Mengenal Domain dan Hosting

Saat kita memasuki dunia internet, maka tak ubahnya seperti masuk ke dunia baru yang sama sekali belum pernah kita kunjungi. Dan situasi yang kita hadapi pada saat itu tentu saja adalah kebingungan. Apalagi kita tidak tahu tujuan kita mau ke mana. Berbeda jika kita kita sudah mengetahui tujuan dan memiliki alamat yang jelas, maka kita akan cepat sampai di tempat yang kita tuju. Kira-kira begitulah gambaran dunia baru yang bernama Internet. Demikian pula ketika harus memutuskan untuk menetap di dunia baru tersebut, tentunya kita harus mempunya tempat tinggal. Tempat tinggal kita di dunia baru tersebut bernama  website atau blog. Jika kita sudah mempunyai tempat tinggal atau website atau blog kita juga pastinya mempunyai alamat. Website atau blog merupakan suatu laman yang dibuat untuk menyampaikan berbagai informasi kepada teman/saudara/tetangga/kenalan dalam hal ini disebut pengguna.

Informasi yang ada dalam sebuah website ataupun blog dapat berisi beberapa konten, seperti halnya berupa pesan, cerita, video, kalimat ajakan, berita ataupun yang lainnya. Dengan kata lain website atau blog itu harus memiliki alamat, yang disebut Domain. Selayaknya tempat tinggal pastinya memiliki beberapa ruangan, seperti ruang tamu, ruang makan, ruang tidur dan seterusnya. Sama halnya dengan website atau blog, ruangan yang ada dalam website atau blog dikenal dengan Hosting. Kesimpulannya adalah, untuk membuat website atau blog tidak terlepas dari Domain dan Hosting.

Untuk lebih jauh lagi dalam postingan kali ini saya akan mengulas tentang domain dan hosting. Bagi Anda dan saya yang belum mengenal apa itu domain dan hosting tentu saja sangat membingungkan. Nah, daripada Anda susah payah ke sana ke mari mencari tahu, butuh waktu dan biaya sebaiknya simak saja postingan saya berikut ini.

domain

Gambar saya ambil dari sini

Tentang Domain

Domain merupakan sebuah nama unik yang dapat digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan internet. Domain terdiri dari tiga level yang merangkainya, ketiga level tersebut adalah :

  1. Top Level Domain ( TLD ) yaitu sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain yang dibagi menjadi 2 kelompok utama TLD.yaitu country code Top Level Domain (ccTLD) dan generic Top Level Domain (gTLD)
  2. Second Level Domain ( SLD ) yaitu nama domain yang posisinya berada di sebelah kiri TLD.
  1. Lower Level Domain ( LLD ) yaitu nama domain yang posisinya berada di sebelah kiri SLD.Second Level Domain ( SLD ) yaitu nama domain yang posisinya berada di sebelah kiri TLD.

Saya akan ilustrasikan sebagai berikut  :   www.etybudiharjo.wordpress.com     

  •  Warna merah adalah Top Level Domain ( TLD )
  •  Warna hijau adalah Second Level Domain ( SLD )
  •  Warna coklat adalah Lower Level Domain ( LLD )

Nama Domain sangat bervariasi tergantung dari tujuan website itu di buat. Jenis domain ini di bedakan dengan kata di belakangnya seperti :

  • .com  ( baca; dot com ) : yaitu untuk website bersifat komersil
  • .org  : untuk website organisasi
  • .info : untuk website berisi informasi
  • .biz : untuk website bisnis
  • .gov ; untuk website milik pemerintah ( goverment )
  • dan lain – lain

Ada juga domain yang lebih mengarah ke teritorial, misal ;

  • .co.id ( baca : dot co dot id ) ; untuk website yang berada di Indonesia
  • .us ; untuk website di amerika ( US : united state )
  • .cn : untuk website di china
  • .co.il ; untuk website di israel
  • .my : untuk website di malaysia
  • dan lain-lain

Tentang Hosting

Jika anda sudah membeli sebuah domain, maka domain tersebut jika diakses adalah merupakan sebuah halaman kosong. Agar sebuah domain bisa di isi dengan apa yang kita inginkan, maka kita perlu sebuah hosting untuk menyimpan database, aplikasi web atau blog yang digunakan, dll. Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan beberapa file yang ada hubungannya dengan website, antara lain seperti HTML, PHP, musik, video, gambar ataupun yang lainnya. (Sumber dari sini)

Setelah kita menetap di dunia baru, kita akan sering melihat betapa banyaknya pengguna yang sudah lebih dulu tinggal. Yang paling membuat saya takjub adalah, untuk menemukan alamat baru yang ingin saya kunjungi tidak butuh waktu lama. Sangat berbeda ketika kita mencari alamat di dunia nyata. Hanya dalam hitungan detik maka kita akan menemukan alamat yang dicari. Misalnya untuk mencari buku biografi Rosululoh, hanya dengan sekejap kita sudah dihadirkan dengan ratusan alamat. Wow…itulah dunia maya kita  yang bernama internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s