Marketing Cerdas Ala Veronica

sukses 

Setiap pebisnis sukses pastinya memiliki kiat-kiat khusus yang mengantarnya ke gerbang kesuksesannya itu.  Ada pebisnis yang mau membagikan kiat suksesnya, namun tidak sedikit pula pebisnis enggan menularkan kiatnya. Hal ini tidak berlaku dengan Veronica Ratna Ningrum. Perempuan muda yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis konsultan marketing ini dengan lugas memaparkan kiat sukses bisnisnya itu.

Tak dapat dipungkiri lagi, bagi seorang pebisnis, marketing sangat memegang peranan penting dalam menjalankan sebuah usaha.  Konsep marketing yang handal akan mampu mendongkrak sebuah produk atau jasa yang ditawarkan.  Sekecil apapun usaha haruslah memiliki kemampuan marketing yang kokoh dan tajam. Dengan demikian usaha tersebut tidak cepat rapuh dan tumpul, bahkan semakin melejit.  Veronica Ratna Ningrum, seorang ahli marketing sekaligus konsultan marketing, menawarkan formula dan kiat sukses untuk para pelaku marketing. Kiat yang diberikan oleh Veronica ini mampu membuat seorang pebisnis berfikir lebih smart, fast and accurate.

Veronica-2

10 kiat sukses yang ditawarkan oleh  Veronica Ratna Ningrum yaitu :

  1. Seorang pelaku marketing diharapkan dapat membawa keuntungan buat usaha yang dilakoninya, bukan sebaliknya yaitu mencari kepuasan diri sendiri. Untuk itulah pelaku marketing harus bisa menjadi spy bagi usahanya itu. Fungsi spy bagi seorang pelaku marketing adalah untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar dari produk yang dimilikinya. Kebutuhan pasar ini akan menjadi penuntun kesusksesan marketing dalam perusahaan tersebut.
  2. Berpegang pada pepatah usang bahwa “Pembeli adalah raja”. Menurut Veronica kesuksesan sebuah usaha ditentukan bagaimana kita dapat melayani customer layaknya seorang raja. Jika customer merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, maka dapat dipastikan kepuasannya itu akan diberitakan pada khalayak lainnya. Dengan demikian kehilangan pelanggan tidak akan terjadi bahkan sebaliknya, customer baru akan datang untuk membeli produk atau memakai jasa usaha kita.
  3. Seorang pelaku marketing memiliki keleluasaan untuk mengambil sebuah keputusan. Itulah sebabnya seorang pelaku marketing harus sanggup menjadi eksekutor yang tangguh dan tidak ragu-ragu. Keputusan yang diambil oleh seorang eksekutor haruslah menguntungkan usahanya. Keahlian lain seorang eksekutor adalah harus dapat menganalisis keputusan yang telah dilakukannya.
  4. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien. Pertajam INTUISI adalah usaha yang harus dilakukan jika ingin menjadi pelaku marketing yang sukses dan handal.
  5. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing.  Itulah sebabnya perlu dilakukan Survey Kompetitor. Dengan melakukan survey kompetitor ini, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
  6. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
  7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga khalayak dapat dengan mudah mengenali produk kita.
  8. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
  9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
  10. Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.

indsript

Kesepuluh kiat inilah yang telah membawa Veronica menuju tangga sukses. Selain itu ada kiat khusus yang juga selalu dilakukannya, yaitu berdo’a dan berusaha. Do’a penuh keyakinan akan membuat sebuah usaha berbuah manis. Dan itu sudah dirasakan oleh Veronica. Veronica juga telah bergabung dengan Indscript Creative untuk melambungkan brandnya. Karena Indscript Creative yang sejak awal menggeluti dunia kepenulisan kini mengembangkan sayap usahanya dengan membuka jalur baru yaitu Personal Branding Agency.  Dengan jalur barunya ini Indscript Creative juga tidak meninggalkan jejak lamanya dalam hal kepenulisan.  God luck  !

Special Quote :

“Sebagai seorang woman marketing. Veronica adalah pribadi yangg luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan client relation. Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica”. (Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)

Personal Branding Agency, Indscript Creative

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s