Metamorfosis Undangan Pernikahan Dari Masa Ke Masa

 

Menikah adalah siklus hidup dari seorang anak manusia yang keberadaannya ditetapkan oleh Illahi. Sesuatu yang sakral dan momen tak terlupakan digadang-gadang untuk menentukan sebuah pernikahan yang indah nan romantis. Untuk mencapai momen ini banyak insan yang mempersiapkan segala urusan pernikahan dengan detail dan seksama. Hal ini dimaksudkan agar bisa tercapai titik kesempurnaan yang bernama pesta.  Karena dalam pesta akan hadir orang-orang yang datang untuk memberikan ucapan selamat dan do’a. Sebagai tuan rumah, hendaklah sang pengantin menghargai segala sesuatu yang berkenaan dengan pesta, salah satunya adalah undangan.

Dalam keyakinan saya, pesta pernikahan atau walimatul’urus adalah perintah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah, sebagaimana sabda beliau :     أَوْلِمْ وَلَوْ بِشَاةٍ.  yang artinya “Selenggarakanlah walimah meskipun hanya dengan menyembelih seekor kambing.”  Sedangkan bagi orang yang diundang, wajib hukumnya untuk menghadiri undangan tersebut, sebagaimana hadist beliau  إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا  artinya “Jika salah seorang dari kamu diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah!”

Demikianlah tatanan undang mengundang dalam literasi sebagai seorang muslim. Adapun tata cara yang dilakukan untuk mengundang pernikahan, yaitu hanya dengan memberitahukan secara lisan melalui komunitas kajian agama.

Seiring dengan perkembangan zaman, tata cara mengundangpun dilakukan dengan lebih terbuka. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang akan diundang namun harus tetap menjaga etika ketimuran. Seyogyanya hal yang dicontohkan oleh para leluhur adalah dengan menyambangi satu per satu orang yang akan diundang. Bayangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk proses mengundang. Seperjalanan waktu, cara mengundang seperti itu sudah mulai ditinggalkan. Kemudian berganti dengan undangan tertulis di atas sebuah kertas yang beraneka warna dan corak. Lahirlah undangan versi papersheet.

Undangan Pernikahan Jadul Saya masih dalam bentuk papersheet (doc.pri)

Waktu bergulir, sampailah zaman era digital, di mana segala proses jadi semakin instan. Dunia internetpun dirambah sebagai cara untuk menyebarkan undangan. Pada dekade ini akhirnya invitation online mulai marak. Salah satu website yang meluncurkan produk undangan berbasis online adalah datangya.com. Website ini menyediakan jasa membuat undangan pernikahan bukan dalam bentuk  kertas atau kartu undangan, melainkan melalui website. Dan bukan juga website yang menjual kartu undangan. Tetapi membuat undangan pernikahan dalam bentuk website. Bingung kan ? Nah simak saja paparan contoh berikut ini :

Misalkannya saja, Mba Mei mei  dan Mas Ibank akan menikah. Mereka ingin mengundang kerabat dan teman-teman. Lalu mereka mendaftar di datangya.com dan mendapat path url khusus www.datangya.com/ibankmeimei . Pesan yang tersampai adalah  mengajak orang dengan kalimat,”datang ya ke pernikahan ibankmeimei”. Untuk lebih jelasnya berikut video tutorial ala datangya.com :

Mengapa Harus datangya.com ?

Sebenarnya banyak website yang menawarkan jasa undangan online, tapi hanya datangya.com satu-satunya website yang menawarkan berbagai kemudahan dan jaminan. Apa aja sih, keunggulan dari datangya.com ini ?

  • Fitur Spesial Invite

 Special invite itu ibarat sebuah kartu undangan yang berisi nama orang yang diundang, contoh kepada yang terhormat Bapak SBY sekeluarga. Nah, datangya.com juga bisa mengundang orang yang khusus di undang dan akan di beri link special invite dengan path tertentu seperti www.datangya.com/ibankmeimei/to/sby, maka di website undangannya nanti akan tertulis nama lengkap Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain fitur special invite tadi masih banyak juga fitur-fitur yang lain seperti slider, love story, share social media, background musik dan lain lain. Untuk lebih lengkapnya silahkan deh langsung ke TKP di www.datangya.com/home/features.

  • Cara pembuatannya yang Instan

Pembuatan websitenya sangat  instan, tidak perlu menunggu sampai berhri-hari atau berminggu-minggu. Hanya dalam hitungan menit selama kuran lebih 15 sampai 20 menit undangan online sudah selesai.

  • Menghadirkan theme yang soft dan elegan

Apa sih yang pertama kali dilihat ketika kita mendapat sebuah kartu undangan ? Pasti coraknya dong. Datangya.com memiliki aneka corak/theme yang soft dan elegan. Mau liat contohnya, ini loh…..

undangan amplop

undangan minimalis

undangan-poster

Mau tahu lebih banyak theme yang diusung oleh datangya.com, silahkan pantau ke sini.

  • Harga yang terjangkau

Perbandingan bugjet  yang  harus dikeluarkan antara undangan paper dan online sangat signifikan. Untuk mencetak undangan paper diperlukan biaya tiga kali lipat dari undangan online. Seperti diilustrasikan berikut ini :

          –   Undangan paper 1 bh @ Rp. 2.000 x 500 = Rp. 1.000.000,- Sedangkan undangan online di datangya.com

               hanya  Rp. 250.000,-. Itupun corak papernya sangat sederhana  tidak bagus apalagi mewah.

  • Garansi Uang Kembali

Tidak ada orang yang mengingidatangya.com -nikah batal uang kembalinkan pernikahannya batal dengan alasan apapun.Namun semua kemungkinan bisa saja terjadi atas kehendak Illahi. Meskipun tidak batal bisa saja diundur atau dimajukan pestanya. Datangya.com memberikan garansi uang kembali jika hal tersebut menimpa klien yang akan menikah. Jauh berbeda dengan undangan jenis paper, karena mereka sudah mengeluarkan biaya produksi jadi otomatis jika batal menikah maka hilang pula uangnya.

Nah, sekarang cukup jelas kan seluk beluk tentang undangan online ala datangya.com. Satu solusi untuk menghemat bugjet pesta pernikahan sudah terjawab. Dengan demikian bugjetnya bisa dialihkan untuk keperluan yang lain. Bagi yang sudah memiliki pasangan, jangan menunda-nunda untuk menikah, Segeralah menyempurnakan sebagian iman dengan menikah, karena menikah adalah sunnah Rasulluloh. Semoga dapat membina rumah tangga yang Sakinah Mawaddah dan Warohmah….

wedding

undangan-online-200x200

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s