Mengantar Rendang Padang Go International

Indonesia adalah negri yang kaya akan khazanah kuliner. Berbagai cita rasa kuliner memiliki ciri khas yang berbeda dari tiap daerah. Namun sangat disayangkan aset ini nyaris tidak bergeming. Bahkan tidak menyumbangkan apa-apa bagi Indonesia pada tingkat International. Berbeda dengan Negara-negara Asia lainnya. Masakan Cina, India, Jepang dan Thailand sudah menempati kepopulerannya di dunia.  Menu kuliner Indonesia memang sudah ada di beberapa restoran di luar negri. Namun jumlahnya masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan, karena kurangnya orang Indonesia yang mau berjuang dengan serius dalam mempromosikan kuliner Indonesia di luar negri.

Begitu banyak masakan khas Indonesia, akan tetapi tidak ada satupun yang populer di dunia International. Ini akan menjadi tantangan sendiri bagi masyarakat Indonesia. Kita tidak mau khazanah budaya kita diakui oleh Negara lain, seperti kasus-kasus sebelumnya. Nah, akankah kita mengulang kesalahan sendiri dengan membiarkan khazanah kuliner diakui Negara lain ? Tentu tidak bukan ?

Ciri Khas

rendang

Randang Padang ala Resto Restu Mande

Jika kita ingin memperkenalkan makanan tradisional ke dunia Internasional, pilihlah makanan yang sudah dikenal secara nasional. Rendang Padang adalah salah satu masakan Padang yang sudah dikenal luas dari Sabang sampai Merauke. Aceh juga memiliki rendang namanya Sirebeh, tapi tidak semua orang Indonesia tahu. Demikian pula dengan Malaysia, memiliki rendang Kelantan. Jadi tidak salah jika Malaysia mengklaim bahwa negaranya juga memiliki rendang. Nah, inilah yang jadi akar masalah. Sejatinya kata ‘Padang’ jangan dihilangkan. Karena Padang akan menjadi ciri khasnya.  Dengan menyebut Rendang Padang, maka seluruh orang di dunia akan tahu bahwa masakan itu adalah masakan asli Indonesia.

Ada satu hal penting lagi yang harus dipatuhi, jangan mengganti nama masakan ke dalam bahasa Inggris. Biarkan nama masakan sesuai dengan nama aslinya. Lihat saja, masakan Jepang tidak berubah nama saat kita temui di Indonesia, Sushi tetap dikenal dengan nama Sushi, bukan nasi isi daging atau ikan. Meskipun alih-alih setelah kita mencobanya tidak jauh beda dengan lontong, aren-arem atau lemper.

Harus Otentik

rendang02

Randang Padang Restu Mande

Dalam sebuah masakan, cita rasa memegang peranan yang sangat penting. Cita rasa dihasilkan dari racikan aneka bumbu yang sangat melimpah di bumi persada ini. Dari sinilah keotentikan itu bermula. Agar masakan nasional bisa tampil di dunia International, satu hal yang harus dikedepankan yaitu keotentikannya. Bumbu-bumbu asli Indonesia yang mudah didapat akan memberikan sentuhan otentik pada rasa Rendang Padang. Demikian pula dengan bahan baku, semua harus benar-benar berasal dari Indonesia. Bahan baku dan bumbu-bumbu diharuskan mendapat perhatian khusus untuk menjaga keotentikan cita rasa.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga keotentikan ini adalah prosedur memasak. Agar masakan Indonesia bisa go Internasional, cara memasaknya pun harus punya standar. Misalnya saja, untuk menghasilkan daging yang empuk dan bumbunya meresap, tekniknya tidak harus digodok seharian. Bisa saja dilakukan dengan menggunakan teknik modern, dengan begitu nutrisi tidak banyak hilang, rasanya juga tetap otentik.

Terobosan baru

Restoran Padang adalah restoran yang sudah menjamur keberadaannya. Di setiap pelosok kota di Indonesia terdapat restoran padang. Salah satunya adalah Restoran Padang Restu Mande. Restoran Padang yang berada di Kota Bandung ini  memiliki menu  rendang padang yang bikin ketagihan pelanggannya.  Eh, bukan Cuma rendangnya aja loh ! Semua masakan khas padang di restoran ini langsung membuat lidah bergoyang. Ga percaya ? Langsung aja ke TKP, di mariiii…

restoran

Restu Mande mengusung nama rendang menjadi Randang Padang. Oh ya, ada lagi nih yang harus diketahui calon pelanggan,  Restu Mande menciptakan terobosan baru dalam mempopulerkan rendang padang buatannya. Hal ini dimaksudkan agar rendangnya bisa sampe ke semua orang di mana pun mereka berada. Atau dengan kata lain, untuk merasakan rendang padang olahan Restu Mande, orang tidak perlu datang ke restoran. Restu Mande menyediakan rendang padang dalam bentuk kemasan, hasilnya adalah rendang kemasan. Rendang kemasan ini dijaga benar cita rasanya. Rasanya sama persis dengan rendang yang ada di restorannya. Jadi jangan takut untuk membeli rendang kemasan khas Restu Mande. Dan ini loh hasil terobosan dari Restu Mande…

produk

Terobosaan baru dari Restu Mnde ini juga sebagai upaya agar rendang padang dapat go Internasional. Ke depannya rendang kemasan ini dapat diekspor ke berbagai Negara. Seperti yang telah diulas sebelumnya, harus ada kesungguhan dan keseriusan untuk mengantar rendang padang go Internasional. Semua bahan baku dan bumbu-bumbu sudah tersedia, tunggu apa lagi ?

4 thoughts on “Mengantar Rendang Padang Go International

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s