Meditasi, Jembatan Mengatasi Trauma

trauma-pic-300x200

Trauma biasanya sering terjadi pada masa anak-anak

Mengenal Trauma

Trauma adalah cedera yang terjadi pada batin dan tubuh akibat suatu peristiwa tertentu. Keberadaan trauma sebagai suatu peristiwa yang pernah dialami sebenarnya. Jadi, bukan merupakan suatu masalah, namun biasanya efek dari trauma tersebut yang menimbulkan berbagai gangguan/keluhan, baik yang bersifat fisik, mental emosional, perilaku sosial, maupun spiritual.

Trauma bisa terjadi pada siapa saja, tanpa pandang bulu dan strata. Karena trauma itu sangat berkaitan erat dengan keadaan batin seorang manusia.

Pengalaman traumatis bukan hanya sering melibatkan ancaman terhadap kehidupan atau keselamatan, tetapi setiap situasi yang membuat diri merasa ketakutan. Ini bukan fakta-fakta objektif yang menentukan  kejadian traumatik, tetapi pengalaman subjektif emosional.  Semakin merasa takut dan tidak berdaya, semakin besar kemungkinan Anda akan mengalami trauma.

Trauma bisa berbentuk kejadian seperti kecelakaan, kehilangan orang yang disayangi, pelecehan seksual, tekanan dalam kehidupan, putus cinta, mengalami kekecewaan, rasa bersalah yang menghantui, atau berbagai pengalaman negatif lainnya yang mengendap dalam ingatan.

Gejala fisik trauma:

  • Insomnia atau mimpi buruk
  • Menjadi mudah kaget
  • Detak jantung lebih kencang
  • Sakit dan nyeri
  • Kelelahan
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kegelisahan dan agitasi
  • Ketegangan otot bertambah

Mengatasi Trauma dengan Meditasi

adjie

Adjie Silarus dengan Executive Classnya

Menghapus trauma tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen dan konsistensi untuk mengusirnya secara perlahan-lahan sehingga akhirnya tidak ada yang tersisa. Namun bukan berarti tidak dapat dilenyapkan sama sekali. Adjie Silarus, adalah Meditator yang sukses mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie Silarus mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan dia dapatkan di masa depan, tetapi karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dia lakukan untuk mengikis trauma masa lalunya. Bahagia bukan semata-mata sebagai akibat tapi bahagia pun menjadi sebab.

Menurut Adjie Silarus, meditasi bukan saja mampu membantu melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga akan menuntun meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.

meditasi

Meditasi bisa membantu mengikisnya, karena Anda akan dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang  dihadapi. Meditasi membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat Anda menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus  disesali, melainkan tantangan yang harus  dilalui. Meditasi mampu membuat Anda kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup jadi lebih positif.

Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif ? Sebab, meditasi membantu Anda melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah didapatkan, maka akan lebih menikmati hidup yang dijalankan saat ini.

Nah, mulai sekarang hilangkanlah trauma  dengan meditasi dan buat diri  selalu penuh dengan senyum, seperti ini loh…

images

Melambungkan Brand Bersama Indscript Creative

Indscript Creative, adalah sebuah agensi naskah yang sudah berkecimpung hampir 5 tahun, menjadi salah satu contoh bisnis kreatif di bidang penulisan. Agensi ini berhasil meraih penghargaan juara kedua dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri 2011 lalu,  selain penghargaan dari  tabloid Nova sebagai bisnis yang dianggap bisa mengispirasi perempuan Indonesia.

indsript

Indiscript Creative didirikan pada tahun 2007 oleh Indari Mastuti, yang memiliki hobi menulis. Tatkala melihat pertumbuhan penerbitan yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penulis, Indscript Creative berupaya melakukan pendampingan, pelatihan hingga promosi pada para penulis pemula  agar karyanya disalurkan ke berbagai penerbitan.

Pada tahun 2013, Indscript Creative mencoba merambah dalam lahan berbeda namun masih tetap mencitrakan diri dengan kepenulisan. Bidang yang dirambahnya adalah Personal Branding Agency, sebagai upaya untuk membantu membangun sebuah brand bagi tokoh atau perusahaan yang ingin meningkatkan “Pencitraan Diri”. Adjie Silarus mulai bergabung dengan Indscript Creative sejak awal peluncuran hingga sampai sekarang.  Siapa lagi yang ingin mengikuti jejak Adjie Silarus untuk bergabung di Indscript Creative ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s