WOW…SEMAKIN SERU DI ANCOL

logo ancol

Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat rekreasi favorit saya dan keluarga. Jika hari libur tiba atau cuti panjang, kami selalu menghabiskan liburan ke sana. Alasannya adalah bebas dari macet. Untuk bisa sampai ke sana kami hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari dua jam. Perjalanan yang singkat bukan ? Kami tidak mau waktu liburan kami habis hanya dengan kemacetan. Sayangkan, waktu liburan yang seharusnya digunakan untuk bersenang-senang tapi harus terjebak di tengah kemacetan. Alasan yang utama adalah, Taman Impian Jaya Ancol memiliki tempat hiburan yang mengasyikkan dan …lengkap. Dari permainan yang menghibur sampai yang bersifat edukasi, semua ada di dalam satu lokasi. Jadi kami bisa menikmati liburan sepuasnya.

Sekalipun Ancol bisa ditempuh hanya kurang dari dua jam dari tempat tinggal kami, kami lebih memilih untuk menginap di sana. Biasanya kami menginap di Hotel Mercure Convention atau jika ingin puas memandangi laut lepas kami akan

Bermalam di Hotel Mercure, hmmmmm…..

menginap di Putri Duyung Cottage. Jika sudah tiba di Ancol, nggak komplit kalau tidak ke Dunia Fantasi atau kami biasa menyebutnya DUFAN. Hampir semua permainan yang ada di Dufan sudah kami coba. Apalagi jika ada wahana baru, kami ingin menjadi orang yang pertama kali mencobanya.

duyung

Nginep di Putri Duyung Cottages, nyamaaaaan….

Ketika kami mengetahui akan ada penmbahan wahana baru di Dufan dan di Atlantis Water Adventures kami sudah bersiap-siap akan ke Ancol.  Tentunya untuk liburan dan menikmati wahana baru tersebut. Kedua wahana baru tersebut berada di dua tempat yang berbeda. Treasure Land Temple of Fire berada di Dunia Fantasi dan Crazy Highest Longest Slide berada di Atlantis Water Adventures. Berikut adalah reportase  perjalanan yang akan saya bagikan kepada masyarakat Indonesia. Laporan perjalanan ini saya khususkan bagi mereka yang belum mengunjungi wahana baru tersebut. Dan bagi yang sudah pernah ke sana tidak ada kata bosan untuk kembali lagi.

Tanggal 22 Desember 2012

Pukul 11.00 kami tiba di Hotel Mercure Convention dan segera melakukan check in, karena kami sudah booking sebelumnya maka kami langsung mendapatkan kamar.  Setengah jam kemudian selesai meletakkan beberapa barang bawaan, kami segera meluncur ke Bandar Djakarta. Sebuah restoran seafood yang konsepnya mengambil setting  layaknya kedai makan di Muara Angke. Jadi sebelum makan, kita membeli dulu aneka hasil laut yang sudah tersedia di sana. Ada berbagai jenis ikan, udang, cumi, kerang dan kepiting. Kami memilih ikan kerapu, udang, cumi, kerang hijau dan kepiting. Setelah membayar, belanjaan yang sudh kami beli diserahkan kepada pelayan untuk selanjutnya diolah sesuai dengan menu yang kami pilih.

bandar

Coba deh seafood di Bandar Djakarta, nyam…nyam….

Cukup lama menunggu untuk menyantap hidangan laut tersebut. Kami cukup mengerti karena pengunjung di restoran seafood ini cukup banyak. Akhirnya hidangan yang ditunggu-tunggu datang dan kami langsung menyantapnya dengan nikmat. Setelah perut kami terisi dengan hidangan laut yang lezat, kami langsung melanjutkan perjalanan. Tujuan kami tak lain lagi, yaitu ke Dufan. Pukul 14.00 kami sudah berada di Dufan. Wahana yang pertama kali akan kami kunjungi tentu saja wahana  teranyar, yaitu Treasure Land Temple of Fire. Ini loh cerita lengkapnya :

ancol-1

Panggung Treasure Land Temple of Fire

Treasure Land Temple of Fire dibuka perdana pada tanggal 15 Desember 2012 di Dunia Fantasi. Pentas hiburan berkonsep edutainment ini  hadir untuk menyemarakkan Ancol. Hadirnya Treasure Land Temple of Fire akan menjadi wahana petualangan dan menegangkan yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Live action stunt show, berkonsep theatre menghadirkan kisah-kisah menarik tentang petualangan seorang arkeolog bernama Oklahoma Smith.

Kisahnya dimulai ketika Oklahoma Smith melakukan pencarian artefak di Kuil Kuno Suku Inca. Dalam pencariannya tersebut, Smith mengalami berbagai rintangan yang mendebarkan. Seperti jebakan tombak, pedang dan ledakan pesawat. Belum lagi pengkhianatan teman yang harus dihadapinya begitu ia telah menemukan harta karun tersembunyi tersebut. Begitulah singkat cerita dari petualangan Oklahoma Smith. Sebenarnya kisah yang diangkat  sangat sederhana, lalu di mana asyiknya ?

temple-2

Salah satu efek, yaitu semburan api

Ternyata di balik kisah sederhana ini, ada petualangan yang menegangkan. Misalnya ada semburan api yang menjulang setinggi 5 meter, ledakan-ledakan, tembakan dahsyat dari kapal perang sampai runtuhnya batu raksasa. Semua petualangan ini sangat memukau penonton dan membuat was-was di sepanjang pertunjukkan. Efek suara yang ditimbulkan dari theater inipun sangat menegangkan. Pokoknya penonton seperti benar-benar diajak langsung berpetualang. Tidak terasa waktu pertunjukan yang berdurasi 25 menit itu rampung. Rasanya kami belum puas berpetualang dengan Smith. Mau ikut berpetualang lagi ? Tentu dong, tapi kami ingin menikmati wahana yang lain. Toh kami akan bermalam di Hotel Mercure jadi besok kami masih punya waktu untuk ikut berpetualang lagi.

Sungguh, sebuah pertunjukkan yang sangat menarik. Penuh dengan hal-hal yang tak terduga dan sangat mencengangkan. Perpaduan antara edukasi dan efek theater modern menghasilkan tontonan yang sayang untuk dilewatkan. Jadi buat kamu-kamu yang belum pernah menyaksikan  Treasure Land Temple of Fire ini, buruan deh ke Dufan. Pengalaman saya sih benar-benar nggak rugi, malah mau lagi dan lagi. Oh ya untuk  kamu yang ingin menyaksikan theater ini kamu cukup membeli  tiket  masuk ke Dufan harganya  di sini sedangkan jam operasionalnya cek aja di sini.

Setelah kami bermain di beberapa wahana, tak terasa jam sudah menunjukkan pukul tujuh malam. Ternyata semakin malam semakin banyak saja pengunjung Dufan ini. Rasa lelah sudah menghinggapi tubuh kami, akhirnya kami sepakat untuk kembali ke hotel dan beristirahat. Hari yang sangat melelahkan dan menyenangkan tentunya.  Puaaaaaaaaaaaassssss rasanya.

Tanggal 23 Desember 2012

Selesai breakfast  yang  sudah disediakan oleh pihak hotel kami segera menyusun acara lagi. Ada yang mau ke pantai marina dan ingin naik perahu, ada yang ingin ke gelanggang samudra, ke sea world dan ada yang ingin ke pasar seni. Karena memang di Ancol ini banyak sekali tempat hiburannya jadi kami bingung mana yang lebih dulu untuk dikunjungi. Akhirnya masing-masing keluarga sepakat untuk menikmati liburannya sesuai dengan keinginannya masing-masing. Sekali lagi toh semuanya masih dalam lokasi yang sama. Sedangkan saya mengikuti rombongan yang ingin pergi ke Atlantis Water Adventure. Sebenarnya saya memang tidak ingin berenang, saya hanya penasaran saja dengan wahana terbaru yang ada di sana. Nama wahana itu adalah Crazy Highest Longest Slide, papan seluncur spiral tertinggi di Indonesia. Penasaran ?  Ini dia liputannya :

Karena ini hari Minggu maka jam operasional Atlantis Water Adventure dibuka lebih pagi dari hari biasa, yaitu jam 07.00. Setibanya di tempat lokasi kira-kira jam 9.00 pagi, pengunjung masih sepi.  Jelas saja masih sepi, karena sejak kemarin kami berada di Ancol, maka kami tiba di Atlantis bisa lebih awal. Benar saja setelah kami memasuki area kolam air, kami dikejutkan dengan adanya dua buah tabung seluncur yang sangat tinggi. Warna biru dan kuning melapisi tabung seluncur tersebut, mungkin maksudnya supaya kelihatan lebih jelas.

Lagi-lagi sebuah permainan air yang mengasyikkan. Sejak awal saya memang tidak berniat untuk ikut bermain, alhasil saya hanya menyaksikan beberapa kerabat yang turun naik ke tabung seluncur tersebut. Dari wajah mereka nampak keceriaan yang amat sangat. Sesekali terdengar teriakan dari mulut mereka sebagai luapan kegembiraan. Setelah meluncur deras dari atas, akhirnya…byurrrrrrrrr, mereka ke cemplung di dalam kolam air sebagai tempat finish.

crazy1 ancol

Crazy Highest Longest Slide, harus coba !

Berdasarkan informasi yang saya ketahui dari penjaga di sana, tabung seluncur itu masing-masing memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter. Oleh sebab itu tabung seluncur ini menjadi seluncuran tertinggi dan terpanjang di Jakarta, bahkan Indonesia.

Penjaga tersebut menerangkan bahwa Pihak Ancol menjamin keamanan wahana ini. Keselamatan pengunjung merupakan hal yang utama sehingga kami harus menjaminnya setiap saat. Kami mendukungnya dengan sistem pemeliharaan dan perawatan rutin yang ketat. Terussss…bagi kamu yang senang dengan dunia tantangan inilah tempat yang paling mengasyikkan. Mau tahu harga tiket masuknya ? Langsung ke TKP aja atau bisa cek di sini ko. Jadi kamu bisa siapkan dana dan…Happy Holiday in Ancol !