Mengapa Harus Dot Co Dot Id (.co.id)

Awal Masalah

Sebagai seorang blogger pemula, saya masih sangat awam dengan Domain.  Alasan saya ketika  memutuskan untuk mengenal dunia blogging adalah hanya untuk mengumpulkan tulisan saya yang tercecer. Tanpa ada maksud untuk menggunakannya sebagai lahan bisnis. Itulah sebabnya blog saya tidak bersifat komersial dan hanya berisi catatan-catatan pribadi saja. Karena memang  tulis menulis itu adalah dunia saya.  Belakangan ini banyak teman-teman yang membicarakan masalah ketidak nyamanan pada blog mereka. Salah satu ketidak nyamanan itu adanya iklan yang tiba-tiba muncul di blog tanpa persetujuan si empunya blog. Itulah sebabnya akhirnya beberapa teman yang masih menggunakan Domain gratis memutuskan untuk menggunakan Domain berbayar. Alasan utamanya, lebih pada faktor keamanan dan kenyamanan tadi.  Salah satu penyedia layanan  Domain berbayar ini adalah PANDI ( Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ). Siapakah PANDI itu ?

pandi

Lebih Jauh Dengan PANDI

PANDI adalah kependekan dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, jadi bukan nama orang. Kegiatan yang dilakukannya adalah mengusung penggunaan Domain.id bagi pengguna internet di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui para pengguna internet lebih banyak menggunakan Domain.com yang memang sudah sangat popular begitu pula di Indonesia. Itulah sebabnya PANDI bersiap mengkampanyekan penggunaan Domain.id. dengan membantu meregister para pengguna. PANDI bernaung di bawah UU Nomor : 11 Tahun 2008 tentang ITE, jadi PANDI adalah organisasi nirlaba yang dipercaya oleh  Pemerintah RI untuk meregister domain.co.id. sehingga terjamin keberadaannya.

Semakin maraknya pengguna internet di Indonesia, sangat berdampak dengan hadirnya penyedia layanan domain berbayar. Persaingan hargapun sangat ketat dan tidak sedikit yang menawarkan dengan harga murah.  Itulah sebabnya kita harus selektif dalam memilih layanan domain berbayar ini. PANDI sebagai register nama Domain Indonesia bersama-sama dengan APJII dan FTII turut serta mendukung Lembaga Sandi Negara (LEMSANEG) dalam membuat dan mengembangkan National Cryptography demi keamanan internet Indonesia. Diharapkan dukungan ini semakin memberikan kenyamanan bagi para pengguna internet di Indonesia. Nah, sekarang tidak ada lagi alasan untuk bergabung dengan PANDI demi keamanan dan kenyamanan berinternet.

Mengenal Produk PANDI

Dalam waktu dekat ini PANDI akan segera meluncurkan dua domain teranyar, yaitu : my.id dan biz.id menambah marak dari produk sebelumnya. Dua domain teranyar ini diperuntukkan bagi pengguna personal serta usaha mikro. Hal ini dilakukan oleh PANDI mengingat banyaknya permintaan domain untuk pengusaha kecil dan blog personal.  Seiring dengan meningkatnya penggunaan domain.id yang memang menjadi prioritas PANDI, maka PANDI juga merubah sistem registernya.  Perubahan sistem register domain ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan domain.id. PANDI akan lebih berkonsentrasi sebagai operator register yang bertindak di level kebijakan dan sistem. Sedangkan untuk  pendaftaran nama domain  akan dilakukan di situs-situs registrar.

Kemajuan lain yang dilakukan oleh PANDI adalah domain web.id dan my.id rencananya akan dapat didaftarkan secara global melalui situs-situs registrar dari luar negeri. Sehingga domain tersebut bisa digunakan oleh pengguna dari negara lain. Harapan ke depannya adalah menjaring masyarakat dunia pengguna internet untuk menggunakan domain.id. Hal ini juga menandakan bahwa Indonesia tidak mau ketinggalan dalam  mengikuti  perkembangan internet sebagai mana negara-negara di dunia lainnya. Informasi lainnya bisa dilihat di sini dan pada tanggal 12 Februari 2013 PANDI juga akan mengadakan Diskusi Umum Terbuka tentang Penggunaan Domain.co.id.

Produk Asli itu bernama Dot Co Dot Id ?

Dunia internet Internasional telah bersiap meninggalkan domain yang berakhiran .com (baca : dot com).  Sedangkan  Indonesia akan tetap mempertahankan akhiran domain .co.id (baca : dot co dot id). Sebagaimana kita ketahui .co.id ( baca : dot co dot id ) adalah sebuah TLD (Top Level Domain) yang menandakan bahwa pengguna internet itu berasal dari Indonesia. Namun sangat disayangkan bahwa pengguna internet di Indonesia lebih menyukai domain yang berasal dari luar, misalnya .com (baca dot com). Padahal kita tahu bahwa produk domain .co.id (baca : dot co dot id) merupakan produk asli Indonesia. Sudah sepantasnya sebagai warga Indonesia kita harus mendukung penggunaan .co.id (baca : dot co dot id) daripada menggunakan domain yang berasal dari luar. Semangat ini juga harus ditularkan pada pengguna yang belum atau baru ingin memasuki dunia internet. Tidak seperti saya, yang tahu setelah setahun bergelut di dunia blogging. Toh produk ini juga  dibuat dengan mengikuti standar  Internet International yang berlaku. Ditilik dari alasannya mengapa harus memakai domain ini,  adalah untuk memudahkan identifikasi bahwa website atau blog tersebut berasal dari Indonesia. Selain itu hal yang paling penting adalah untuk mempermudah pelacakan apabila situs tersebut bermasalah di kemudian hari. Terlebih lagi sekarang ini banyak hacker-hacker yang rajin mengacak-acak website atau blog. Seperti kasus yang terjadi pada website Pemerintah RI.

Ternyata sadar IT itu bukan hanya sekedar bisa ngeblog dan ngetwitt saja, bahkan lebih dari itu.  Menggunakan domain yang menjamin kenyamanan dan keamanannya jauh lebih bermanfaat. Selain membantu memajukan IT di negri sendiri kita juga mempunyai identitas sebagai bangsa. Apalagi jika kita menjadi pengguna yang beretika di dunia internet, tentunya nama baik Bangsa Indonesia akan bertambah harum. Oleh karenanya mari kita galakkan penggunaan domain.co.id (baca : dot co dot it) sebagai bukti kita cinta pada negri ini. Jadilah orang pertama yang sadar IT dengan baik dan benar !

12 thoughts on “Mengapa Harus Dot Co Dot Id (.co.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s