Dessert Cinta Kami-Puding Coklat Karamel Resep Cinta

love

Dua tahun menapaki perjalanan rumah tangga tanpa cinta dan rindu, bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi perbedaan usia yang cukup signifikan, yaitu 33 tahun. Aku tidak akan bilang wow…sambil koprol, tapi Alhamdulilah karena diberi pendamping yang memiliki kesabaran luar biasa. Terbayang beribu perbedaan harus kami lalui dengan sikap dewasa. Beruntung sejak awal menikah aku langsung tanggap dengan perbedaan itu. Aku tidak bisa memundurkan waktu agar kami kembali muda.

Percikan marah, jengkel, kesalah pahaman semua kami hadapi dengan semburat air kesabaran. Saling mengerti akan perbedaan usia kami yang  terpaut sangat jauh.   Aku yang cenderung temperamental ditaburi dengan sabarnya suami. Klop !

Begitulah jodoh, betapapun banyaknya perbedaan yang menaungi diri kami, namun kami terus berusaha menciptakan sakinah, mawaddah dan warrohmah (Samaroh). Ya, samaroh bukan sesuatu yang datang begitu saja tanpa usaha. Sebagaimana kami menumbuhkan rasa saling asah, asih dan asuh dalam tiap sisi jiwa kami.

Hujan tidak juga reda sepanjang hari ini, rencananya kami akan berkunjung ke rumah kerabat, tapi niat itu tertunda. Tadi pagi, aku sudah membuat seloyang Puding Coklat Karamel yang resepnya aku dapat dari hasil browsing di resepkita.com. Sudah menjadi kebiasaanku, jika berkunjung ke rumah kerabat selalu ada buah tangan yang dibawa. Dan aku lebih suka buah tangan yang dibawa itu adalah hasil kreatifitasku sendiri.

Sejak pertama kali aku menemukan website resepkita.com, aku tidak  pusing lagi mencari menu masakan. Baik masakan untuk keluarga, acara keluarga, arisan dan buah tangan. Resepkita.com dapat memecahkan kebuntuanku dalam membuat suguhan, terutama jika ada acara mendadak. Berikut sepenggal review tentang Puding Coklat Karamel ini.

resep

gula

Sewaktu membaca judul resep ini aku langsung mengerutkan dahi. Karamel dibuat pudding ? Emangnya nggak pahit ? Aku lebih sering mencampurkan karamel ke dalam adonan  cake atau bolu, yang lebih dikenal dengan Bolu Karamel. Apa itu karamel ? Karamel adalah gula pasir yang dimasak tanpa ada bahan tambahan lainnya. Masak gula sampai gosong dan kehitaman. Karamel mempunyai aroma yang khas dan menciptakan rasa legit jika ditambahkan dalam adonan bolu.  Sebaiknya memasak karamel ini dengan menggunakan teflon karena tesktur yang dihasilkan cenderung lengket.

susui

Bagiku resep ini sangat unik, hal itulah yang menimbulkan rasa penasaranku untuk mencobanya. Perpaduan antara agar-agar, susu dan karamel sangat tidak  lumrah. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pudding ini juga tidak begitu lama, hanya 25 menit. Setelah rebusan agar-agar mendidih dan terangkat ke atas, segera matikan kompor. Tuang perlahan ke dalam loyang plastik yang sudah lebih dulu dibasahi air. Diamkan beberapa saat sambil menunggu dingin. Setelah agak dingin masukkan ke dalam lemari pendingin.

Karena kami tidak jadi berkunjung ke rumah kerabat,  pudding yang rencananya sebagai buah tangan, akhirnya kami santap berdua. Sebagai dessert makan siang. Selesai makan, aku menyodorkan dua potong pudding coklat karamel kepada suamiku. Aku selalu membiasakan mendahulukan suami dari pada diriku. Sambil memotong pudding berikutnya, mataku tak lepas menyaksikan suami menikmati pudding coklat karamel. Aku menunggu komentarnya tentang pudding unik ini.

IMG_0007

Dua potong yang penuh cinta

Benar saja, ia mengatakan ada yang beda dari pudding ini, rasa manisnya sangat kuat. Tidak seperti biasanya. Kekuatan rasa manis itu seperti kuatnya cinta yang ada pada kami. Mengikat. Dan tak berani untuk lepas. Cinta dan rindu yang terus kami semai. Cinta aku dan suami melebur dalam kepekatan manisnya pudding coklat karamel. Tak ada yang tahu, kecuali kami. Puding coklat karamel tersisa setengah loyang, tapi tidak dengan cinta kami. Cinta itu terus bertambah berloyang-loyang banyaknya.  Buat aku, bahan yang tidak boleh lupa dalam memasak hanya satu, yaitu cinta. Memasaklah dengan cinta niscaya akan ada bahagia bagi yang mencicipinya. Happy cooking…

IMG_0002

Puding Coklat Karamel yang dibuat dengan Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s