RM Torani Gudangnya Penggila Seafood


“Sok tau lu, emangnya dah pernah ke sono ?

“Belum !”jawabku singkat.

“Trus tau darimana kalau RM Torani gudangnya seafood ?”tanya temanku lagi.

“Ya…elah, hari gini masih kudet aja. Ya… dari internetlah. Buka internetnya, cari websitenya www.toranifood.com, liat-liat deh menu yang ada di situ. So pasti semua menu seafoodnya bikin ngecesssss…..,”kataku panjang lebar.

“Hoalah, rumah makan aja punya website segala, jangan-jangan punya Twitter dan Facebook juga,”komen temanku lagi.

“Iya…dong, twitternya @RM_Torani sedangkan facebooknya Toranibpn,”timpalku.

“Emang kenyang cuma liat di websitenya doang,”serang temanku.

“Ya…nggak lah, makanya harus datang ke sana,”kataku akhirnya.

torani005


Sebagai penggila makanan seafood, rasanya RM Torani ini bisa dicoba semua menunya. Sejak menang di Festival Kuliner Balikpapan tahun 2006, RM Torani ini terus menunjukkan perkembangan usahanya. Setelah cukup banyak dikenal masyarakat Balikpapan, Bang Jaka begitu panggilan akrab sang owner RM Torani ini terus menginovasi resep-resep masakan seafoodnya. Jadi bagi penggila seafood jangan bilang ‘penggila’ sebelum mencoba seafood di RM Torani ini.

Sekilas Tentang Berdirinya RM Torani

Bang Jaka bukanlah orang baru dalam bisnis seafood, pada tahun 2001 pernah menekuni usaha penjualan kepiting dan udang di Jakarta berskala ekspor. Sebagaimana pikiran seorang pengusaha, tentunya Bang Jaka ingin meluaskan usahanya itu. Jadilah dia melakukan ekspansi ke Balikpapan dan membuka RM Torani ini. Salah satu syarat penting untuk memulai bisnis rumah makan tentu saja pemilihan tempat yang strategis. Setelah disurvey di beberapa lokasi, rasanya daerah stall kuda menjadi pilihannya, alamat lengkapnya Jl. Jend, Sudirman No. 73, Seberang Pengadilan Negeri, Balikpapan. Oh iya, sebelum mendirikan rumah makan di stall kuda ini, Bang Jaka pernah membuka lapak berupa warung tenda juga loh, tempatnya di Balikpapan Permai.

Dengan kata lain RM Torani yang di stall kuda ini adalah pengembangan usahanya Bang Jaka. Hebat kannnn ? Eiiiiiiiittt…ada lagi nih, berkembangnya usaha Bang Jaka ini dilakukan dengan kerja keras dan pantang menyerah. Jatuh bangun dalam sebuah usaha bagi Bang Jaka itu mah sudah biasa, yang penting bangkit dan bangkit lagi. Nah, bagi calon enterpreuner muda, terutama kawula muda di Balikpapan, rasanya Bang Jaka ini patut dijadikan contoh. Makanya sering-sering deh makan di RM Torani ini dan ngobrol sama Bang Jaka ( sssssttt…kalau nggak sibuk ya ). Bang Jaka juga nggak pelit ko untuk berbagi resep kesuksesannya, asal jangan minta resep masakannya loh !

 

torani004

Gerbang masuk RM Torani ( Sumber Gambar )

Melongok Area Makan RM Torani

Jangan terkecoh melihat penampakan RM Torani dari depan ya, setelah masuk ke dalamnya ternyata rumah makan ini sangat luas. Kapasitas pengunjungnya bisa sampai ratusan orang loh. Rumah makan yang mengusung tema tradisional ini terlihat nyaman dan bersih. Kayaknya Bang Jaka penyuka barang antik dan unik nih ketimbang modern, hal ini terlihat dari meja dan kursi yang tertata. Bagi penggila seafood, yang penting rasanya bukan meja atau kursi, buktinya aja makan ikan bakar di pinggir pantai jauh lebih nikmat daripada di resto modern. Di sisi pinggir berjejer tumpukan piring keramik putih, bersih dan mengkilap.

Setelah melintasi area makan yang cukup luas, saya mau melongok ke area dapur. Aiiiiih…ngapain sih pake ke dapur segala ? Langsung ke menunya aja kali, dah nggak sabar mau liat menu-menu RM Torani ini. Sabar…sabar…ya, rasanya ko nggak afdol kalau belum liat dapurnya, sebentar aja ko nggak lama-lama. Peralatan masaknya juga terlihat modern, nah kan ternyata Bang Jaka memutar konsep rumah makannya. Di area makan Bang Jaka menampilkan suasana tradisional tapi di dapur semuanya dibuat serba modern, terutama peralatan untuk hidangan steamboat.  Maksudnya apa ya ? Hmmmm…coba menebak ah, mungkin maksudnya agar proses memasak bisa jadi lebih cepat dan pengunjung tidak menunggu terlalu lama. Bang Jaka sadar betul, bahwa pengunjung yang datang itu dalam keadaan lapar dan ingin segera makan. Betul begitu kan Bang ? Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung bisa dengan nyaman duduk sambil menoton TV LCD lebar. Cucok deh…!

torani002

Tumpukan piring bersih dan tertata rapi ( Sumber Gambar )

Menu Andalan Lahir Dari Sebuah Ketelatenan

Akhirnya sampailah pada menu yang ditunggu-tunggu di RM Torani, sepertinya menu andalan dari RM Torani ini sudah didisplay tepat di gerbang masuk resto. Dua menu andalannya yaitu Bandeng Tanpa Duri dan Kepiting Saos. Terus terang aja, saya juga baru pertama kali mendengar Bandeng Tanpa Duri, biasanya yang sudah terkenal adalah bandeng duri lunak. Ternyata usut punya usut, Bang Jaka lah orang pertama di Balikpapan yang mempelopori Bandeng Tanpa Duri. Kehadiran Bandeng Tanpa Duri ini cepat sekali mendapatkan respon dari masyarakat Balikpapan. Bang Jaka memang piawai dalam menjajaki selera masyarakat Balikpapan, buktinya sekali luncur, Bandeng Tanpa Duri ini langsung disambut hangat oleh masyarakat Balikpapan karena dirasa sangat cocok di lidah mereka. Bahkan sampai sekarang ( sudah 6 tahun ) Bandeng Tanpa Duri ini telah menjadi santapan wajib bagi pecinta kuliner Balikpapan.

torani006

Bandeng Tanpa Duri bakar, hmmm… ( Sumber Gambar )

Hampir semua restoran seafood selalu memiliki masakan kepiting yang dimasak dengan berbagai macam saos. Demikian pula halnya dengan RM Torani, Kepiting Saos Lada Hitam adalah menu masakan yang paling sering dipesan oleh pelanggan. Sayangnya tidak ada informasi tentang darimana kepiting ini didapat. Kepiting dengan olahan aneka saos sudah menjadi menu umum, akan tetapi di tangan Bang Jaka tentu saja olahan kepiting saos di RM Torani rasanya menjadi lain. Selain resep-resep andalan untuk kepiting saos, Bang Jaka memiliki menu lain dalam olahan kepiting, yaitu Pepes Kepiting. Mendengar Pepes Kepiting yang timbul dalam benak saya adalah memakan kepiting berikut cangkangnya. Wuihhhh…apa enaknya tuh !

torani007

Kepiting Saos, yummy… ( Sumber Gambar )

Eh, nanti dulu ternyata Pepes Kepiting hasil inovasi Bang Jaka ini adalah daging kepiting yang sudah dipisahkan dari cangkangnya. Ah, Bang Jaka ini telaten banget ya, duri bandeng dicabutin, cangkang dilepasin, namun pada akhirnya ketelatenan ini berbuah manis. Pepes Kepiting dan Bandeng Tanpa Duri menjadi “Trending Topic” bagi kuliner Balikpapan.

pepes2

Pepes Kepiting, syurrr…glek…glek…( Sumber Gambar )

Di samping menu andalan, menu-menu lain juga patut dicoba, ada udang, cumi, lobster dan sebagainya. Semua hasil laut ini bisa diolah dengan cara dibakar, goreng biasa, goreng tepung serta dikukus atau rebus tergantung permintaan dari pelanggan. Penggila seafood bilang makan seafood itu harus berani sambal, lagi-lagi Bang Jaka menangkap selera pelanggan dan memenuhinya dengan koleksi aneka saos serta sambal, sebut saja ada sambal terasi, dabu-dabu dan fufufu.

Nah, jadi ngecesss kan ? Jangan cuma ngeces ayo serbu restorannya Bang Jaka alias RM Torani…

Rasa Internasional Harga Lokal

Setelah mengetahui detail menu dan cita rasa dari RM Torani, kayaknya belum komplit kalau belum diberi slogan yang tepat. Adapun slogan yang pantas disandang RM Torani, adalah “Rasa Internasional Harga Lokal”. Slogan ini tidak mengada-ada, rasa dari olahan seafood di RM Torani berselera Internasional. Sedangkan harga yang ditawarkan adalah harga lokal, jika di beberapa resto lain berslogan ada rasa ada harga, maka hal itu tidak berlaku di RM Torani. Rasa yang didapat melebihi dari harga yang dibayar, dengan kata lain pelanggan dapat menikmati sebuah petualangan makan seafood tanpa merogoh kocek banyak. Bayangan yang selama ini menghantui masyarakat khususnya Balikpapan bahwa makan seafood itu mahal sudah pupus, karena hal itu tidak berlaku di RM Torani. Masyarakat Balikpapan bisa membanding harga RM Torani dengan rumah makan lain yang sejenis. Pasti tidak akan sebanding dengan RM Torani, meskipun mendapatkan harga lebih murah tapi tidak sebanding dengan rasanya. Pokoknya kalau kamu benar-benar penggila seafood, maka RM Torani harus dijajal soal rasa dan harga. Selain perut kenyang maka hatipun senang, soal rasa penggila seafood tidak pernah bohong !

Kehadiran RM Torani menambah jejeran kuliner Balikpapan semakin variatif dan kreatif, di rumah makan ini seafood yang biasa bisa diolah menjadi luar biasa. Pada dasarnya masyarakat Indonesia memang menyukai olahan berbahan dasar dari laut. Hanya saja kebanyakan orang masih belum bisa kreatif dalam mengolah hasil laut tersebut, paling hanya dibuat ikan asin selebihnya sarden. Sayang kan jika negara penghasil laut terbesar seperti Indonesia masih sangat minimal dalam pengolahan hasil lautnya. Ntar jangan-jangan peluang ini diserobot oleh negara lain. Oleh sebab itulah nggak ada salahnya jika masyarakat Indonesia mulai berpikir kreatif untuk mengolah hasil laut agar bisa dinikmati seluruh masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Bang Jaka ini.

Nggak percaya ? Datang aja ke RM Torani, temukan sendiri sensasi rasa dan harga seafoodnya……

Yang Beda Di RM Torani

Kepiting saos ada, cumi goreng tepung ada, ikan bakar juga ada, rasanya nggak ada yang beda dari rumah makan seafood lainnya. Trus apa dong bedanya ? Ehmm…tunggu dulu ada yang beda loh di RM Torani ini. Mau tahu apa mau tahu banget ?

Ya, ada menu dengan nama Steamboat, apaan sih steamboat itu ? Steamboat itu adalah olahan hasil laut yang dibekukan, karena beku otomatis harus disimpan dalam freezer. Contohnya ada cumi, udang, kepiting, aneka ikan, lobster yang semuanya dalam keadaan beku. Sekalipun hasil lautnya dalam keadaan beku tidak mengurangi tingkat kelezatannya loh ! Apa pasal ? Tentu saja dari cocolan sambal yang dibuat sendiri, pokoknya mau fresh atau beku soal rasa tetap sama. Ah, Bang Jaka ini ada-ada aja ya, kreatiiiiiiiiiiif banget. Cara penyajian menu ini juga hampir sama, setelah melalui proses masak seperti direbus, bakar atau goreng, maka pelanggan sudah dapat menikmatinya dengan cocolan sambal. Sambal yang disuguhkan juga sangat variatif, kurang lebih ada 5 macam sambal.

ikan segar

Ikan segar ( Sumber Gambar )

torani003

Aneka seafood beku di dalam frezeer ( Sumber Gambar )

torani008

Aneka steamboat yang sudah terhidang (Sumber Gambar )

torani001

Penyajian ala steamboat ( Sumber Gambar )

torani009

Proses merebus aneka steamboat ( Sumber Gambar )

Olahan steamboat ini juga telah menjadi menu favorit di RM Torani, karena anak-anak yang biasanya susah makan ikan, dengan menu steamboat mereka langsung makan dengan lahap. Itulah sebabnya kenapa menu steamboat ini menjadi menu favorit, karena disukai oleh semua kalangan.

Mau coba menu olahan Steamboat ? Langsung aja meluncur ke RM Torani, ayo buruaaaaaannn…..

2 thoughts on “RM Torani Gudangnya Penggila Seafood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s