, beras jepang juga dapat melembabkan kulit.
3. Madu
Madu sudah digunakan oleh orang jaman dahulu hingga sekarang untuk kesehatan dan perawatan kulit. Madu dikenal akan kehebatannya melawan bakteri, mikroba, serta kandungan vitamin, potasium, mineral yang tinggi didalamnnya. Jika menggunakan madu untuk perawatan kulit, maka kulit tidak hanya cantik tetapi juga sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit. Bahan-bahan alami dan tradisional ini sanat mudah didapat, hanya dengan meraciknya kita bisa mendapatkan kulit sehat seperti para puteri keraton. Atau untuk lebih mudahnya, kita bisa memilih produk perawatan kulit yang memiliki bahan-bahan alami dan tradisional tersebut. Jadi nggak ada lagi alasan kita untuk bermalas-malasan dalam merawat kulit.

Kulit sehat dimulai pada malam hari
Pelembab kulit tidak hanya penting untuk digunakan pada pagi dan siang karena ternyata malam adalah saat kulit juga memerlukan pelembab. Dr. Eddy Karta, SpKK dari Divisi Geriatri Dermatologi RSCM mengatakan, malam hari adalah saat yang tepat untuk melakukan perawatan kulit. Di mana pada malam hari sel-sel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel baru serta kolagen yang rusak. Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru. Lebih jauh, dokter spesialis kulit dan kelamin ini menjelaskan, saat malam hari terjadi pembelahan sel-sel lapisan kulit dan ketika itu kandungan air pada kulit paling banyak menghilang, hingga 25 persen dibandingkan pada pagi atau siang hari.
Manfaat Body Lotion adalah :
1. Membantu supaya kulit tidak menjadi semakin kering saat proses regenerasi   sedang berlangsung.
2. Menjaga kesehatan kulit, dengan moisturizer yang ada dan kandungan yang   terdapat di dalamnya, mampu           membantu   kulit untuk tetap lembab, lembut dan terjaga kesehatannya.
3.Mengurangi bahaya polusi dan efek buruk sinar matahari ketika kita beraktivitas seharian.
Body lotion biasanya digunakan sehabis mandi, dalam sehari bisa digunakan lebih dari 2 kali apalagi jika kita sering berada di ruangan ber AC atau terkena sengatan sinar matahari langsung.
Selain itu, proses penyerapan produk perawatan kulit akan lebih efektif bila dilakukan pada malam hari, mengingat sel lapisan kulit sedang membelah. Kulit yang terlalu kering dapat meningkatkan sensitivitas kulit, selain itu kulit juga menjadi lebih cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya. ( Artikel dari sini ).

Terobosan baru dari Citra
Melihat begitu pentingnya merawat kulit pada malam hari, mendorong sebuah perusahan yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam perawatan kulit tubuh untuk mencari terobosan baru. Sehingga lahirlah produk perawatan kulit pada malam hari, saya mengenalnya dengan “Citra Night Whitening”. Produk yang terbuat dari bahan alami ini dikemas dalam botol cantik berwarna putih mulus. Kedua bahan alami itu juga sangat saya kenal yaitu buah Mulbery dan Minyak biji anggur. Meskipun saya sangat mengenal ke dua bahan alami tersebut tapi baru tahu akan manfaatnya setelah produk anyar ini hadir di tengah masayarakat. Yuk…kita kenal lebih dalam lagi tentang bahan alami yang terdapat dalam botol cantik dan putih mulus Citra Night Whitening ini.
Mulberry, si kaya zat besi

mulberry-4e898e1cae08a

Mulberry

Buah Mulberry memang belum banyak diketahui orang di Indonesia. Buah yang bentuk fisiknya mirip dengan buah blackberry ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak jarang, yang sekarang beredar di pasar merupakan black mulberry yang kebanyakan orang mengira itu blackberry. Buah berwarna merah kehitaman ini kaya akan zat besi, yang penting bagi pertumbuhan sel darah merah dan mencegah penyakit
anemia. Pada setiap 100 gram mulberry terkandung 1,85mg, 23% dari asupan harian yang direkomendasikan atau setara dengan sepotong daging sirlion.

Buah ini juga merupakan buah yang kaya vitamin C dan memiliki resveratrol yang tinggi, sebuah antioksidan yang juga ditemukan pada anggur merah yang dapat membersihkan polutan dalam tubuh. Sedangkan ekstrak mulberry berfungsi menghambat kerja enzim tyrosinase yang bertanggung jawab terhadap pembentukan melanin di kulit. Melanin kulit adalah zat yang menimbulkan warna kulit, semakin banyak melanin maka warna kulit akan semakin gelap. Melanin juga berfungsi melindungi kulit dari terpaan sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak struktur kulit dan dapat mengakibatkan warna kulit menjadi gelap dan kusam. ( Sumber gambar dan artikel didapat dari sini )

Minyak biji anggur, solusi ajaib untuk kulit cantik

minyak-biji-anggur-solusi-ajaib-untuk-kulit-cantik

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa minyak biji anggur adalah bahan yang penting dalam produk kosmetik. Minyak biji anggur adalah produk yang dihasilkan oleh buah anggur setelah persiapan membuat wine. Minyak biji anggur adalah minyak kecantikan yang bagus untuk kulit. Jika digunakan secara teratur, minyak biji anggur ini bisa membuat kulit tampak bersinar. Minyak biji anggur juga mengandung linoleic acid, yaitu lemak esensial yang di butuhkan tubuh untuk regenerasi kulit yang terjadi di malam hari.
Sebagai buah-buahan, anggur juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa tahun terakhir ini anggur digunakan sebagai obat penyakit kulit. Selain mengencangkan dan memperbaiki warna kulit, anggur juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat serta menghaluskan kulit. Minyak biji anggur tak hanya membantu meremajakan kulit dan memenuhi gizi yang dibutuhkannya, namun juga bisa membuat kulit berkilau.
Dengan semakin meningkatnya risiko kanker kulit akibat efek negatif sinar matahari, minyak biji anggur juga bisa berfungsi sebagai tabir surya. Dengan mengoleskan sedikit minyak biji anggur pada kulit saat bepergian, akan terlindung dari sinar matahari. ( Sumber gambar dan artikel didapat dari sini ).

Kedua bahan alami yang kaya akan manfaat ini semua menyatu dan diformulasi secara khusus dalam produk baru Citra dengan nama Citra Night Whitening yang kini bisa kita dapati di seluruh toko yang tersebar di Indonesia. Kedua bahan alami itu mempunyai kandungan yang terbaik untuk kulit. Dengan begitu kita tidak perlu bersusah payah lagi mencari buah Mulberry dan Minyak biji anggur. Citra Night Whitening telah merealisasikan nya buat para pecinta kulit sehat.

Taraaaaaaaaaaaaaaa…ini loh New Produk from Citra…

citra
Mengapa harus Citra Night Whitening ?
1. Produk terjangkau
Citra yang telah berkomitmen puluhan tahun untuk perempuan Indonesia selalu memberikan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Untuk Citra Night Whitening 120 ml saya membelinya seharga Rp 6.700,- dengan ukuran varian yang paling besar (400 ml) kurang dari Rp. 30.000 namun manfaat yang saya dapatkan sangat banyak, melebihi harga tersebut. Jadi untuk mendapatkan kulit tubuh yang cantik dan tidak harus mahal Citra Night Whitening adalah pilihan yang tepat.
2. Produk dapat diandalkan
Sejak tahun 1984 Citra telah hadir dalam kehidupan para perempuan di Indonesia. Selain itu Citra sudah sangat memahami betul kebutuhan dan karakter jenis kulit perempuan Asia khususnya di Indonesia. Sehingga tidak heran bila produk Citra selalu dipercaya dan tetap menjadi produk pilihan perempuan Indonesia karena senantiasa konsisten dalam memenuhi kebutuhan perempuan dengan bahan alami yang ada dalam kandungan produknya.
3. Produk teranyar
Citra Night Whitening hadir dengan kemasan baru seperti bentuk produk body lotion Citra yang lain. Lebih modern, dan chick, nampak dari bentuknya sangat mudah digenggam. Perpaduan warna yang elegan yaitu ungu dan putih, Citra Night Whitening ini sangat mudah dikenali, hanya dengan sekali lirik kita akan tahu jika itu adalah Citra Night Whitening dan berbeda dengan produk body lotion lainnya. Semua perawatan kulit saya selalu tertata di atas meja rias dan Citra Night Whitening lebih memancarkan dirinya, seolah berbisik lembut kepada saya agar segera digunakan.

IMG0187A

4. Produk dengan banyak ukuran
Citra hadir dengan ukuran produk yang berbeda. Ada 4 macam ukuran mulai dari 60 ml, 120 ml, 250 ml sampai 400 ml yang bisa didapatkan di setiap supermarket atau toko-toko. Keaneka ragaman ukuran ini juga merupakan komitmen Citra yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Untuk ukuran 60 ml dan 120 ml sangat cocok dibawa bepergian karena bisa dimasukkan ke dalam beauty case yang mungil. Dengan kata lain kita bisa tetap merawat dan menjaga kulit tubuh sekalipun harus dijejali dengan aktivitas yang segunung.
5. Produk dengan aroma ter-sensasi
Manusia itu memiliki jutaan reseptor bau di hidung yang bisa mendeteksi dan menebak bau apa yang sedang diciumnya. Dan ternyata mencium wewangian itu baik untuk kesehatan. Ketika seseorang mencium suatu bau, maka sinyal akan dikirim ke sistem limbik di otak. Aroma yang dicium bisa membantu menurunkan tingkat stres, meningkatkan kinerja kerja, mengurangi rasa sakit, insomnia, bahkan untuk menurunkan berat badan. (Sumber dari sini). Aroma yang ada di dalam Citra Night Whitening ini sangat terasa manja, lembut dan menyegarkan ( suami bilang sensasi aromanya membuat cepat ngantuk ). Saking sensasinya aromanya menyebar ke seluruh kamar tidur. Alhasil saya tidak perlu lagi menyemprotkan pewangi ruangan beberapa saat menjelang tidur. Apa yang dikatakan oleh suami memang terbukti, tak berapa lama setelah kulit sudah terbalur oleh Citra Night Whitening sayapun langsung terlelap. Hilang segala lelah dan tubuh terasa sangat relaks, hanya tinggal bermimpi indah. Hmmmmm….

IMG0183A
6. Produk dengan tekstur lotion yang lembut
Saya sangat tidak menyukai lotion yang lengket. Nah, ternyata tekstur lotion Citra Night Whitening cocok banget dan sesuai dengan selera saya. Lotionnya tidak terlalu cair namun tidak juga terlalu kental. Lotion yang berwarna putih susu ini mudah meresap, menjadikan sangat nyaman digunakan sebelum tidur. Eh, nyamuk juga enggan mendekat loh ! Terasa sekali perubahan pada kulit saya setelah beberapa minggu pemakaian. Penasara ? Ayo coba…

Rumah Cantik Citra ( RCC )
Sewaktu kantor saya masih di daerah Tebet saya sering sekali memanjakan diri di salon-salon yang berada di sekitar Tebet. Daerah Tebet memang terkenal dengan bermacam-macam tempat perawatan kecantikan. Salah satunya adalah Rumah Cantik Citra yang berlokasi tepat di Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 36, Tebet, Jakarta Selatan. Di RCC inilah saya beberapa kali datang untuk merawat kulit seperti lulur dan facial. Hanya dengan membeli produk citra kita sudah merasa dimajakan layaknya di rumah sendiri. Bila ingin berkunjung saat akhir pekan, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu melalui nomor 021-8303101. Citra Night Whitening bisa dibeli di sini sekaligus merasakan kemanjaan yang sempurna. Yuk…ajak teman dan sahabat kamu dengan mengunjungi RCC yang ada di daerahmu, cocok untuk hang out juga loh !

rc_citra_lokasi_1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s