Pentingnya Dukungan Orang Tua untuk Anak Hebat

                                                                                Catatan saya

tangan
Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Itulah sebabnya semua hal yang dibutuhkan oleh si anak selalu diusahakan. Sejak dalam kandungan, saat lahir dan saat anak-anak tumbuh ke arah dewasa. Mereka sadar bahwa anak adalah titipan dari Sang Pencipta dan mendidik adalah kewajibannya. Anak merupakan investasi dunia akherat yang tak ternilai. Mengingat hal itu maka orangtua selalu berusaha maksimal dalam memberikan yang terbaik buat anak. Anak adalah harapan dan masa depannya.
Berangkat dari hakikat itu jugalah, orangtua selalu berhati-hati dalam memberikan semua yang dibutuhkan oleh anak. Dari sandang, makanan, kesehatan dan pendidikan semua harus bisa terpenuhi dengan baik. Seyogyanya semua anak adalah hebat. Namun kadangkala ada pandangan keliru yang kerap terjadi pada orangtua. Sebagai contoh begini, anak hebat itu harus juara di sekolah atau penurut. Padahal tidak demikian adanya. Anak yang Nampak sehat dan ceria saja sudah bisa dikatakan sebagai anak hebat. Jadi, sekarang ini sudah bukan saatnya lagi para orangtua mengatur langkah anak apalagi sampai memaksakan kehendaknya. Yang dibutuhkan oleh seorang anak adalah dukungan bukan larangan. Tentunya semua harus tetap pada pengawasan orangtua. Sekarang saatnya kita share tentang cara mendukung hebatnya anak, terutama untuk mengoptimalkan kecerdasannya.

Kebutuhan Anak di Usia Pertumbuhan
Usia bayi tiga sampai 5 tahun disebut juga sebagai usia emas (golden age) di mana kondisi fisik dan otaknya sedang dalam masa pertumbuhan terbaiknya. Masa pertumbuhan yang dimulai sejak anak-anak hingga remaja adalah masa yang sangat penting dalam membentuk karakter anak yang berkualitas. 1365 hari pertama dalam kehidupan anak merupakan critical period yang akan sangat mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang anak, sehingga diperlukannya perhatian khusus dan serius. Saat lahir, otak anak hanyalah berukuran 25 persen dari rata-rata otak saat dewasa nanti. Saat usianya mencapai 3 tahun, otak anak akan bertumbuh secara dramatis dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps di antara sel-sel tersebut. Oleh karena itu, 1365 hari pertama dalam kehidupan anak perlu dioptimalkan untuk daya tangkap dan tumbuh kembang yang lebih baik. Ada 3 kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar anak bisa tumbuh optimal pada masa-masa paling menentukan ini.
Pertama : Asupan gizi yang baik dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif selama 6 bulan pertama sejak anak dilahirkan, lalu dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai dengan periode tumbuh kembang.

baby_breastfeeding
Kedua : Kasih sayang. Stimulasi awal yang baik dari orangtua adalah kasih sayang. Sejak dalam kandungan hingga usia 2-3 tahun, kasih sayang orangtua akan sangat mempengaruhi pembentukan karakter dan kepribadian anak.
Ketiga : Mengeliminasi faktor-faktor yang dapat mengganggu optimalnya tumbuh kembang anak. Orangtua berperan dalam memberikan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak.

dwi putro

Ketiga kebutuhan pokok tersebut sama-sama memegang peranan penting, jadi tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Selain faktor genetik dan stimulasi, agar otak anak tumbuh optimal, kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA dan ARA , dan juga asam lemak utama yang terdapat di otak dan retina, adalah salah satu nutrisi yang penting untuk otak. Penelitian membuktikan bahwa DHA dapat memperkuat keutuhan sel otak dan menjamin komunikasi antar sel-sel otak secara efektif dan dapat membangun daya ingat (memori) dan daya tangkap (konsentrasi) si kecil untuk menyelesaikan masalah (problem solving) secara optimal.” demikian penjelasan dari Dr. Dwi PutroWidodo, SpA. (Sumber dari sini)

Cara Mendidik Anak Hebat
Seringkali sebagai orangtua, disadari atau tidak kita sering kali melontarkan kata-kata negatif pada anak. Padahal seharusnya hal itu dihindari bagaimanapun kondisi kita. Jika hal itu dilakukan maka akan berdampak buruk bagi psikologis si anak. Predikat-predikat buruk itu cenderung memiliki dampak yang buruk pula. Sebagai contoh adalah “nakal”. Nakal adalah predikat yang tak diinginkan oleh orang tua, bahkan oleh si anak sendiri. Namun, seringkali orangtua telah memberikan predikat itu kepada si anak : kamu anak nakal, kamu anak kurang ajar, kamu anak susah diatur, dan sebagainya. Akibatnya, si anak merasa divonis atas tuduhan itu. Namun jauh di lubuk hati si anak mereka merasa bahwa tuduhan itu tidak benar. Akibatnya akan timbul perasaan keinginan untuk berontak. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari untuk mendukung anak hebat :

                  Lakukan                                                                                                Hindari
Puji anak dengan kata-kata positif                                                             Melecehkan dan sebutan yang buruk
Nasehati dengan pengertian & kasih sayang                                               Kata-kata marah dan kesal
Hukum dengan pembelajaran                                                                     Hukum dengan ancaman
Ucapkan terimakasih atas usahanya                                                          Meremehkan uasahanya
Komunikasi sebagai teman                                                                        Komunikasi sebagai bawahan
Beri semangat dan dukungan                                                                     Mematahkan semangat dan menakut-nakuti
Dengarkan pendapatnya                                                                             Memaksakan kehendak orangtua

Dukung Hebatnya Anak dengan Enfagrow A+
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan otak anak, Mead Johnson Nutrition, sebuah perusahaan Internasional terkemuka dalam industri nutrisi bayi dan anak yang produknya telah hadir di Indonesia sejak tahun 1920an. “Mead Johnson berkomitmen untuk terus menerus melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang nutritional science. Mead Johnson telah memiliki lebih dari 30 studi ilmiah dalam bidang tumbuh kembang anak, salah satunya adalah perkembangan otak anak. Berbagai studi ilmiah ini dilakukan oleh Mead Johnson untuk mendukung pengembangan produk-produknya untuk memastikan manfaat optimal dari produk-produknya tersebut. Mead Johnson secara konsisten melakukan penelitian dalam hal nutrisi anak dan tahap awalperkembangan dan pertumbuhan otak dan telah menghasilkan lebih dari 30 studi ilmiah. Salah satu produk yang diluncurkan oleh Mead Johnson adalah Susu Enfagrow A+.” demikian ungkapan dari External & Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia Bpk. Cecep Fathoni, (Sumber dari sini).

cecep
Seperti yang sudah saya bahas dalam catatan saya, orang tua berperan dalam mendukung kegiatan anak dan bukan melarangnya. Salah satu bentuk dukungan orangtua untuk mengoptimalkan kecerdasan anak adalah dengan memberikan asupan yang baik dan bermanfaat bagi si anak. Asupan yang baik dan bermanfaat itu adalah dengan memberikan Enfagrow A+ 2-3 gelas tiap harinya.

Mengapa harus Enfagrow A+ ?

enfa A+
Susu Enfagrow A+ melindungi anak dari pengaruh buruk lingkungan terhadap kesehatan tubuh. Enfagrow A+ dengan Enfa A+ Formula, yaitu komposisi unik antara Kolin, Prebiotik Fos & Gos, Antioksidan Vitamin C & E, yang memiliki fungsi sebagai berikut :
• Kolin : Untuk pembentukan & pelepasan asetikolin, suatu neurotransmitter.
• Prebiotik Fos & Gos : Mempertahankan fungsi saluran pencernaan untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.
• Antioksidan Vitamin C & E : Membantu daya tahan tubuh.

Susu bayi ini diperuntukkan untuk usia 0 hingga 3 tahun. Periode 3 tahun atau disebut golden period memang masa penting bagi pertumbuhan anak sehingga harus mendapatkan nutrisi yang tepat. Susu bayi ini meningkatkan kekuatan anak dalam 3 hal yakni sistem pernafasan, sistem pencernaan dan imunitas terhadapat penyakit. Selama masa 3 tahun pertama kehidupan seorang anak, otak tumbuh dan berkembang pesat. Nutrisi dan stimulasi yang tepat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otaknya, terutama dalam kemampuan seperti memori, daya konsentrasi, dan memecahkan masalah. Hal ini membantu mendukung kemajuan belajar si anak.
Susu Enfagrow A+ mengandung lebih banyak DHA, serat alami, protein, zat besi, vitamin A, C dan E, B6 dan asam folik. Susu bayi ini tersedia dalam dua rasa yakni madu dan vanilla. Harga susu Enfagrow A+ 900 gram adalah sekitar 170 ribu rupiah. Susu Enfagrow A+ memang telah diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan perkembangan otak anak. Selain itu, susu formula ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas dan menyebabkan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Susu Enfagrow A+ ini bahkan telah mengklaim produknya sebagai susu formula yang paling lengkap kandungan gizinya. (Sumber dari sini)

Demikian sedikit share dari saya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan tentang cara mendidik dan mendukung anak. Semoga kita mampu menjadi orang tua yang bijak dalam membimbing, mendidik dan mengarahkan tumbuh kembang anak-anak kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s