Bijak Memilih Nutrisi Demi Perkembangan Otak Anak

Pada masa pertumbuhannya seorang anak selalu ingin mencoba sesuatu yang menarik bagi dirinya. Hal ini terjadi pula dalam memlilih makanan yang diinginkannya. Mereka belum mengerti mana makanan yang bermanfaat dan yang tidak. Asal mereka merasakan hal itu enak maka mereka dengan senang hati membelinya atau memakannya. Sebagai orang tua kita harus  memberikan pengertian tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi. Demikian pula asupan nutrisi yang harus dikonsumsinya. Orang tua harus memberikan yang terbaik bagi buah hatinya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan bagi si anak yang tentunya berakibat buruk bagi orang tua itu sendiri.

ASI  Eksklusif  sebagai Nutrisi Utama

menyusui

Bayi baru lahir mewarisi kekebalan tubuh dari ibunya selama dalam kandungan. Kekebalan ini yang membuatnya mampu bertahan terhadap ancaman bibit penyakit. Seiring pertambahan umurnya kekebalan ini makin menurun. Selanjutnya kekebalan tubuhnya akan diperoleh dari Air Susu Ibu (ASI) dan nutrisi yang diterimanya. Tidak ada nutrisi khusus yang berkhasiat untuk mendongkrak kekebalan tubuh. Kita tahu kekebalan tubuh merupakan sebuah sistem dalam darah dan kelenjar getah bening. Ada kekebalan yang diperankan oleh sel darah putih (cellular) dan sebagian lagi diperankan oleh cairan darah (humoral). Untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh, banyak jenis nutrisi yang diperlukan untuk mendukungnya, khususnya asam amino sebagai gugus protein, selain beberapa jenis vitamin, dan mineral (trace elements).

 Bayi memperoleh protein, vitamin, dam mineral dari ASI. Air Susu Ibu dirancang secara sempurna untuk mencukupi seluruh jenis nutrien yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembang selain menyusun sistem kekebalan tubuhnya. Termasuk kecukupan jenis asam aminonya.  ASI merupakan ‘makanan’ terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk bayi. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan.

ASI juga mengandung beberapa mikronutrien yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Selain itu pemberian ASI minimal selama 6 bulan dapat menghindarkan bayi dari obesitas atau kelebihan berat badan. ASI membantu menstabilkan pertumbuhan lemak bayi sehingga nantinya akan terhindar dari kelebihan atau kekurangan berat badan.

DHA & ARA merupakan komponen ASI yang penting untuk perkembangan otak bayi. Dr. Birch dkk telah melakukan penelitian untuk mengetahui efek pemberian asam lemak rantai panjang ini terhadap perkembangan mental bayi. Ketika memasuki usia 18 bulan, bayi-bayi yang mendapatkan formula yang telah diperkaya dengan DHA dan ARA dengan kadar yang sesuai dengan rekomendasi FAO/WHO, memiliki perkembangan mental yang nilainya 7 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan formula tanpa penambahan DHA dan ARA. Fungsi penglihatan juga menjadi lebih baik. Hal ini bisa dipahami karena DHA dan ARA merupakan ‘zat pembangun’ otak dan mata.

Bayi yang mendapatkan ASI lebih jarang sakit karena mendapatkan asupan anti bodi dari ibu. Bayi terlindung dari pneunomia, botulisme, bronkitis, infeksi stafilokokus, influenza, infeksi telinga dan campak jerman. Melalui ASI, ibu juga menyumbangkan antibodi dari berbagi penyakit yang pernah dideritanya sehingga bayinya terlindung dari penyakit tersebut.

Saluran cerna bayi yang mendapatkan ASI kaya akan bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat di usus di kecil. ASI yang langsung diisap dari payudara ibu, selalu dalam keadaan steril, tidak terkontaminasi oleh air ataupun botol susu yang kotor, sehingga si kecil terhindar dari ancaman diare.

Menghisap payudara bisa membantu perkembangan rahang. Dibandingkan dengan botol, lebih sulit untuk menghisap susu dari payudara. Namun hal ini bisa dijadikan latihan untuk memperkuat rahang dan membantu pertumbuhan gigi yang rapih dan sehat.

Fakta ASI (Air Susu Ibu)

  • ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh bayi. Sampai bayi 6 bulan cukup diberi ASI saja tanpa makanan lainnya (ASI eksklusif).
  • ASI mengandung zat kekebalan terhadap penyakit yang dapat menghindarkan bayi dari serangan penyakit infeksi.
  • ASI merupakan makanan yang bersih, mudah didapat dan dapat langsung diberikan pada bayi dan mempunyai suhu yang sesuai dengan suhu tubuh bayi.
  • Ibu yang menyusui mengeluarkan hormon prolaktin yang dapat membantu menunda kehamilan berikutnya.

 Menyusui sejak dini mempunyai dampak yang positif baik bagi ibu maupun bayinya.  Hamper 80 % perkembangan otak anak dimulai sejak dalam kandungan sampai usia 3 tahun yang dikenal dengan periode emas (golden age). Oleh karena itu diperlukan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan dan dapat diteruskan sampai anak berusia 2 tahun. Pastikan bayi mendapat Air Susu Ibu Eksklusif. Sebab kegiatan ini memberikan dampak kesehatan, tidak hanya pada ibu tetapi juga pada anak.

Periode Emas Pertumbuhan Otak

otak01

Sebagaimana telah dilansir sebelumnya pertumbuhan otak pada anak atau yang sering dikenal dengan golden age terjadi pada saat bayi masih dalam kandungan dan sampai berusia 3 tahun. Periode emas pertumbuhan otak adalah tahap yang paling cepat dan paling kritis dalam perkembangan otak. Saat ini terjadi pada trimester ketiga kehamilan dan selesai diantara ulang tahun kedua dan ketiga seorang anak.
Di masa ini, pertumbuhan otak anak  sangat rapuh akan konsekuensi yang merugikan dari malnutrisi. Penelitian menunjukkan bahwa jika jumlah sel otak yang tepat tidak berkembang di masa ini, kekurangan secara permanen dapat terjadi. Oleh karena itu, masa periode emas pertumbuhan otak adalah kesempatan ‘sekali seumur hidup’ bagi otak anak  untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Sebab itulah, di masa periode emas pertumbuhan otak ini, sangat penting untuk memberikan anak  nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan otak mereka.

Terdapat dua tahap utama dalam proses perkembangan otak dalam anak, yaitu tahap produksi sel otak kemudian dilanjutkan oleh tahap transmisi sel otak, yang juga dikenal sebagai proses diferensiasi korteks. Tahap pertama adalah produksi sel otak yang membentuk koneksi sel-sel otak, di mana pada tahap ini sel-sel otak membentuk sinaps, yaitu penghubung antara dua ujung dari sel-sel otak yang berbeda. Sebagai jembatan penghubung, sinaps memungkinkan sel-sel otak tersebut untuk saling mengirimkan sinyal atau berkomunikasi. Tahap kedua adalah diferensiasi korteks, di mana komunikasi sel-sel otak mengalami transmisi atau penyampaian pesan antar sel-sel otak. Semakin sering otak distimulasi pada saat tahap ini akan lebih baik, satu sel syaraf otak dapat mencapai 2500 jaringan sel otak. Proses ini berkembang paling pesat pada masa anak-anak dan berlangsung hingga seumur hidup, demikian pemaparan dari Dr. Dwi Putro Widodo, SpA – Dokter Spesialis Syaraf.

Bijak Pilih Nutrisi

nutrisi_inidiasajianbuatsikecil

1365 hari pertama dalam kehidupan anak merupakan critical period yang akan sangat mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang anak, sehingga diperlukannya perhatian khusus dan serius. Saat lahir, otak anak hanyalah berukuran 25 persen dari rata-rata otak saat dewasa nanti. Saat usianya mencapai 3 tahun, otak anak akan bertumbuh secara dramatis dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps di antara sel-sel tersebut. Oleh karena itu, 1365 hari pertama dalam kehidupan anak perlu dioptimalkan untuk daya tangkap dan tumbuh kembang yang lebih baik. Hal ini dapat dimulai dengan pemberian asupan gizi yang baik, stimulasi yang optimal dan eliminasi faktor-faktor lingkungan yang dapat mengganggu optimalnya tumbuh kembang anak 1365 hari pertama dalam kehidupan anak merupakan critical period yang akan sangat mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang anak, sehingga diperlukannya perhatian khusus dan serius.

 Saat lahir, otak anak hanyalah berukuran 25 persen dari rata-rata otak saat dewasa nanti. Saat usianya mencapai 3 tahun, otak anak akan bertumbuh secara dramatis dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps di antara sel-sel tersebut. Oleh karena itu, 1365 hari pertama dalam kehidupan anak perlu dioptimalkan untuk daya tangkap dan tumbuh kembang yang lebih baik. Hal ini dapat dimulai dengan pemberian asupan gizi yang baik, stimulasi yang optimal dan eliminasi faktor-faktor lingkungan yang dapat mengganggu optimalnya tumbuh kembang anak.

meadjohnson

 Menurut Emilia Achmadi – Pakar Nutrisi ”Otak adalah salah satu organ utama dari tubuh yang membutuhkan dan menyerap nutrisi dari makanan yang disantap setiap hari. Untuk itu, sangat penting memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anak dalam membantu perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal. Agar asupan nutrisi anak tercukupi dengan baik, dibutuhkan kuantitas asupan nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak, untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika, sosial dan bahasa anak.”

Agar otak tumbuh optimal, kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA, AA, Sphingomyelin dan Sialic Acid harus dipenuhi. Selain itu, fungsi otak juga dipengaruhi oleh kemampuannya untuk menyerap dan mengolah informasi. Terdapat dua asam amino yang berperan penting dalam proses penyerapan dan pengolahan informasi di dalam otak, yaitu Tyrosine dan Tryptophan. Tyrosine merupakan prekursor neurotransmitter catecholamines yang membantu meningkatkan penyerapan informasi. Tryptophan adalah prekursor neurotransmitter serotonin yang berfungsi penting dalam meningkatkan kualitas tidur, di mana tidur merupakan fase penting untuk memproses informasi di dalam otak. Salah satu studi ilmiahnya adalah mengenai peranan DHA dalam perkembangan otak anak. Empat studi klinis yang dilakukan terhadap bayi dan anak, di mana terbukti secara klinis bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal pada bayi dan anak akan meningkatkan dampak positif yang signifikan, yaitu :

1. Kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

2. Meningkatkan kemampuan verbal (verbal IQ)

3. Meningkatkan mental development index sebanyak tujuh poin pada tiga tahun

    pertama usia anak.

Nutrisi Tepat dan Terpilih ada pada Enfagrow A+

 Sejalan dengan misinya untuk memberikan awal terbaik bagi kehidupan anak, Mead Johnson, sebagai perusahaan Internasional terkemuka berbasis ilmiah dalam industri nutrisi bayi dan anak-anak,  terus berinovasi dalam mendukung para Ibu dalam pemberian nutrisi dan stimulasi yang optimal bagi anak sejak awal. Mead Johnson juga mewujudkan komitmennya melalui produknya-produknya, salah satunya adalah dengan meluncurkan produk pengembangan terbarunya yaitu Enfagrow A+.  Susu Enfagrow A+ melindungi anak dari pengaruh buruk lingkungan terhadap kesehatan tubuh. Enfagrow A+  dengan Enfa A+ Formula, yaitu komposisi unik antara Kolin, Prebiotik Fos & Gos, Antioksidan Vitamin C & E, yang memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Kolin   : Untuk pembentukan & pelepasan asetikolin, suatu neurotransmitter.
  • Prebiotik Fos & Gos : Mempertahankan fungsi saluran pencernaan untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.
  • Antioksidan Vitamin C & E :  Membantu daya tahan tubuh.

  enfa A+

 Susu bayi ini diperuntukkan untuk usia 0 hingga 3 tahun. Periode 3 tahun atau disebut golden period memang masa penting bagi pertumbuhan anak sehingga harus mendapatkan nutrisi yang tepat. Susu bayi ini meningkatkan kekuatan anak dalam 3 hal yakni sistem pernafasan, sistem pencernaan dan imunitas terhadapat penyakit. Selama masa 3 tahun pertama kehidupan seorang anak, otak tumbuh dan berkembang pesat. Nutrisi dan stimulasi yang tepat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otaknya, terutama dalam kemampuan seperti memori, daya konsentrasi, dan memecahkan masalah. Hal ini membantu mendukung kemajuan belajar si anak.

Susu Enfagrow A+  mengandung lebih banyak DHA, serat alami, protein, zat besi, vitamin A, C dan E, B6 dan asam folik. Susu bayi ini tersedia dalam dua rasa yakni madu dan vanilla. Harga susu Enfagrow A+  900 gram adalah sekitar 170 ribu rupiah. Sebaiknya bayi  diberikan susu formula ini tiga gelas dalam sehari.

 Susu Enfagrow A+ memang telah diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan perkembangan anak. Selain itu, susu formula ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas dan menyebabkan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Susu Enfagrow A+  ini bahkan telah mengklaim produknya sebagai susu formula yang paling lengkap kandungan gizinya.

Di samping itu, Susu Enfagrow A+ memiliki program Enfa Smart System yang terdiri dari Smart Nutrition mengenai pemberian nutrisi yang tepat, Smart Stimulation yaitu pemberian stimulasi yang tepat dan Smart Nurturing yaitu mengenai kasih sayang dan peran aktif ibu. Enfa Smart System memberikan panduan praktis bagi Ibu untuk menstimulasi potensi belajar anak dan mendukung hebatnya si anak.

 Picture7

Oleh sebab itu pentingnya  peranan orang tua untuk memiliki pengetahuan tentang  asupan nutrisi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan otak anak. Pemilihan nutrisi yang bijak akan membawa anak pada masa depan yang cemerlang. Bukankah ini yang selalu kita harapakan ?

2 thoughts on “Bijak Memilih Nutrisi Demi Perkembangan Otak Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s