Keep Smile Child…! For Strong and Joy

Sebagian besar mereka yang tinggal di kota besar mungkin tidak asing lagi mendengar Mc Donald. Keberadaan waralaba yang menyajikan makanan siap saji ini memang sudah lama beroperasi di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Dengan mengusung konsep Family Restaurant, Mc Donald sukses menyajikan beberapa jenis makanan siap saji. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, Mc Donald juga rajin disambangi oleh anak remaja. Dengan sendirinya family resto ini telah merambah pangsa pasarnya. Dan kesuksesan yang diraih oleh Mc Donald tidak menutup mata bagi pendirinya. Di dorong oleh rasa humanisme yang tinggi maka lahirlah sebuah organisasi nirlaba dengan tujuan untuk membuat anak-anak di seluruh dunia menjadi lebih sehat, bahagia dan sejahtera.

Organisasi nirlaba yang bernama Ronald Mc Donald House Charities ( RMHC ) ini telah memulai kegiatannya di Indonesia sejak tahun 2011, dan telah tersebar ke 58 negara di dunia. Kegiatan ini memfokuskan diri untuk membantu anak-anak yang sedang sakit, baik secara medis, materi dan bantuan lainnya. Bukan hanya itu, RMHC ini juga memberikan sesuatu yang tidak lagi dimiliki oleh anak-anak karena kondisi mereka. Dalam hal ini bantuan yang diberikan adalah dalam bentuk sentuhan dan kasih sayang. Melalui para relawannya RMHC menaburkan harapan ( Hope ), menyentuh dengan cinta ( Love ), menyemangati dengan gembira ( Joy ) dan mengembangkan senyum ( Smile ).

images

Sejatinya seorang anak yang berada dalam kondisi normal saja memerlukan perlakuan seperti itu, apalagi bagi anak yang sedang sakit. Rasa cinta adalah bibit terindah untuk menumbuhkan harapan demi kesembuhan. Sedangkan dalam kesehariannya anak-anak pun harus dimotivasi agar senyum tulus mereka tetap mengembang. Mereka juga membutuhkan kekuatan jiwa untuk melawan sakitnya. Melupakan sejenak penderitaannya, merasa nyaman dan mereka tidak merasa sendirian.

Dari rasa personality itulah maka RMHC telah mengkonsep beberapa program besar. Mau tau apa saja yang menjadi program besar itu ? Di antara beberapa program RMHC telah dijalankan ke berbagai daerah di Indonesia, namun masih sangat terbatas. Apalagi program kerja yang dijalankan yaitu memberikan bantuan kesehatan bagi anak-anak. Untuk itulah RMHC mengajak seluruh masyarakat yang mengenal Mc Donald dan kerap berkunjung ke outletnya mau berbagi dalam segala hal. Nah, ada baiknya kita mengenal dulu apa aja sih program kerja dari RMHC itu ? Berikut ulasannya….

Ronald Mc Donald Care Mobile

Care mobil ini biasa disebut juga sebagai mobil klinik. Keberadaan mobil klinik ini ikut mendukung program kesehatan Kementrian Kesehatan RI dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta, mobil klinik akan mengunjungi wilayah tertentu. Mobil ini dirancang khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan dan imunisasi. Dalam aktifitasnya mobil klinik bekerjasama dengan Puskesmas setempat yang bertujuan mensejahterakan anak-anak. Mobil klinik juga memiliki team kesehatan yang ahli dan handal. Selain dokter, team juga dibantu oleh relawan RMHC yang sangat familiar. Data yang tercatat sampai dengan bulan September 2014 ini, mobil klinik telah memeriksa lebih dari 9.000 anak dan melakukan imunisasi lebih dari 55.000 bayi dan anak-anak.

mobil klinik

Ronald Mc Donald Family Room

Ruang keluarga ? Untuk apa ? Dan akan dibangun di mana ? Sederet pertanyaan tersebut mungkin telah menyapa saya dan teman-teman. Ruang keluarga yang dimaksud di sini bukan ruang keluarga yang ada di rumah-rumah kita. Ruang keluarga ini diperuntukkan bagi pasien rawat inap anak-anak dan bayi serta keluarganya. Situasi rumah sakit yang memiliki konotasi meyeramkan bagi anak-anak membuat mereka tidak nyaman berada di sana.

Oleh sebab itu, ruang keluarga sangat diperlukan untuk membantu mengurangi kecemasan pasien anak dan bayi serta keluarganya. Tentu saja ruang keluarga ini didesain khusus, namanya juga untuk mengurangi ketegangan. Di ruang keluarga ini pasien anak dan bayi serta keluarganya dapat melakukan hal-hal selayaknya di rumah sendiri. Bukan tanpa alasan, pasien anak dan bayi akan lebih cepat sembuh jika mereka senantiasa berada dekat dengan orang tuanya atau orang-orang yang mencintainya. Mereka juga bisa melupakan rasa sakitnya dengan beragam aktifitas yang bisa dilakukan di ruang keluarga, seperti bermain, menggambar, menyusun balok dan sebagainya. Aktifitas ini akan menekan stimulus rasa sakit dan berubah menjadi kesenangan. Pasien anak dan bayi juga memerlukan semangat untuk melawan sakitnya.

RMHC telah memiliki ruang keluarga yang berada di Lingkungan Departemen Radioterapi RSCM, Jakarta Pusat. Ruang keluarga ini telah berdiri sejak tahun 2011 dan telah digunakan oleh 50 keluarga tiap bulannya. Jam operasional ruang keluarga ini mulai hari Senin sampai Sabtu. Dibuka pada jam 9.00 – 16.00 WIB. Harapannya tentu saja ruang keluarga ini dapat dibangun di rumah sakit lainnya di Indonesia.

family room

Ronald Mc Donald House

RMHC juga akan mendirikan rumah singgah yang diperuntukkan bagi pasien anak dan bayi serta keluarganya. Keberadaan rumah singgah ini hampir mirip dengan ruang keluarga, hanya saja durasi waktunya lebih lama. Biasanya rumah singgah ini diperlukan untuk pasien anak dan bayi yang waktu perawatannya memakan waktu lama. Tujuan didirikannya rumah singgah ini juga agar pasien anak dan bayi tidak merasa sedang menjalani perawatan. Sedapat mungkin mereka akan merasa nyaman dan aman dalam lingkungan keluarga yang mencintainya. Cinta dan kasih sayang adalah obat mujarab bagi semua pasien, khususnya pasien anak dan bayi.

Pada bulan Juni 2014 lalu, RMHC telah melakukan peletakkan batu pertama untuk mendirikan rumah singgah ini. Rumah singgah ini sedianya berlokasi di Jl. Kana Lestari Blok J No. 24, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ulurkan Tangan Yuk…

Manusia disebut sebagai mahluk mulia dan sempurna, rasanya sebutan itu bukan sebuah kiasan atau hiasan belaka. Sebutan tersebut disandang karena manusia memiliki sifat saling membutuhkan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh manusia adalah rasa kasih dan sayang. Merasa iba bila melihat mahluk sesamanya berada dalam situasi tidak mengenakkan. Tanpa panjang lebar, saya bisa memastikan bahwa teman-teman pasti akan mengulurkan tangan bila melihat di antara kita terjatuh.

Uluran tangan kita untuk merealisasikan program yang digagas oleh RMHC ini akan sangat membantu tunas-tunas bangsa yang tidak lain adalah anak-anak dan adik-adik kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengulurkan tangan, di antaranya adalah :

Jika teman-teman ada yang berkunjung ke outlet Mc Donald, di sana terdapat drop box RMHC untuk berdonasi. Kita bisa berdonasi secara langsung di drop box ini. Jadi setelah kita memesan makanan saji di Mc Donald, kita bisa menyisihkannya lewat drop box. Asyik bukan ? Perut kenyang hati senang karena kita telah membantu pasien anak-anak, di mana mereka tidak seberuntung kita.

Kita juga bisa membeli kaos yang bertuliskan kata-kata motivasi, kata-kata tersebut adalah Hope, Love, Joy dan Smile. Kaos dengan strip merah disertai tulisan tersebut nampak excellent, cocok dipakai oleh siapapun. Hasil laba dari penjualan kaos ini digunakan untuk membantu program RMHC ini. Kita bisa membeli kaos ini di outlet Mc Donald di seluruh Indonesia.

Apabila kita mau berdonasi lebih banyak lagi, maka donasi dapat disalurkan melalui rekening milik RMHC. Donasi kita dapat ditransfer melalui rekening Yayasan RMHC di :

rekening

Cara  lain lagi adalah dengan menjadi relawan. Kita semua tahu, menjadi relawan itu sangat mulia, karena kita menggunakan waktu dan tenaga untuk membantu. Apalagi RMHC secara khusus membantu pasien anak dan bayi dengan penyakit berat, sebut saja seperti kanker, leukemia dan lain-lain. Jika teman-teman tertarik untuk menjadi relawan, dapat mendaftar lewat email : bunga.sari@id.mcd.com atau rini.wardhani@id.mcd.com .

Tidak cukup sampai di situ, kita juga dapat berdonasi melalui kata-kata motivasi. Dengan mengirimkan kata-kata motivasi, diharapkan akan menambah semangat pasien anak untuk sembuh. Kita bisa merangkai kata-kata bernada positif yang akan diteruskan kepada pasien anak. Saya sudah melakukannya, dan… Jujur saja air mata saya berlinang membaca ucapan “Terimakasih Kak Ety” dari seorang pasien anak. Padahal saya hanya mengirimkan beberapa potong kata ….

family room002

 

mcdonald

Kita dapat mengirimkan tulisan melalui situs www.stripesforlove.com bisa juga melalui twitter @rmhc_id disertai hastag #stripesforlove atau melalui facebook RMHC Indonesia. Dan jangan lupa ajak teman-teman di media sosial dengan menshare tulisan tersebut, seperti yang saya lakukan.

family room004

 

family room003

Mudah-mudahan perbuatan kecil ini akan berdampak besar bagi pasien anak, semangat mereka akan bangkit. Mereka juga akan merasa bahwa banyak orang-orang yang mencintai mereka apapun keadaannya.

Semua orang di manapun pastinya menginginkan anak-anaknya dalam keadaan sehat. Namun ada satu hal yang kadang kita lupa, bahwa ada takdir dalam perjalanan hidup ini. Oleh sebab itu ada sebagian anak yang lahir dengan takdir tidak menggembirakan. Nah, di sinilah sebagai manusia kita dituntut untuk mengulurkan tangan demi membantu mereka. Karena semua ini juga merupakan bagian dari takdir. Kebetulan saja takdir yang kita jalani berada pada situasi menyenangkan. Maka lepas dari itu semua takdirlah yang membawa kita harus mengulurkan tangan untuk membantu mereka.

Keep smile child….

We don’t forget you and we love you so much…

love

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s