Liputan 6.com : Suplemen Bagi Masyarakat Indonesia

liput6 

Sebagai stasiun TV Swasta kedua di Indonesia, SCTV memiliki program berita dengan nama Liputan 6. Meskipun SCTV bukan stasiun TV berita, namun kehadiran Liputan 6 telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan dunia informasi, SCTV dengan Liputan 6 nya tidak  mau ketinggalan dalam menyampaikan  berita terkini, baik berita dalam  mau pun luar negri.  Bagi masyarakat saat ini, informasi sudah menjadi kebutuhan yang penting. Masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan mudah diperoleh kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Atmosfir berita dari belahan dunia  dapat dengan sekejap  kita ketahui. Dengan kata lain berita apa pun yang terjadi dapat diketahui hanya dengan sentuhan jari atau bahkan dengan intonasi suara. Sebab itu SCTV melahirkan Liputan6.com sebagai portal berita berbasis online.  Berita terkini, berita terbaru, berita hari ini semua dapat diakses dengan cepat di Liputan6.com melalui jaringan internet. Informasi yang diterima melalui jaringan internet ini benar-benar seperti cahaya melesat ke bumi. Berikut adalah ulasan profil tentang Liputan6.com.

Misi Terpercaya Liputan 6.com

Perkembangan teknologi yang cepat telah menggeser kedudukan media massa offline menjadi media massa online. Televisi, radio dan koran kini sudah menjadi prioritas ke dua dari media massa online. Salah satu media massa online yang kita kenal adalah Liputan6.com. Liputan6.com telah menjadi suplemen bagi masyarakat Indonesia yang senantiasa haus dengan informasi secara cepat dan berkembang. Oleh karenanya Liputan6.com selalu aktif dalam menghasilkan berita-berita yang hangat dan segar. Berita-berita yang disajikan oleh Liputan6.com memang  sangat selaras dengan slogannya, yang aktual, tajam dan terpercaya.Dengan slogannya Liputan6.com berhasil menyajikan berita ekonomi, bisnis, politik, teknologi, kesehatan, olahraga dan hiburan atau dikenal dengan dunia entertainment.

Kehadiran Liputan6.com telah membuat perubahan pada masyarakat Indonesia menjadi lebih cerdas dan berwawasan. Misalnya saja seperti yang saya alami, sebagai ibu rumah tangga yang aktif menulis, keberadaan Liputan6.com sangat membantu dalam mencari ide.  Terutama tentang perempuan yang membawa angin inspiratif. Seperti contoh berita tentang Bu Een, Liputan6.com  mengulas berita tentang Bu Een, seorang perempuan yang mengalami kelumpuhan sejak remaja, namun tetap gigih mengajar. Dan informasi tentang kegigihan Bu Een yang saya baca di Liputan 6.com ini  membuat saya semakin terinspirasi. Bayangkan, di tengah kekurangannya Bu Een masih bisa menghasilkan karya. Bagi saya, membaca berita di media online banyak manfaatnya, terutama murah dan dapat dilakukan di rumah.

bu een

Kegigihan Bu Een : Meski sakit tetap semangat mengajar

Konten yang tersedia pada Liputan6.com

Saat pertama kali membuka portal Liputan6.com, nampak halaman beranda sebagai tampilan awal.  Pada halaman beranda dengan format slide atau modus gerak ini, kita langsung bisa memilih berita yang ingin dibaca. Kolom yang tersedia ada News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health, Foto, Video, Streaming, Deal dan Index, tampilan kolom-kolom ini sangat mempermudah akses pembaca untuk mencari berita yang ingin dibacanya pertama kali.

jokowiee

Laman beranda Liputan6.com

Kategori lain yang sempat menggugah naluri kepenulisan saya adalah Jurnalis warga dengan nama Citizen 6. Citizen 6 ini merupakan wadah bagi masyarakat pembaca yang ingin mengirimkan berita. Kehadiran kategori Citizen 6 di portal Liputan6.com ini membawa angin segar bagi masyarakat untuk menyampaikan beragam info.  Sebuah langkah yang patut mendapat apresiasi, karena masih menyisakan kolom berbagi untuk pembaca. Selayaknya sebuah media yang baik adalah seperti itu, saling bersinergi antara pembaca dan media. Dengan begitu Liputan6.com akan menjadi lebih berwarna karena menyerap informasi dari masyarakat yang belum tentu bisa didapat oleh peliput internnya. Berita yang akan diwartakan oleh masyarakat bisa berupa teks, foto atau video.

Selain Citizan 6, ada kolom yang juga sangat menarik bagi saya, yaitu Deal. Kolom ini berisikan tentang info discount dari berbagai  merchant tertentu. Sepertinya kolom ini merupakan bagian dari advetorial, tapi dikemas dengan apik jadi tidak mengganggu pembaca untuk mencari berita.

citizen6

Laman Deal dan Citizen 6

Liputan6.com di Mata Saya

Secara keseluruhan portal media Liputan6.com sudah sangat sesuai dengan suplemen masyarakat Indonesia, termasuk saya. Penampilannya yang eksklusif sangat mempesona karena tidak bertaburan dengan iklan-iklan. Penempatan iklannya sudah tepat sehingga membuat pembaca  betah berlama-lama di portal media Liputan6.com ini. Karena pada dasarnya ketika pembaca membuka sebuah portal media online maka yang diharapkannya adalah berita bukan advertorial. Berita yang disajikannya pun berita hangat dan populer. Bahkan kolom berita terkini dan terpoluler mampu menyedot perhatian pembaca.

Dari keseluruhan portal berita Liputan6.com, ada beberapa hal yang menurut saya masih mengundang pertanyaan, di antaranya adalah :

1.    Mengapa kolom Olahraga diberi nama Bola, bukankah olahraga bukan hanya sepak bola saja. Lagi pula tidak seluruh masyarakat Indonesia menjadi penggemar sepak bola. Jadi saran saya kolom tersebut diganti dengan Olahraga agar bisa mencakup keseluruhan berita olahraga.

2.   Masih kurangnya berita tentang perempuan inspiratif, seperti Bu Een. Mungkin, kalau Bu Een tidak menang dalam ajang Award Special SCTV pun tidak akan diberitakan. Coba saja lihat, media online yang bersandar pada kebutuhan perempuan pasti ramai pengunjung.  Fenomena ini telah menunjukkan bahwa perempuan, tidak pandang usia dan profesi sangat membutuhkan informasi dalam bentuk apa pun. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan profesinya atau pun hanya sekedar menambah inspirasi bagi dirinya.   Berdasarkan dari pengalaman saya dalam berseluncur di media online, kebanyakan pembaca adalah perempuan. Hal ini dikarenakan bahwa perempuan juga butuh berita.

3.   Jika ada kolom entertainment maka seharusnya ada juga kolom edutainment. Masih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan berita-berita seputar pendidikan. Entah itu pendidikan agama, budaya dan sosial juga berita tentang info-info penting yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Harapan saya ke depannya Liputan6.com dapat benar-benar menjadi suplemen bagi masyarakat Indonesa. Sebenarnya sudah menjadi kewajiban bersama untuk memberikan edukasi yang terbaik dan terakurat dengan menyampaikan berita dalam rangka melek Iptek. Liputan6.com sudah menjadi portal media online terdepan dalam mencerdaskan masyarakat melalui internet. Semoga slogan yang diusung Liputan6.com menambah semangat dengan terus berkarya dan berinovasi dalam penyajian berita.

liputan6.banner

2 thoughts on “Liputan 6.com : Suplemen Bagi Masyarakat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s