Jelajahi Bi – Pro Magazine Untuk Bisnis dan Promosi

Sejak tahun 1980 dunia digital sudah mulai merambah ke segala penjuru dunia. Perubahan yang diawali dengan lahirnya sebuah World Wide Web ( www ) ini telah mengubah teknologi analog menjadi teknologi digital. Sejak World Wide Web lahir, maka munculah situs-situs yang berbasis Teknologi Digital seperti blog, social media dan situs-situs berita. Dalam hal situs berita, saat ini kita tidak perlu lagi menunggu loper koran setiap pagi hanya untuk mendapatkan berita terhangat. Demikian pula untuk meng-update berita dengan segmen bisnis dan promosi. Hanya dengan sentuhan ujung jari kita sudah dapat mengetahui perkembangan bisnis serta promosi-promosi yang ada secara akurat.

Perkembangan dunia bisnis yang melesat dengan cepat sudah harus diantisipasi dengan sajian berita yang tak kalah cepat pula. Itulah sebabnya perjalanan situs berita dalam bidang informasi bisnis dan promosi harus seiring sejalan dengan perkembangan dunia bisnis itu sendiri. Untuk melengkapi dan menambah informasi dalam dunia bisnis dan promosi, maka lahirlah sebuah situs yang berbasis bisnis dan promosi bernama Bi – Pro Magazine. Situs yang memiliki nama kependekan dari Bisnis dan Promosi ini sangat mudah diingat dan dikenal. Situs ini memang masih terbilang baru, luncur pertama pada tanggal 11 Desember 2013 lalu. Tentunya dengan usia belia tersebut, situs Bi – Pro Magazine masih memerlukan pembenahan dan pengembangan dalam hal sajian beritanya. Akan tetapai di bawah Pimpinan Redaksi Khairul Amri Khairudin, yang memiliki jiwa muda dan semangat untuk maju, maka Bi – Pro Magazine akan menjadi situs yang layak diperhitungkan di masa mendatang.

pemred

Bukan hanya itu, kebutuhan internet saat ini sudah merupakan hal penting. Di manapun, kapanpun dan untuk urusan apapun penggunaan internet menjadi andalan utama terlebih lagi dalam soal bisnis dan promosi. Sejarah digital mencatat sudah begitu banyak bisnis yang di promosikan melalui internet meraih kesuksesan. Salah satu alasan bahwa internet mampu mendobrak bisnis menjadi sukses adalah respon masyarakat pengguna yang langsung bisa ditanggapi. Itulah sebabnya para pelaku bisnis jangan sampai ketinggalan informasi tentang bisnis. Dan yang tak kalah pentingnya pula, dalam menjalankan roda bisnisnya pasti tak luput dari promosi. Untuk itu informasi berupa promosi juga harus dipantau terus, di mana lagi kalau bukan di Bi – Pro Magazine.

Jelajahi Bi – Pro Magazine temukan segalanya…

Ketika Anda mengetikkan situs http://www.bipro-magazine.com di halaman Google, maka Anda akan langsung berhadapan dengan halaman muka berwarna biru menyala. Sebenarnya warna tampilan yang dipilih sangat menarik, tapi sayang dalam kategori saya terlalu terang atau menyala. Warna biru menyala ini sangat dominan sehingga mengaburkan sajian berita atau informasi yang ada. Sebagai halaman muka, tentu hal ini sah-sah saja, semua pasti tergantung pada selera pembaca. Toh, dalam hal ini yang dipentingkan adalah informasinya dan bukan warna tampilannya. Hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah mendapat masukan untuk tidak menggunakan warna menyala sebagai tampilan blog. Hal ini dikarenakan akan mengganggu para pembaca yang berkunjung ke blog. Jadi ada baiknya gunakan warna-warna yang menyehatkan mata, bukankah niat pengunjung itu untuk membaca ?

logo bipro

Di halaman muka ini Anda akan dihadapkan pada label yang terdiri dari : Home, Bisnis, Promosi, Priwisata, Info, Update, Contact Us dan Company Profile. Berikut saya akan kupas satu persatu dari konten-konten tersebut.

Home

Halaman pertama ini sebagai halaman muka dari situs    Bi – Pro Magazine.  Tampilan yang nampak dominan pada halaman ini adalah Headline News, ditampilkan dengan cara bergerak dari kanan ke kiri. Pembaca bisa memilih salah satu dari artikel Headline News, mana yang mau dibaca terlebih dahulu. Pada saat pertama kali saya berkunjung ke situs ini, saya tidak mengetahui bahwa artikel yang bergerak dari kanan ke kiri ini adalah artikel Headline News. Saya mengetahuinya setelah membaca kata ‘Headline News’ yang berada paling atas, di mana judul dari artikel itu muncul secara bergantian. Nah, dari situlah saya tahu bahwa artikel yang bergerak dari kanan ke kiri itu merupakan artikel Headline News.

headline news

Mungkin sebaiknya, agar informasi berupa Headline News ini cepat dapat diakses oleh pembaca, penempatan kata ‘Headline News’ yang berada paling atas diletakkan persis di atas kolom artikel Headline News. Sehingga dengan begitu para pembaca tidak terkecoh dengan berita Headline News, terutama bagi pembaca yang baru pertama kali berkunjung ke situs Bi – Pro Magazine.

Penampilan secara keseluruhan sudah memadai, akan tetapi ada beberapa spot iklan yang agak mengganggu pembaca, yaitu info tentang “Lomba karya tulis bloger dengan hadiah total puluhan juta rupiah” terlalu banyak. Belum lagi banner tentang lomba ini pun sangat mengganggu. Bayangkan saja, sedang enak-enaknya membaca artikel, tiba-tiba banner lomba itu muncul dan harus mengklik ‘close’ agar dapat meneruskan membaca. Selain itu spot beberapa iklan juga dirasa mengganggu, hal ini dikarenakan tulisan pada spot iklan tersebut ditulis dengan huruf warna-warni.

Bisnis

bisnis

Sesuai dengan nama labelnya, maka kolom bisnis ini berisi artikel tentang bisnis. Segala sesuatu tentang bisnis tertuang di sini. Namun, saat saya menelusuri satu persatu artikel bisnis ini, masih ada yang harus ditambah seperti : Tips berbisnis, Cara-cara memulai bisnis, Bisnis bagi pemula dan sebagainya. Biasanya pembaca media online akan mencari dua bahkan lebih keuntungan saat membaca sebuah artikel. Adapun keuntungan yang dicari oleh para pembaca situs online yaitu menambah informasi dan mendapat solusi atas kesulitan yang dihadapinya, dalam hal ini bisnis.

Promosi

promosi

Tidak seperti nama labelnya, kolom Promosi ini jauh dari apa yang dibayangkan oleh pembaca. Kolom ini bukan berisi tentang promosi sebuah produk atau jasa, melainkan artikel umum. Jujur saja, saat saya mengklik label promosi dan menelusuri beberapa artikelnya, saya sempet dibuat heran karena saya tidak menemukan artikel yang berkaitan dengan sebuah promosi produk atau jasa. Saran saya untuk label promosi ini diperbanyak artikel yang berkaitan dengan promosi. Misalnya saja, mempromosikan tentang produk Made in Indonesia yang sudah Go International atau dalam bidang jasa, misalnya Asuransi Jiwa dan lain sebagainya. Selain itu dapat juga berisi artikel tentang Etika Berpromosi atau cara-cara promosi yang dapat memikat konsumen.

Pariwisata

Hampir semua situs media online yang pernah saya kunjungi, berisikan konten tentang Pariwisata pada situsnya. Hal ini dikarenakan dunia Pariwisata sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat banyak. Oleh sebab itu para punggawa media online tersebut, selalu memberikan kolom khusus buat Pariwisata. Pada situs Bi – Pro Magazine saya juga menemukan tentang seluk beluk Pariwisata, hanya saja harus dapat dimaklumi, artikelnya masih sedikit. Bahkan ada satu artikel yang saya rasa tidak perlu dimuat karena tidak memberikan informasi tentang pariwisata. Berkaitan dengan hal ini, saya sarankan agar para admin Bi – Pro Magazine ini bisa memilah-milah mana artikel Pariwisata yang dapat memberikan informasi lengkap dan mana yang tidak. Seperti yang sudah saya kutipkan sebelumnya, bahwa pembaca situs online tidak hanya mencari satu keuntungan saja. Konten tentang Pariwisata ini sangat banyak yang bisa dieksplor menjadi tulisan, seperti tempat-tempat wisata, tempat menginap, wisata gunung, laut, hutan, dan sebagainya. Atau karena Bi – Pro Magazine  ini merupakan situs promosi dapat juga mempromosikan tempat wisata yang baru dan unik.

pariwisata

I n f o

Pada label Info masih dibagi lagi dalam beberapa sub menu yang terdiri dari Produk, Fashion, Kuliner, Budaya dan Hotel. Secara garis besar semua artikel yang terdapat pada sub menu tersebut menginfokan segala sesuatu yang berkaitan dengan sub menunya.

Update

Sama dengan label Info, Update juga terbagi dalam beberapa sub menu lagi, yaitu Perbankan, Investasi, Properti, Socmed dan Hiburan. Isi artikelnya pun sesuai dengan judul sub menu yang diberikan. Yang mau saya garis bawahi pada konten Update ini adalah saya menemukan sebuah artikel pada sub menu Investasi yang sudah kadaluarsa beritanya. Sebaiknya artikel yang sudah kadaluarsa ini dihapus, apalagi artikel tersebut menyangkut informasi bisnis. Bukankah informasi bisnis itu harus selalu baru dan sudah semestinya disesuaikan dengan penamaan labelnya yang Update. Sebagaimana yang saya alami, bahwa biasanya tiap artikel itu hanya berusia paling lama seminggu, dan tidak sampai berbulan-bulan. Para pembaca situs online pada umumnya selalu mencari berita terhangat, itulah salah satu keajaiban internet selalu terdepan dalam segi informasi. Sekali saja pembaca menemukan artikel yang sudah basi maka akan menurunkan minat untuk tidak membuka kembali situs tersebut.

investasi

Selain sub menu Investasi, masih ada sub menu yang harus diperbanyak lagi artikelnya yaitu Properti. Sebagaimana kita ketahui, bahwa properti itu tidak hanya menyangkut tempat tinggal saja. Masih banyak properti yang bisa diinformasikan dengan lugas dan akurat seperti ruko ( Rumah Toko ), rukan ( Rumah Kantor ), gedung, gudang dan lain-lain. Menampilkan artikel tentang problematika Properti berikut pemecahannya juga akan mendapat nilai lebih dari sub menu tersebut.

Kegalauan saya pada sub menu Properti terbayar pada saat saya melihat sub menu tentang Socmed. Sejatinya sebuah situs online harus menyediakan artikel yang berbau tentang Socmed ini. Dan lagi-lagi sebuah pengalaman pribadi, bahwa artikel tentang Socmed ini juga merupakan artikel yang paling diburu oleh pembaca situs online. Sedikit saran dari saya, perbanyaklah artikel yang menyangkut seluk beluk tentang penggunaan Socmed. Atau bisa juga artikel yang memuat tentang Informasi teknologi lainnya, seperti SEO, cara-cara meningkatkan page rank dan sebagainya. Pada sub menu Socmed saya juga menemukan artikel yang seharusnya memiliki konten tersendiri, yaitu tentang Kesehatan. Karena artikel ini tidak seharusnya berada pada sub menu Socmed. Pengertian Socmed pada umunya yaitu segala sesuatu yang menyangkut bidang Social Media seperti Facebook, Twitter atau Blog. Saat ini orang sudah banyak yang meminati dunia perblogingan, jadi manfaatkanlah kesempatan ini untuk mengupas tuntas tentang blog. Artikel yang ditulis bisa berupa cara membuat blog bagi pemula dan seterusnya, karena ilmu tentang ngeblog ini sangat banyak.

sosial

Perlu diingat, label Update ini akan menjadi label yang paling diminati oleh pembaca selain Bisnis dan promosi. Oleh sebab itu tampilkan se Update mungkin berita-berita yang secara khusus mengarah ke sana.

Contact Us

Seperti kebanyakan situs online pada umumnya, label Contact Us berisikan tentang pelayanan di mana para pembaca dapat berinteraksi secara langsung pada admin dari Bi – Pro Magazine. Menurut saya, usia lima bulan dari sebuah situs online sebesar ini sudah waktunya menambah konten di Contact Us. Bukankah saat ini sudah ada puluhan jejaring sosial yang bisa dibuat untuk memberitahukan keberadaan Bi – Pro Magazine. Beberapa di antaranya seperti Instagram, Path, Pinterest, Linkeldn dan sebagainya. Dengan menambahkan jejaring sosial tersebut, maka dimungkinan dapat menarik pembaca sebanyak-banyaknya.

Company Profile

Dalam label ini berisikan tentang proses peluncuran dari situs Bi – Pro Magazine, sebaiknya ditambah pula dengan misi dan visi karena keberadaan misi dan visi dapat menambah kepercayaan pembaca. Saya juga baru mengetahuinya beberapa waktu lalu, bahwa misi dan visi dalam sebuah situs online ini memegang peranan penting. Hal ini saya ketahui saat saya menghadiri sebuah undangan yang diadakan oleh sebuah situs online berbasis berita umum. Situs tersebut mengajak pembaca untuk hadir di kantor fisik mereka, dan para admin dengan suka cita membeberkan tugasnya masing-masing. Memang sih situs online tersebut sudah berjalan hampir lima tahunan. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat Bi – Pro Magazine akan mengikuti jejak yang sama. Acara ini juga dapat mempererat hubungan antara admin dan pembaca yang notabene hanya berinteraksi di dunia maya.

Penjabaran saya tersebut adalah berasal dari pendapat pribadi, saya yakin dalam sebuah kesuksesan mustahil tidak ada kritik dan saran. Justru menerima kritik dan saran dari pembaca merupakan kunci dari sebuah kesuksesan. Selain hal-hal tersebut di atas, masih ada beberapa konten lagi yang akan saya cermati. Berikut konten-konten yang akan saya cermati itu…

Spot Iklan

iklan

Spot iklan yang tertangkap oleh mata saya pada situs ini sangat mencolok, bukan saja dari segi warna warni huruf akan tetapi saya mendapati spot iklan yang bergerak. Rasanya belum selesai membaca sebuah artikel mata sudah terasa lelah, hal ini mengakibatkan saya buru-buru menyudahi membaca. Salah satu kekurangan membaca berita atau artikel lewat layar kaca seperti laptop, PC, atau Handphone adalah mata akan cepat lelah, berbeda pada saat membaca berita pada media cetak. Mudah-mudahan hal ini akan menjadi perhatian serius bagi admin Bi – Pro Magazine. Demikian pula dengan spot iklan dengan huruf warna warni, mungkin penggunaan huruf warna warni lebih diminimalkan.

Konten Video

video

Selain terlalu kecil, konten video ini juga menempati posisi yang kurang beruntung. Saya menemukan konten video ini setelah beberapa kali menelusuri halaman muka. Menurut saya, konten video ini akan lebih beruntung jika diletakkan di bawah kolom indeks saham, selain bisa lebih diperbesar maka kemungkinan terlihat juga lebih besar.

Indeks Saham dan Kurs

indeks saham

kurs

Sebagai situs yang berbasis Bisnis dan Promosi memang kehadiran konten Indeks Saham dan Kurs mata uang akan memberikan nilai lebih. Saya juga mencoba menggunakan konten Kurs untuk mengetahui jumlah mata uang yang saya miliki. Saya mengisikan jumlah mata uang Yen untuk Jepang dan hasilnya langsung bisa diketahui. Konten ini juga akan banyak diminati oleh pengunjung situs, karena pada umumnya konten Kurs hanya berisi informasi berapa nilai mata uang asing pada saat itu. Jadi untuk mengetahui jumlah dalam rupiah kita masih harus menghitungnya sendiri. Bukankah memberikan kemudahan bagi pengguna merupakan tujuan dari sebuah situs online ? Dan dalam hal ini Bi – Pro Magazine telah sukses membuat pengunjung betah berlama-lama di situsnya bahkan akan sering berkunjung ke situsnya.

Versi Android

versi android

Kehadiran Bi – Pro Magazine dalam versi Android akan semakin mendekatkan diri pada pembaca. Sesuatu yang mesti diperhatikan di sini adalah keberadaan logo dari Bi – Pro Magazine yang sepintas mirip dengan logo sebuah perangkat lunak terkenal. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa logo Bi – Pro Magazine akan muncul pada salah satu App Store, yang akan lebih mempermudah pengguna untuk mengaksesnya. Jadi para pembaca atau penguna internet tidak perlu lagi mengetikkan http://www.bipromagazine.com apabila ingin berkunjung, cukup hanya dengan menyentuh logo, maka situs Bi – Pro Magazine sudah terbuka.

logo001

Like via Facebook

facebook

Bagi saya internet sudah merupakan makanan sehari-hari, apapun yang akan saya kerjakan selalu membutuhkan internet. Dari mulai mencari resep masakan, tips seputar kesehatan anak, membantu mengerjakan PR anak dan sebagainya. Jadi kehadiran Bi – Pro Magazine bukan menjadi saingan bagi situs-situs lainnya, bahkan sebaliknya menambah ilmu dan pengetahuan umumnya dan dunia Bisnis serta Promosi khususnya. Saya juga jadi mengethui perkembangan dunia bisnis pada sektor lokal di wilayah Pekan Baru Riau, hal ini benar-benar membuka cakrawala baru bagi saya dan pebisnis pada umumnya. Untuk hal itulah saya tidak ragu-ragu lagi menggabungkan diri ke dalam situs Bi – Pro Magazine ini dan menjadi bagian dari sumber informasi saya. Dan tentu saja saya juga akan menshare artikel yang menurut saya menarik untuk dibaca dan diketahui oleh teman-teman dunia maya.

Saya rasa semangat dan melakukan pembenahan adalah kunci yang harus terus dipertahankan, agar Bi – Pro Magazine dapat menjadi situs nomor satu. Sebuah mimpi yang harus diiringi dengan kerja keras serta optimis, karena era digital bukan semakin mundur, namun sebaliknya akan terus maju. Keberadaan berita-berita online akan selalu diminati dan ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat dunia dan Indonesia khususnya. Masyarakat Indonesiapun sudah mulai digiring untuk tidak buta internet karena ineternet dapat diakses dengan cepat, tepat dan tentu saja akurat.

link

Sukses buat Bi – Pro Magazine !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s