Memaafkan Masa Lalu Dapat Membuka Bahagia

 

Berat, hal itulah yang pertama kali dirasakan saat seseorang harus mengingat masa lalu yang kelam. Namun masa lalu tidak bisa dibuang begitu saja. Hidup yang saat ini membentang di depan mata adalah kelanjutan dari masa lalu. Banyak orang  menganggap bahwa bahagia itu bisa diraih jika tidak terjadi sesuatu yang buruk di masa lalu. Misalnya, saat kehilangan kekasih, orang cenderung mengatakan alangkah bahagianya jika kekasihnya tidak pergi. Saat dalam keadaan bangkrut, orang mengatakan alangkah bahagianya jika rekan bisnis mereka tidak menipu. Pendek kata, setiap kejadian buruk adalah sumber dari rasa kecewa serta ketidak bahagiaan seseorang.

adjie

Adjie Silarus Lulusan Psikologi UGM sebagai penyelia Meditasi

Keyakinan yang berbanding terbalik dimiliki oleh Adjie Silarus, ia  justru melihat bahwa kebahagiaan seharusnya tidak ditentukan oleh masa lalu. Masa depan gemilang bukan ditentukan oleh masa lalu yang cemerlang, namun lebih ditentukan oleh seberapa kuat Anda dapat mengampuni masa lalu,” ujar Adjie Silarus yang dalam beberapa tahun ini berfokus pada meditasi. Pria dengan pembawaan tenang dan kalem ini juga mengatakan, bahwa untuk bahagia seseorang tidaklah harus memiliki syarat tertentu.

“Sebab, kebahagiaan akan hadir dengan sendirinya ketika seseorang memilih untuk ikhlas dan mengampuni masa lalu, serta menanamkan rasa bahagia itu dalam hati serta pikiran mereka.” (Adjie Silarus)

maafBagaimanapun juga masa lalu itu tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita saat ini. Jika saat ini kita masih terbelenggu oleh masa lalu maka cobalah untuk melepaskannya. Belajarlah untuk menjadi orang yang pemaaf, dan bukan pendendam. Jadikan masa lalu sebagai kunci pembuka masa depan Anda hanya dengan memaafkannya. Tidak sulit untuk memulai mengampuni masa lalu yang meninggalkan trauma dalam diri. Cukup dengan memulai bermeditasi secara teratur, memejamkan mata, sadari sepenuhnya seluruh rasa dalam diri kita dan kita terima segala kebencian apa adanya. Kemudian perlahan menghirup udara, dan menghembuskan napas dengan membayangkan seolah-olah segala racun dalam hati kita peluk dengan penuh kasih sayang bersama hembusan napas itu.

Coba !       Coba !      Cobalah !

Lebih dalam lagi Adjie Silarus mengatakan, bahwa trauma ibarat sumber karat yang memenuhi jantung, hati, dan diri seseorang, yang kemudian akan mengganggu kesehatan fisik. Karat ini harus segera dihilangkan karena akan menimbulkan rasa sakit dan trauma yang mendalam. Trauma yang akan dialami yaitu membuat seseorang merasa kecil  dan sempit di tengah kehidupan yang sebenarnya besar dan luas.

 Kunci bahagia adalah dengan belajar memadukan masa lalu, masa kini, dan masa depan, menjadi sebuah kekuatan yang utuh. Adjie Silarus menyarankan untuk belajar melupakan setiap hal buruk di masa lalu, membuang trauma, dan mengikis dendam dengan cara menenangkan diri dan memasuki keheningan. “Meditasi membantu Anda membebaskan diri dari beban jiwa. Meditasi juga dapat membantu Anda mengampuni masa lalu dan menyembuhkan trauma,” ujarnya  memotivasi dengan penuh kelembutan seorang meditator. Hiduplah dengan bahagia tanpa lilitan trauma yang menyesakkan bilik hidup Anda. Oleh sebab itu mulailah bermeditasi dari sekarang dan rasakan hasilnya dalam setiap jengkal hidup Anda.

Kini, saatnya Anda mengampuni masa lalu?  Dan mulailah bermeditasi !

Personal Branding Agency, Indscript Creative
Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s