Peran Serta Blogger ASEAN Dalam Menyongsong Komunitas ASEAN 2015

asen

Komunitas ASEAN 2015 yang telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN akan segera terbentuk dalam dua tahun ke depan. Untuk mencapai kesepakatan tersebut diperlukan kinerja yang bersinergi antara anggota ASEAN.  Selain itu untuk mensosialisaskan komunitas tersebut para anggota ASEAN harus dapat menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas berbasis kerakyatan. Mengingat sosialisasi ini sangat penting dilakukan guna menghadapi Komunitas ASEAN itu sendiri. Salah satu komunitas kerakyatan yang dibidik oleh ASEAN adalah komunitas blogger.  Mengapa harus komunitas blogger ? Sebagaimana diketahui bahwa  komunitas blogger ini dalam kesehariannya sangat berkaitan erat dengan media sosial. Jaringan luas yang dibangun oleh blogger lewat media sosial diharapkan dapat membantu proses sosialisasi Komunitas ASEAN 2015 nanti.

Apa itu Komunitas ASEAN 2015 ?

Sebagaimana telah dikatakan di atas, bahwa pada tahun 2015 nanti para pemimpin ASEAN telah sepakat untuk membentuk Komunitas ASEAN ( ASEAN Community ). Komunitas ini didirikan dengan mengedepankan tiga pilar penting, yaitu :

1.       ASEAN Political-Security Community ( APSC )

2.       ASEAN Economic Community ( AEC )

3.       ASEAN Socio-Cultural Community ( APSC )

 Ke tiga pilar ini akan segera diwujudkan baik dalam skala regional maupun global. Adapun bentuk-bentuk penjabaran ke tiga pilar tersebut adalah sebagai berikut :

  • ·         ASEAN Political-Security Community ( Komunitas Keamanan Politik ASEAN )

Keamanan dalam bidang politik adalah pilar penting yang harus dijaga secara kontinyu. Keamanan politik merupakan langkah awal dari kemajuan dalam bidang-bidang selanjutnya. Apabila dalam sebuah wilayah terjadi instabilitas politik, maka sudah dapat dipastikan bahwa wilayah tersebut akan sulit untuk berkembang apalagi maju. Itulah sebabnya wilayah ASEAN yang terdiri dari negara-negara berkembang harus mampu menunjukan pada dunia International bahwa kondisi politik dalam negara ASEAN dalam kondisi stabil dan baik.

 Untuk mewujudkan kondisi seperti ini memang bukan hal yang mudah, diperlukan rasa saling mempercayai dan solidaritas yang tinggi. Tidak saling menjelek-jelekan antar negara dan terus menjaga batas wilayahnya masing-masing adalah hak mutlak tiap warga negara. Menghindari keinginan individu untuk mengambil bagian wilayah negara lain juga harus diredam. Menghapus sifat serakah bahkan mengklaim hak milik negara lain sebagai haknya juga wajib dilakukan dengan penuh kesadaran. Kesadaran tiap negara ASEAN untuk menciptakan wilayah regional yang kondusif akan membawa segmen positif pada pembangunan segala bidang.

  • ·         ASEAN Economic Community ( Komunitas Ekonomi ASEAN )

Langkah kedua yang juga memegang peranan penting adalah pembangunan dalam sektor ekonomi. Setelah kondisi keamanan politik dinyatakan stabil, barulah pembangunan sektor ekonomi bisa dilaksanakan. Jumlah penduduk ASEAN yang cukup banyak dapat dijadikan modal utama dalam pembangunan ekonomi. Banyaknya penduduk ini berkaitan dengan tenaga kerja. Hal ini bisa diwujudkan dengan mendirikan pabrik-pabrik industri dalam skala canggih.  Dengan berdirinya pabrik industri maka kebutuhan akan tenaga kerjapun meningkat. Namun bila ketersediaan tenaga kerja sudah mencukupi maka tidak perlu lagi merekrut tenaga kerja, baik ahli maupun amatir dari luar  ASEAN.

 Selain itu manfaat yang bisa diambil dengan populasi penduduk ini adalah terciptanya pangsa pasar. Jadi jika pabrik industri sudah menghasilkan suatu produk maka populasi penduduk ini adalah sasaran yang tepat sebagai konsumen. Dalam artian bahwa satu negara ASEAN menjadi produsen dan negara yang lainnya menjadi konsumen. Dari ASEAN untuk ASEAN. Semua ini dilakukan untuk menjaga keutuhan ekonomi secara merata dan persaingan yang sehat. Dengan demikian ASEAN dapat menciptakan ekonomi yang mandiri.

  • ·         ASEAN Socio-Cultural Community (Komunitas Sosial Budaya ASEAN)

Pembangunan dalam bidang sosial budaya pun tidak boleh diabaikan, karena ini menyangkut perilaku turun temurun dalam suatu wilayah atau negara. Kehidupan sosial budaya tiap negara ASEAN harus terus dilestarikan dan dikembangkan sesuai dengan budayanya masing-masing. Hak saling menghormati antar kehidupan sosial budaya harus dijunjung tinggi, jangan sampai saling melecehkan.  Seperti kata pepatah “Di mana langit dijunjung di situ bumi dipijak” dalam arti tiap negara memiliki kultur budayanya masing-masing yang harus dihormati keberadaannya. Budaya adalah sebuah warisan yang melatar belakangi keindahan bertutur dan berperilaku. Jadikan budaya sebagai alat pemersatu antar negara ASEAN dan jangan jadikan perbedaan budaya sebagai alat pemecah belah. Kerukunan dalam bersosialisasi dan berbudaya ini akan mudah tercipta bila tiap penduduk negara ASEAN saling menghargai dan menghormati budaya masing-masing negara ASEAN.

 Peran Serta Dan Karya Nyata Blogger

Mengingat dan memperhatikan betapa beratnya tugas untuk mewujudkan tiga pilar tersebut diperlukan upaya dari para anggota ASEAN dengan cara memberdayakan penduduknya di masing-masing negara. Dalam hal ini kerjasama yang diarahkan bukan hanya dari pemerintah saja, akan tetapi dapat merekrut masyarakat luas. Sebutlah Indonesia, negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar dari anggota ASEAN lainnya, sangat diharapkan dapat memaksimalkan potensi penduduknya, khususnya komunitas blogger.

 Dengan berbasis jaringan internet  diharapkan bahwa Komunitas Blogger ASEAN khususnya Indonesia dapat menjaga dan menjalin kerjasama yang positif antar blogger. Memperkuat ketahanan baik dari segi ekonomi, politik dan soaial budaya merupakan tonggak kedaulatan sejati. Para blogger dapat memaksimalkan media sosial yang ada dengan meredam isu-isu negatif dan menjelaskan secara konkrit dari permasalahan yang sebenarnya. Dalam posisi ini komunitas blogger juga dapat dianggap sebagai Public Relation ( PR ).

 Sebagai contoh misalnya dalam segi keamanan, seorang blogger dapat menuliskan situasi yang berkembang di dalam negri tanpa ada yang ditutup-tutupi tapi juga tidak mendiskriminasikan keadaan. Sehingga para investor berkeinginan untuk menginvestasikan modalnya di negara ASEAN tanpa rasa takut. Hal ini dikarenakan bahwa pembangunan ekonomi berkaitan erat dengan kondisi keamanan, baik keamanan politik maupun keamanan yang terjadi dalam masyarakat.

 Upaya Komunitas Blogger ASEAN ini juga harus saling mendukung satu negara dengan negara yang lainnya. dengan demikian Komunitas Blogger ASEAN telah menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi, solid dan kompak. Komunitas Blogger ASEAN harus mampu menunjukkan dan mempertajam pondasi kewilayahan regional sebagai bukti keamanan yang stabil.

 Selain itu tugas utama Komunitas Blogger ASEAN adalah berpartisipasi, menyebarkan dan mendukung kerja-kerja dalam perwujudan tiga pilar tersebut. Memberitakan kondisi ekonomi dan status sosial budaya negara ASEAN, namun dengan tetap menjaga perdamaian internal ASEAN. Mengadakan workshop dan dialog antar blogger ASEAN serta tak lupa pula menjalin kerjasama dengan badan terkait. Keberadaan Komunitas Blogger ASEAN sangat diharapkan kerjasama dan partisipasinya dalam menyongsong Komunitas ASEAN 2015, karena blogger dapat dianggap sebagai basis kerakyatan ( People Centered ).

 Bersatu padunya blogger ASEAN adalah perwujudan hakiki untuk menemukan jati diri ASEAN yang kokoh dan kuat. Itulah sebabnya mulai saat ini Komunitas Blogger ASEAN harus memahami betul-betul segala kinerja yang berkaitan dengan Komunitas ASEAN. Bukan tidak mungkin ke tiga pilar tersebut dapat terwujud dengan sosialisasi yang tepat dan akurat dari Komunitas Blogger ASEAN.

4 thoughts on “Peran Serta Blogger ASEAN Dalam Menyongsong Komunitas ASEAN 2015

  1. Ping-balik: Update Peserta Lomba Blog ASEAN | ASEAN Blogger Festival 2013

  2. luar biasa ya potensi blogger. sy yakin dari dulu blogger bisa menjadi bagian dari perubahan negeri ini. yg penting ikut menyuarakan perubahan. blogger alay udah gak jaman

    • Betul mas Rusydi, tulisan blogger saat ini sudah sangat diperhitungkan karena tulisannya banyak yg mencerminkan kejujuran dan keterbukaan. Besok saya juga akan menghadiri seminar seharinya. Sukses buat semua blogger !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s