Hand in Hand Dari Si Kecil Juna

Nama panjangnya Arjuna Pradipa Widyatama, umurnya baru dua tahun tujuh bulan.  Tadinya kami memanggilnya ‘Njun’ tapi ko jelek banget ya, kedengerannya  gimanaaaaa gitu.  Nggak cocok buat Arjuna yang doyan ngoceh dan cool abis. Alih-alih karena sang kakak senang nonton acara chef Juna di tivi, maka kakak punya usul,”Ma…gimana kalau Arjuna kita panggil Juna aja, kayak chef Juna itu loh, keren dan ngetop,”ujar si kakak semangat. Akhirnya tanpa ada niat untuk numpang ngetop, kami mengganti nama panggilan Arjuna menjadi Juna.

Sebenarnya yang saya mau ceritakan di sini bukan soal nama panjang atau nama panggilan. Cerita yang akan saya bagikan buat pembaca blog dan khususnya penggemar   Tango Wafer adalah sebuah kepedulian yang lahir dari si kecil Juna.

Kepedulian Juna terhadap lingkungan sosialnya sudah mulai keliatan sejak dini. Ini terbukti jika dia sedang bermain dengan teman-teman kecilnya, Juna tidak pelit untuk meminjamkan mainannya. Juna juga tidak pandang bulu jika mau meminjamkan mainannya. Misalnya nih, meskipun teman mainnya anak perempuan, Juna langsung meminjamkan mainan kereta api yang sedang dimainkannya. Jadilah si anak perempuan itu terbengong-bengong, bingung harus main dengan kereta api. Maklum Juna adalah penggemar mainan berbasis alat transportasi, khususnya kereta api.

Juna001a

Asyik dengan mobil-mobilannya

Nah, sekarang saya  coba mengulas sedikit tentang kepandaian Juna ya…

Sejak umurnya 2 tahun, Juna sangat antusias dengan mobil yang berseliweran di jalan raya. Melihat gelagat positif tersebut, kami terutama saya mulai mengajarkan Juna untuk mengenal alat transportasi dan deretan mobil mewah.  Setelah proses pengajaran yang nggak serius, Juna hapal beberapa nama mobil beserta merknya.  Hanya dengan berbekal logo sebuah mobil, Juna bisa menyebutkan merk dan jenis mobil tersebut, hebatkaaaaaaan…!

Sekalipun kata-katanya belum lancar, Juna bisa mengucapkan Traktor, Crane, Bajaj, Taksi dan sebagainya. Kebayangkan lucunya Juna menyebutkan alat-alat tersebut dan kepandaiannya. Yah, namanya juga anak masih dua tahun, belum lancarlah bicaranya.

Sekarang kembali ke masalah kepedulian Juna, melihat begitu ia sangat peduli pada teman-teman kecilnya, kami hanya bisa tersenyum. Jujur, semua yang dilakukan oleh Juna tidak pernah kami ajarkan sebelumnya. Oleh karena itu kami merasa sangat bangga pada Juna, skill emotionnya sudah tumbuh tanpa pengajaran.

Juna memiliki banyak mainan, seperti yang sudah saya ceritakan di atas, mainan yang paling digemarinya adalah alat transportasi seperti kereta api, pesawat terbang, mobil balap dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya sudah kurang diminati, mungkin karena bosan. Jika sudah demikian mainan tersebut disimpan dan nantinya akan diberikan pada anak lain.

juna002

Ini loh kereta api favoritnya !

Juna003

Dengan pesawat terbang mainannya

Apabila mainan tersebut akan diberikan pada anak lain, sayapun akan menanyakan lebih dulu pada Juna, apakah mainannya boleh diberikan pada anak lain nggak ? Pertanyaan yang sederhana itu akan dijawab oleh ucapan lucunya,”Boleh mamaaaaa….?”jawab Juna sambil terus asyik bermain.

Juna005

Belajar bentuk dengan balok

Bukan hanya mainan Juna juga punya beberapa pakaian layak pakai loh ! Semuanya masih terawat dengan baik dan disimpan dengan baik pula. Oh ya, Juna juga punya dua orang kakak, namanya Kak Rafa (10 thn) dan Mas Bimo (8 thn). Kedua kakak Juna ini senang membaca, jadinya banyak sekali buku ceritanya. Kak Rafa sesekali sering membacakan buku cerita pada Juna, Junapun sangat menikmati cerita yang dibacakan oleh Kak Rafa. Dan  dua orang kakak Juna ini juga senang berbagi dengan siapapun.

Juna004

Kalau ga ada kakak aku baca sendiri loh…

Nah, akhir cerita ini selain Juna memang senang berbagi, Juna juga ingin sekali berbagi sama teman-teman kecil Juna yang jauuuuuuh dari Jakarta, yaitu di Pulau Nias. Sayang ya, mereka semua jauh, kalau mereka semua dekat dengan rumah Juna, maka Juna akan main dengan mereka.

Tapi ga apa-apa deh, nanti Juna mau kirim mainan dan buku cerita buat teman-teman Juna yang jauh itu. Nanti Juna mau bilang sama Kakak Rafa dan Mas Bimo boleh nggak buku ceritanya diberikan untuk teman-teman Juna yang ada di Pulau Nias itu. Walaupun Juna sendiri belum tau Pulau Nias itu di mana sih ?

Juna006

Narsis dalam sebuah event

Mudah-mudahan teman-teman yang tinggal di Pulau Nias pada sehat semua ya, supaya bisa main bersama. Oh ya Juna juga mau ajak teman-teman kecil dan besar untuk berbagi mainan dan buku cerita. Kasian kan teman-teman Juna yang nggak bisa main dan membaca buku. Yuk, kita dukung kegiatan yang dilakukan oleh Tango Wafer ini. Juna, Kakak dan Mas juga suka loh makan Tango Wafer. Oke deh teman-teman tunggu kiriman dari Juna yaaaaa…..

Rafa001

Kakaaaaaaak bagi dooooong…

tango

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s