Meditasi [bukan] sekedar Gaya Hidup

Gaya Hidup ? Hmmm…jika kita mendengar dua kata tersebut yang terbayang dalam ingatan kita adalah gadget dengan fitur-fitur yang super canggih. Gaya Hidup memang sangat identik dengan penggunaan produk yang berbau digital. Namun ada yang berbeda dengan gaya hidup yang ditawarkan oleh seorang Adjie Silarus.  Gaya hidup apakah yang ditawarkan oleh Adjie Silarus ? Adalah meditasi, suatu aktifitas sederhana namun mampu melahirkan suatu rasa yang cukup dahsyat. Ya, bagaimana tidak sederhana meditasi  hanya dilakukan dengan duduk bersila, memejamkan mata, lalu mengatur pernafasan dan pikiran agar batin lebih tenang. Dalam hal ini ada sebuah persepsi yang harus diluruskan dalam mendiskripsikan meditasi. Karena bagi sebagian masyarakat, meditasi masih dianggap sebagai ritual kultural yang dikaitkan dengan agama tertentu. Namun sesungguhnya, meditasi bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa mengaitkannya dengan apapun.

Apakah  meditasi itu ?

Meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku. Dengan kata lain, meditasi melepaskan kita dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang sangat subjektif yang secara proporsional berhubungan langsung dengan kelekatan kita terhadap pikiran dan penilaian tertentu. Kita mulai paham bahwa hidup merupakan serangkaian pemikiran, penilaian, dan pelepasan subjektif yang tiada habisnya yang secara intuitif mulai kita lepaskan. Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, ternyata manusia tidak mati, tidak juga pingsan, dan tetap sadar.

Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran. Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana, atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat kita merasa selalu sibuk, terburu-buru, dan tertekan. Meditasi membantu untuk berpikir dan bertindak lebih tenang. Meditasi juga bisa dianggap sebagai jalan untuk menemukan sesuatu, jalan tersebut adalah :

  • Jalan untuk masuk dalam kesadaran jiwa.
  • Jalan untuk introspeksi diri.
  • Jalan untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta.
  • Jalan untuk mengubah hidup.
  • Jalan untuk meraih ketenangan bathin

Adakah manfaat dari meditasi ?

Manfaat meditasi bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung secara fisik. Salah satu manfaat tersebut adalah kesembuhan, jika sedang menderita sakit tertentu. Dari sudut pandang fisiologi, meditasi adalah anti-stress yang paling baik. Saat  mengalami stress, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalin memompa hormon-hormon stress.

250px-Pagan_meditation2

Meditasi dapat menyatukan pikiran dengan alam

Selama  melakukan meditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan menjadi tenang, dan tingkat hormon stress menurun. Lama-kelamaan kita bisa mendengarkan denyut jantung, bahkan lebih lanjut lagi kita dapat mengkoordinasikan irama denyut jantung dengan irama keluar masuknya napas.

Saat ini ilmu pengetahuan menunjukkan manfaat meditasi secara objektif. Riset atas para pendeta oleh Universitas Wisconsin menunjukkan bahwa  meditasi dapat melatih otak untuk menghasilkan lebih banyak gelombang Gamma, yaitu suatu gelombang yang dihasilkan saat orang merasa bahagia. Dari penelitian terungkap bahwa meditasi dan cara relaksasi lainnya bermanfaat untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal dengan meningkatkan produksi melatonin dan serotonin serta menurunkan hormon streskortisol.

Dr. Herbert Benson, seorang ahli jantung dari Universitas Harvard, adalah orang pertama yang dengan penuh keyakinan menggabungkan manfaat meditasi dengan pengobatan gaya barat. Secara ilmiah, ia menjelaskan manfaat-manfaat dari meditasi yang telah dipraktekkan orang selama berabad-abad. Berikut ini adalah beberapa manfaat meditasi:

  1. Apabila meditasi dilakukan secara teratur, maka organ-organ dan sel  tubuh  berada pada kondisi  baik dan bekerja lebih teratur.
  2. Dapat mengerti dan mengendalikan orang lain serta memaafkannya.
  3. Mampu mengadaptasi suka duka, kesulitan, dan kebaikan hidup dengan baik.

Siapakah Adjie Silarus ?

Adjie Silarus bukanlah adik dari almarhum Adjie Pangestu atau designer kondang Adjie Notonegoro. Adjie Silarus, adalah seorang meditator lulusan  Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.  Di masa lalunya Adjie Silarus pernah mengalami stress berat hingga mengganggu kesehatan fisiknya. Dia menemukan jalan untuk mengatasi gangguan fisik dan mentalnya dengan terapi meditasi. Proses meditasi yang dijalaninya akhirnya sanggup membuat Adjie Silarus mencapai kondisi Delta yaitu di mana kondisi fisik dan mentalnya sangat rileks dan tenang. Adje Silarus  telah mempelajari banyak hal tentang meditasi, telah mengikuti latihan meditasi kesehatan, menyelesaikan OMM365 yaitu selama 1 tahun mempelajari mengenai One Moment Meditation, menguasai dan memahami tentang “Meditative Mind” serta “Mindfulness”. Saat ini Adjie Silarus tengah mempopulerkan meditasi sebagai bagian dari gaya hidup. Berangkat dari pengalaman masa lalunya itulah Adjie Silarus mendalami meditasi. Dan ia  dapat membuktikan bahwa meditasi bisa dijadikan gaya hidup untuk mencapai ketenangan dan keseimbangan dalam hidup. Bagaimana dengan Anda ?

Selayang Pandang tentang Indscript Creative

indsript

Indscript Creative merupakan agensi naskah pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 2007 dan telah menghasilkan lebih dari 1.000 judul buku hasil kerja sama dengan 30 penerbit besar di Indonesia, seperti Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Grasindo, Galang Pressindo, serta penerbit besar lainnya. Indscript Creative juga merupakan pengelola grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), beranggotakan lebih dari 5.585 orang yang aktif melakukan pembelajaran penulisan.

Salah satu layanan Indscript Creative adalah pembuatan artikel berjenis SEO (Search Engine Optimization) untuk melejitkan popularitas website perusahaan-perusahaan di Indonesia. Indscript Creative bekerjasama dengan para pendiri internet marketing serta website-website terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2013, kami menciptakan lingkup layanan baru dengan menawarkan layanan jasa penulisan yang tujuannya untuk membangun “PENCITRAAN DIRI” atau personal branding bagi tokoh, politikus, hingga pengusaha. Berangkat dari kebutuhan itulah Indscript Creative memulai layanan dalam bidang Personal Branding Agency.  Layanan ini telah mulai berjalan dan  Adjie Silarus adalah klien pertama dari Indscript Creative.

Jadi jika Anda seorang tokoh, pengusaha, atau politikus yang ingin mendapatkan reputasi atau mengangkat brand Anda, percayakan semuanya pada  Indscript Creative. Dengan banyaknya dukungan dan pengalaman, Indscript Creative akan mengolah sebuah brand menjadi lebih dikenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s