BATIK IS MY CHOICE FASHION

           Banner Batik Alana

Semua khalayak tahu batik adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Sebelum batik menjadi bahan perbincangan khalayak ramai, saya sudah megenalnya sejak lama. Bahkan sangat menyukainya. Coraknya yang cenderung etnik menimbulkan kesahajaan yang luar biasa. Selain itu batik sangat cocok dipakai dalam segala suasana, itulah sebabnya batik adalah warisan budaya yang tak pernah punah. Dari tahun ke tahun batik terus mengalami peningkatan secara kultur karena nilai seninya yang tinggi. Di samping itu batik juga merupakan warisan yang terus menerus mengalami perkembangan  baik dari motif maupun pembuatannya.

IMG0194A

Baju Batik Sutera (doc.pribadi)

Tak heran jika pada tanggal  2 Oktober 2009 Pemerintah telah mencanangkan sebagai Hari Batik Nasional. Selain itu batik juga telah terdaftar sebagai warisan budaya di UNESCO, batik sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Dengan penetapan ini, Indonesia diminta untuk melestarikan motif hias khas yang ada sejak zaman dulu kala. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk  melestarikannya dan menjaga kemungkinan akan diklaim atau diakui oleh negara lain.

Membicarakan perbatikan tidak akan ada habisnya, karena memang demikianlah seharusnya. Batik harus terus menjadi wacana yang terus menerus dipertahankan keberadaannya. Jangan sampai ketika ada negara lain yang ingin mengklaim barulah ramai diperbincangkan.

Bagian yang tak kalah penting adalah, bahwa salah satu bukti kita ingin melestarikan batik dengan tindakan konkrit. Bukti nyata tersebut bisa dilakukan dengan menghadirkan batik dalam segala suasana. Memakai baju batik atau menata ruang dengan nuansa batik  juga hal yang bisa kita lakukan. Jadi tidak perlu menunggu hari batik nasional jika ingin berbatik. Lalu sudahkah kita berbatik hari ini ?

Sambil mengingat kembali cikal bakal batik, saya  mencari info dari beberapa situs yang memuat tentang perbatikan. Dan ternyata cukup banyak juga khalayak yang masih peduli dengan warisan leluhur yang satu ini.  Akhirnya saya memilih artikel tentang batik di sini, karena menurut saya situs ini cukup luas dan simple dalam mengulas perbatikan. Ini dia hasilnya, saya persembahkan artikel ini untuk seluruh masyarakat Indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya.

Bagaimana batik dibuat ?

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan malam dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan malam meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan malam kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda.

Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan malam.

Mengenal Jenis/macam batik

Ada beberapa hal yang membedakan jenis/macam batik, satu di antaranya adalah menurut teknik pembuatannya. Berdasarkan hal ini kita mengenal beberapa jenis batik seperti  :

  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
batik cap

Batik Cap

125465_batik-tulis-di-world-batik-summit-2011_663_382

Batik Tulis

Aneka macam corak batik

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Beberapa contoh corak batik bisa diperhatikan dari gambar di bawah ini :

IMG0199A

Batik Pekalongan (doc.pribadi)

IMG0200A

Batik Sutra (doc.pribadi)

Di mana batik bisa diperoleh ?

Tiga dasawarsa yang lalu batik sulit sekali didapat, dan harganyapun sangat mahal. Jadi tidak salah jika masyarakat beranggapan  bahwa hanya orang-orang tertentulah yang mampu memakai busana batik. Namun saat ini pandangan seperti itu sudah terabaikan, mengingat batik sudah mengalami degradasi dari segi pembuatan. Istilahnya, di tiap sudut kota kita bisa mendapatkan batik dengan ragam corak dan bahan. Toko batik sudah menjamur hampir di seluruh Indonesia, karena batik bukan lagi milik orang Jawa.

Jika ingin mendapatkan batik yang lebih eksklusif, butik batik juga sudah banyak tersedia. Bahkan beberapa perancang ternama Indonesia juga ada yang mengkhususkan membuat fashion batik. Selain fashion batik, batik juga bisa didapat dalam bentuk bahan dengan ukuran yang sangat lebar. Jadi buang jauh-jauh  pikiran kita yang menganggap kalau batik itu hanya selebar kain/jarik.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan perbatikan, dunia digitalpun memasuki era yang sama. Kemajuan teknologi ini mempermudah akses orang untuk mencari apa yang dibutuhkannya. Dalam bidang ekonomi bermunculan toko online yang menyediakan semua jenis barang. Demikian pula dengan toko batik,  sudah banyak toko batik online yang menjual batik dengan aneka ragam. Salah satunya adalah Toko Batik Online Berbatik. Dari batik yang sederhana sampai yang eksklusif semua bisa kita dapat di toko butik batik online Berbatik. Cari tahu Batik Cantik Dalam Satu KLIK : Berbatik. 

Berbatik : Batik Cantik Dalam Satu KLIK

Terbukanya kran digital ini juga memudahkan saya untuk mencari fashion batik yang sejak dulu saya cintai. Bagi saya batik adalah fashion yang tepat untuk dikenakan. Saya tidak perlu menunggu hari Jum’at untuk mengenakan fashion batik. Sejak batik mudah didapat saya sudah mengeliminer pemakaian fashion konvensional. How abot my batik fashion ? Saya lebih memilih jenis batik yang berbahan sutra, jumputan atau sarimbit. Alasannya sangat sederhana, yaitu nyaman dan tipis.  Karena alasan itulah  saya  coba nge-KLIK  link Berbatik. Siapa tahu saya menemukan produk yang sesuai dengan selera saya tersebut.  Aha…benar saja setelah saya menelusuri beberapa lorong Berbatik dengan mouse, saya menemukan beberapa produk yang KLIK di hati. This is my choice produk in Berbatik ………..

dress_hokokai_merah_ati.jpg

Dress Hokokai Merah Ati

Kemudian saya juga menemukan batik yang masih berupa kain, pilihan saya jatuh pada yang ini…..

Brahmani batik

Brahmani Batik : Dengan dasar keabu-abu dan motif Bunga Kecil-kecil

brahmani batik1

Kain Batik Motifnya Cerah Ceria !

Set kain batik sarimbit sutra

Set Kain Batik Sarimbit Sutra

Berbatik juga memiliki designer pilihan loh ! dengan branded Zikin Design, di sini saya juga menemukan koleksi yang sesuai dengan selera saya. This prduct is…….

berbatik1

Tunik ATBM Jumputan Fayet

Blus sutera salur cap syah

Blus Sutra Salur Cap Syahrini Kerah Bulat

Berbatik juga menyediakan aneka macam aksesories seperti tas tangan, sepatu, kalung, dan sebagainya, salah satu necklac yang saya pilih adalah…..

My Secret Garden Necklac

My Secret Garden Necklac. Hmmmm…..Nice Product

Setelah hampir satu jam lebih saya melihat-lihat koleksi Berbatik saya menyimpulkan bahwa Berbatik menciptakan Butik Batik yang Soft and Elegant. Ini pyurrr dari penilaian pribadi saya loh. Jadi tidak sabar untuk berbelanja nih. So…tunggu apalagi ? Segera kunjungi situs Berbatik dengan mouse anda dan temukan berbagai macam koleksi yang Soft and Elegant tadi.  Soal harga dan kualitas batik, Berbatik akan menjamin pelanggannya dengan apik. Batik is my choice fashion, how about you ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s