Indonesia Hebat di Mata Seorang Blogger

 

Indonesia Hebat ! Kalimat motivasi ini sudah sejatinya terpatri di dalam dada setiap anak bangsa. Menggaungkan kehebatan sebuah Negara sekelas Indonesia menjadi kewajiban rakyat negri ini. Bukan cuma menggaungkan tapi juga menunjunkkan bahwa Indonesia memang hebat. Banyak sekali hal-hal yang membuktikan kehebatan Indonesia, dari peninggalan sejarahnya, kultur budaya, pesona alam berikut kekayaannya berupa flora dan fauna, dan tentu saja sumber daya manusianya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sekelumit kehebatan dari sumber daya manusia, tentang bagaimana sebuah keterbatasan tidak menghalangi untuk melahirkan kehebatan.

Hebat tidak melulu dinilai dari sudut pandang kesempurnaan, karena pada dasarnya tidak ada yang sempurna di bumi jagat raya ini. Keterbatasan yang dimiliki oleh beberapa saudara kita sebangsa dan setanah air ini, sangat memotivasi dan menginspirasi untuk menunjukkan kehebatan Negara ini. Kehebatan yang lahir dari sebuah kesempurnaan dan kelebihan itu sudah menjadi wacana yang wajar. Namun apabila kehebatan itu lahir dari sebuah keterbatasan maka jadinya adalah sebuah pencapaian luar biasa, lebih luar biasa lagi karena itu semua dilakukan oleh saudara sebangsa, di negri sendiri Indonesia.

Indonesia Hebat memang tidak lahir atas imajinasi atau sekedar membalikkan telapak tangan saja. Tapi dengan ketulusan sebuah niat untuk membangun negri lebih baik dan lebih maju lagi. Di tengah hiruk pikuk persoalan bangsa yang sangat pelik karena banyaknya orang yang berselimut “ingin membangun bangsa” tapi justru menjungkir balikkannya, maka masih ada orang berniat tulus. Tulus membangun negri tanpa pamrih dan upah, laiknya para pahlawan sebelum negri ini merdeka. Mereka berbuat bukan untuk dikenal lewat liputan media dan sodoran mic tapi mereka berbuat untuk kemakmuran.

Mereka ikhlas menepis segala kekurangan dan pencitraan diri, karena mereka juga tak luput dari episode berdarah sebuah perjuangan yang panjang. Nah, berikut ini saya paparkan kehebatan yang lahir dari sebuah keterbatasan milik seseorang dari ratusan juta penduduk Indonesia. Mereka yang secara tidak langsung telah mengukir nama sehinga Indonesia Hebat adalah :

Penemu Pepaya Calina, Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS

Bagi penggemar buah papaya atau papaya, pastinya tidak asing lagi mendengar buah ‘Pepaya California’. Buah papaya California yang berukuran lebih kecil dari papaya jenis lain ini, memiliki rasa dominan manis. Kehadiran papaya California di jagat perkebunan Indonesia ini memberikan peluang besar bagi petani dan pedagang buah. Alasannya yaitu bahwa konsumen menginginkan buah papaya dengan ukuran kecil, agar bisa dikonsumsi sekaligus. Siapa nyana bahwa sebenarnya papaya California ini adalah papaya ASLI INDONESIA dan BUKAN IMPORT ! Pepaya yang memiliki nama asli papaya callina ini telah berganti nama ketika masuk ke supermarket besar. Adapun penggantian nama ini adalah untuk mendongkrak penjualan papaya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia masih menganut arus kebarat-baratan. Pokoknya segala sesuatu yang berbau impor pasti laku dipasaran, meskipun itu berasal dari dalam negri.

Siapakah orang di balik papaya callina itu ?

Berkat keuletan dan ketelatenan dari seorang dosen di Intitut Pertania Bogor ( IPB ) Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS telah bersusah payah selama 7 tahun melakukan penelitian dan pemuliaan atas bibit papaya yang ditemukannya di sebuah kebun milik Pak Okim di wilayah Bogor. Varietas hasil penemuannya ini diber nama ‘Pepaya Callina’ dan setelah dipasarkan ke supermarket berubah nama menjadi papaya California. Image yang diciptakan memang jadinya membanggakan Negara lain, padahal papaya ini adalah temuan dari seorang perempuan yang mengabdikan dirinya menjadi seorang dosen.

Atas ketekunannya dalam pemuliaan buah lokal itu, Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS mendapat sejumlah penghargaan dari berbagai kalangan. Di antaranya penghargaan Rektor IPB, penghargaan Riset Unggulan Strategi Nasional (Rusnas Award 2004) dari Kementerian Riset dan Teknologi, Satyalencana Karyasatya dari Presiden RI tahun 2006, Penghargaan Kepedulian dan Penegakan HaKI dari Presiden RI tahun 2007, Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa tahun 2009, dan tahun 2010 ia mendapat penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Terkait profesinya sebagai dosen, Sriani juga pernah mendapat penghargaan sebagai Dosen Berprestasi IPB tahun 2006 dan juga Dosen Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun yang sama.

Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS adalah salah satu masyarakat hebat, kecintaannya pada Indonesia ditunjukkannya dengan kerja keras dan keuletan. Semua kerja kerasnya itu diperuntukkan agar petani Indonesia lebih maju dan Berjaya di negrinya sendiri. Sriani juga berusaha mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai buah lokal, sehingga mereka tetap memilih buah lokal meskipun harganya lebih mahal dari buah impor. Selain itu dia juga berharap bahwa kebergantungan pada produk impor dapat dihilangkan, atau setidaknya dikurangi sehingga ketahanan dan kedaulatan pangan kita dapat diwujudkan. Sayang sekali beliau sudah meninggalkan kita untuk selama-lamanya, meninggalkan Indonesia dengan memberikan nama harum negri ini. Innalillahi wa innailaihi rajiun…

Pendidik Tangguh, Een Sukaesih

Tidak ada yang istimewa memang bagi Bu Een, demikian biasa dia dipanggil. Wajar saja kalau ada anak-anak di sekitar tempat tinggalnya datang padanya ingin belajar, karena Bu Een adalah lulusan Universitas Pendidikan Bandung. Hal itu akan menjadi tidak wajar dan bahkan menjadi luar biasa, karena Bu Een mengajar dalam keadaan terbaring. Mengapa ? Ya, Bu Een telah didiagnosa menderita penyakit Rheumatoid arthritis (RA) yang menyebabkan kelumpuhan pada seluruh tubuhnya. Selama 32 tahun menderita penyakit itu dan 26 tahunnya lumpuh, merupakan sebuah cobaan berat yang harus diterimanya. Gelar kesarjanaannya menjadi sia-sia, karena Bu Een tidak bisa beraktifitas seperti kebanyakan orang.

Tapi apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang tidak seperti yang dipikirkan oleh Bu Een, keterbatasan fisik ditambah lagi harus merasakan sendi-sendinya sakit tidak menjadikan Bu Een patah arang. Awalnya ada seorang anak SD yang menanyakan soal PR pada Bu Een, dari situlah akhirnya semua anak yang ada di sekitar tempat tinggal Bu Een belajar padanya. Bukan hanya pelajaran sekolah saja, pelajaran lain juga diajarkan oleh Bu Een, sebut saja menari, yang nota bene Bu Een tidak bisa bergerak. Namun semangat dan keikhlasan Bu Een membuat dirinya terus berpikir untuk melakukan yang terbaik dan pencapaian maksimal.

Sekali lagi, Bu Een adalah satu dari sekian ratus juta penduduk Indonesia yang membuktikan bahwa Indonesia Hebat. Sementara di bumi lain, saya banyak menyaksikan orang yang seusia Bu Een, tengah asyik menikmati hari tuanya dengan keliling dunia atau mengerjakan hobynya. Tapi hal ini tidak berlaku bagi Bu Een, di tengah keterbatasan fisik dan penyakit yang dideritanya Bu Een masih  sanggup mengajar agar anak-anak Indonesia bisa lebih baik. Semangat Bu Een tak terbendung dengan keinginannya mengajar. Baginya ilmu harus terus dibagikan sekalipun raga tak cukup kuat menopang. Prinsip hidupnya adalah bahwa hidupnya selalu menyusahkan orng lain, maka dari itu dia ingin melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

Sungguh sebuah perjuangan masa kini yang menginspirasi, bukan saja untuk orang yang sependeritaan akan tetapi terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan prima. Bu Een telah menunjukkan bagi kita dan bagi bangsa ini, bahwa keterbatasan dan penyakit bukanlah halangan orang untuk mengabdi dan memberi. Sampai pada akhirnya sebuah stasiun TV Swasta memberikan gelar sebuah penghargaan atas pengabdiannya. Penghargaan yang tidak pernah dibayangkan oleh Bu Een, karena bayangannya selama ini adalah mengajar dan terus mengajar. Selamat buat Bu Een sebagai Pendidik Tangguh ! Indonesia bangga memiliki mu, karena mu Indonesia jadi hebat !

Pembicara International Muda, Gayatri Wailissa ( 16 tahun )

Apa yang terlintas dalam benak Anda setelah menyaksikan tayangan video tersebut ? Bangga, sudah pasti dan siapa sangka kalau remaja tersebut berasal dari suku Indonesia bagian timur yaitu Ambon. Gadis belia ini lahir dari sebuah keluarga sederhana dan jauh dari kehiruk pikukan kota Metropolitan. Namun apa yang dilakukannya sanggup mengguncang dada setiap orang yang mengenalnya. Sekalipun Gayatri lahir dari suku paling timur, namun prestasi yang disandangnya melebihi anak remaja yang tinggal di Ibu Kota, dengan segala atribut perkotaannya. Gayatri mahir berkomunikasi dengan menggunakan 14 bahasa Asing. Debut Gayatri di kancah dunia Internasional telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Di tengah ketakutan bangsa ini akan hancur karena para pemimpinnya sibuk dengan pencitraan, sibuk memprebutkan kekuasaan, sibuk korupsi, muncul perasaan optimis. Sebab ada sejumlah anak muda yang dalam usia mereka yang masih belia sudah menunjukkan prestasi Internasional. Mereka adalah generasi muda yang kita harapkan mengubah wajah Indonesia di dunia Internasional ke arah yang lebih baik. Salah satu harapan dari mereka adalah Gayatri Wailissa. Gayatri telah mewakil Indonesia untuk Duta Anak tingkat ASEAN. Ia bahkan menjadi delegasi tunggal (anak) Indonesia yang mewakili Konferensi ASEAN tahun 2012 di Thailand dan delegasi tunggal (anak) Indonesia dalam konferensi ASIA-Pasifik tahun 2013 di Nepal. Di konferensi tersebut, Gayatri kerap mempresentasikan isu-isu dan solusi terkait permasalahan anak.

Dia usianya yang terbilang muda, 16 tahun, Gayatri tidak hanya piawai menjadi pembicara di berbagai konferensi tingkat Internasional. Namun ia juga berprestasi di bidang lainnya di antaranya juara medali perunggu Olimpiade Sains Astronomi 2012 serta Duta Tunas Muda Pemimpin Indonesia 2013. Di waktu luangnya, Gayatri juga aktif diberbagi bidang diantaranya adalah instruktur teater, penyiar radio, penerjemah bahasa, dan bahkan menulis berbagai karya sastra.

Gayatri memiliki motto dalam hidup, “tidaklah penting siapa kita, yang terpenting adalah apa yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan apa yang mampu kita perbuat”. Gayatri, anak cerdas dan berbakat ini menunjukkan bahwa siapapun dapat maju asal beusaha dengan sungguh-sungguh. Gayatri telah membuktikan Indonesia Hebat karena memiliki remaja tangguh, tidak cengeng dan selalu optimis dalam berkarya. Bravo Gayatri ! Semoga akan muncul Gayatri lain dari seluruh pelosok Nusantara.

Apa yang saya sajikan di atas hanya beberapa gelintir saja dari Indonesia Hebat, masih banyak lagi kehebatan Indonesia yang mungkin perlu perjalanan waktu panjang untuk mengungkapkannya. Rasanya bergolak darah ini bila mengungkapkan betapa banyak yang bisa digali dari kehebatan Indonesia. Wacana ini bergulat sudah sejak jaman dahulu, di mana nenek moyang bangsa ini dikenal dengan kehebatan kelautannya. Dari dulu, sekarang sampai kapanpun Indonesia akan terus berjaya di tengah kemajemukan. Kemajemukan inilah yang membuat Indonesia semakin hebat, karena begitu banyak yang bisa digali dari semua kekayaan. Nah, tunggu apa lagi ? Semua ada dan tersedia kini saatnya Indonesia mulai bergerak memacu diri dan olah pikiran untuk memaksimalkan segala karunia Allah Ta’ala. Semangat…..!

 

Sumber referensi :

 

 

 

kontes-blog-ind-hebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s