Melesatkan Bisnis Melalui Olah Marketing

Veronica-2

Veronica Ratna Ningrum, yang seorang womanmarketer, selalu menekankan strategi marketing. Karena strategi marketing merupakan hal yang paling mendasar dalam sebuah bisnis. Marketing atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk yang telah dihasilkan oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah agar produk tersebut dapat dengan mudah dinikmati langsung oleh konsumen. Bagian marketing ini memang merupakan bagian yang sangat penting dan krusial dalam bisnis. Dari marketinglah sebuah bisnis diketahui berkembang atau tidaknya.

Masih menurut Veronica Ratna Ningrum, melesatkan bisnis melalui olah marketing dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak produsen dan juga pihak konsumen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh produsen, apabila produk yang dihasilkan berupa barang, antara lain yaitu :

  • Tempat

Hal yang sangat menunjang agar produk mudah dikenal dan ditemui oleh konsumen adalah tempat. Dalam memilih tempat harus diperhatikan letaknya yang mudah diakses. Memiliki tempat parkir yang cukup luas dan dapat dijangkau minimal dari tiga arah. Jadi tempat harus dipilih sestrategis mungkin.

  • Kualitas produk

Setelah tempat, kualitas produk yang dihasilkan benar-benar harus dijaga. Hal ini dimaksudkan agar konsumen tidak cepat hilang atau berpindah ke lain hati hanya gara-gara produk yang dihasilkan kurang mendapat tempat di hati konsumen.

  •  Harga

Menentukan sebuah harga sebenarnya gampang-gampang susah. Namun yang pertama harus diperhatikan adalah, harga haruslah yang terjangkau oleh konsumen. Selain itu harus berani pula berkompetitif bila ada produk yang sejenis. Kalau pun  harus mahal, produsen harus bisa memberikan kelebihan kenapa produknya lebih mahal dari produk yang lain.  Menyikapi imej yang ada di kalangan konsumen di Indonesia, bahwa harga murah tetaplah menjadi pilihan daripada produk yang mahal. Bila perlu buatlah slogan-slogan lucu yang isinya menginformasikan tentang  murahnya produk.

  •  Promosi

“Tak kenal maka tak sayang” pepatah usang ini nampaknya sangat berlaku bagi produk teranyar. Konsumen tidak akan tahu produk yang dihasilkan tanpa adanya pengenalan atau promosi. Selain memperkenalkan produk, promosi juga diperlukan untuk mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan keunggulan produk tersebut.

Sedangkan dari pihak konsumen, hal yang harus diperhatikan adalah usaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersebut, kenyamanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, hal ini lebih berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh konsumen setelah menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas ini maka akan timbul perasaan untuk kembali menggunakan produk ini.

Semua hal ini harus diramu dengan benar dan tepat oleh pihak perusahaan terutama bidang marketing. Inilah nantinya yang akan menjadi salah satu kunci keberhasilan produk. Dan inilah yang dimaksud dengan melesatkan bisnis melalui olah marketing.

Awards_Photo

Personal Branding Agency, Indscript Creative

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s