Peran Media Digital di Indonesia

razi2Indonesia dengan populasi penduduk di urutan ke tiga Asia setelah China dan India, membuka peluang terciptanya pasar. Apa pun produk yang dijual di Indonesia selalu diminati. Kegemaran belanja yang bukan karena kebutuhan juga menjadi pemicu terbukanya pasar di Indonesia. Tanpa kecuali, media yang berbau digital pun, pasti laku keras.  Masih ingatkah Anda, beberapa waktu lalu saat penjualan handphone merk terkenal yang dijual dengan harga murah menyisakan cerita tragis.  Beberapa orang harus terinjak-injak untuk mengantri. Itu salah satu bukti jika pangsa pasar media digital di Indonesia sangat diminati. Istilah kata “Media digital di Indonesia bak kacang goreng”.

sosmed

Dari sebuah pemberitaan, ternyata Indonesia termasuk negara dengan pengguna media digital yangcukup signifikan. Sebut saja dari segi jumlah pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter. Menurut SocialBakers, situs yang mengkhususkan diri untuk soal statistik media sosial, Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia, dengan prosentase pengguna aktif mencapai hampir 20 persen dari total populasi. Sedangkan untuk jumlah pengguna Twitter, Forbes (The World’s Most Active Twitter City? You Won’t Guess It, 30/12/2012) sudah menobatkan Jakarta dan Bandung sebagai kota dengan pengguna Twitter terbesar nomor satu dan enam di dunia.

Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah apakah para pemakai media sosial tersebut sudah menggunakannya di jalur yang tepat ? Atau hanya sekedar gengsi saja ? Nah, pola pikir inilah yang harus ditelaah dengan sebenar-benarnya. Agar masyarakat Indonesia jangan terjebak menjadi masyarakat konsumtif tapi juga cerdas.

Sudah saatnya masyarakat Indonesia melek digital, dalam arti tidak cukup hanya menjadi konsumen atau sekedar ikut trend. Tapi harus lebih dari itu, seperti misalnya internet masuk desa dan internet untuk rakyat. Sadar IT seharusnya sudah menggeser kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer.  Razi Thalib, CEO Bridges and Balloons Digital Agency melihat kesenjangan ini dengan mata ilmu digitalnya.

Lebih jauh lagi Razi  berpendapat, bahwa media digital seharusnya sudah difungsikan lebih jauh, misalnya untuk :

  • menyebarkan konten yang menjalin loyalitas,
  • menghemat waktu, dan
  • memberikan solusi untuk keperluan sehari-hari

Amat disayangkan jika hal ini hanya berhenti sebagai konsumen saja, tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk berkarya. Sebenarnya banyak anak bangsa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan setiap karyanya. Nah, apa salahnya jika potensi itu didukung oleh penggunaan teknologi digital yang mumpuni agar karya nyatanya dapat dikenal secara luas di dunia International. Penggunaan media digital oleh para pelaku bisnis saat ini kebanyakan hanya berhenti pada target sekadar untuk meraup jumlah pengunjung sebanyak mungkin. Jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya menggunakan desain dan konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli setia.

Sebagai pebisnis yang menggunakan media digtal sebagai kelancaran usaha, Anda berhak menciptakan sebuah kesadaran, bahwa ada sisi lain dari bisnis Anda yang menyentuh aspek kemanusiaan atau lingkungan. Juga gambarkan mengapa sangat penting bagi konsumen untuk mendukung perusahaan yang memiliki idealisme, dan tidak semata-mata berbisnis,” ujar Razi Thalib mantap.

Menurut Razi Thalib, kini sudah saatnya para pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai, namun juga menggunakannya sebagai media untuk mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan solusi, serta mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik.

Awards_Photo

Personal Branding Agency, Indscript Creative

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s