Pengen Banget Berburu Pake Toyota Rush

toyota rush

Perjalanan kala itu memang sangat melelahkan, bukan hanya lamanya perjalanan tapi juga medan yang harus dilalui. Untuk menghindari macet di jalan nasional, terpaksa kami harus melalui jalan desa yang kecil dan becek. Tidak cukup sampai di situ, persneling harus lebih banyak di posisi gigi dua agar kendaraan melambat. Hal ini dikarenakan kiri kanan jalan terdapat jurang dengan kedalaman sepuluh kilometer bahkan lebih. Jangan ditanya lagi soal pedal gas dan rem. Hujan terus mengguyur. Padahal sejak dari Jakarta tidak ada tanda-tanda hujan sama sekali. Namun karena daerah yang kami lalui memiliki curah hujan cukup tinggi, jadi sejak memasuki wilayah Bogor hujan tidak berhenti.

Kata Kakak kalau tadi pake mobil Toyota Rush, mungkin nggak terlalu capek. Soal body, Toyota Rush memang lebih berat tapi tarikannya ringan. Sayangnya kami nggak jadi pake Toyota Rush karena anak-anak lebih memilih Toyota Kijang Inova ini. Anak-anak merasa lebih leluasa katanya. Ah…mereka kan nggak nyetir jadi nggak tau rasanya gimana. Ya, keluarga kami memang sudah cinta dengan mobil-mobil keluaran Toyota. Ringannya sana sini deh, begitu komentar Kakak.

toyota rush008

Beberapa waktu lalu kami memang memiliki Toyota Rush berwarna hitam. Hampir dua tahun lamanya Toyota Rush menemani perjalanan kami. Sampai akhirnya harus dilepaskan dan diganti dengan Toyota Kijang Inova. Alasannya adalah karena anggota keluarga kami terus bertambah, rasanya Toyota Rush kurang leluasa bagi anak-anak. Padahal kami sudah merasakan sendiri betapa nikmatnya menggunakan Toyota Rush, misalnya seperti hal-hal di bawah ini :

Eksterior

Toyota Rush memang memiliki tampilan eksterior yang lebih agresif. Tau kan arti agresif ? Dengan menggunakan Toyota Rush penumpang dan pengemudi merasa adrenalinnya terpacu untuk tampil lebih lincah dan gesit. Sebanding dengan tampilan eksteriornya, Toyota Rush memberikan kebanggan tersendiri saat berada di dalamnya atau di belakang kemudinya. Ciamik deh pokoknya…!

toyota rush002

Interior

Memasuki wilayah interiornya, Toyota Rush memiliki desain interior yang lapang dan mewah. Hal inilah yang memberikan rasa nyaman di setiap perjalanan. Oleh karena itu Kakak rajin merawatnya dengan membawanya ke salon mobil. Setiap kali habis bepergian jauh, Toyota Rushnya dirawat dengan maksimal. Baik eksteriornya maupun interiornya, jadi pas kami masuk ke dalamnya benar-benar nyaman karena wangi dan bersih.

toyota rush007

Accessories

Accessories yang terdapat di eksterior Toyota Rush tidak ditambah-tambahi. Masih dalam keadaan standar saat membeli. Namun begitu ekspresi kebebasan terus tepancar dari setiap detail eksteriornya. Masih menurut Kakak, beda banget saat mengendarai Toyota Rush dengan mobil lainnya. Kakak merasa saat dia mengendarai Toyota Rush semua pandangan orang di jalan mengagumi kejantanannya. Ah…Kakak ada-ada saja, emang sejak kapan mobil ada jenis kelaminnya. He…he…he…

toyota rush003

Safety

Soal keselamatan adalah hal yang paling penting pada sebuah kendaraan, karena kami biasa pergi sekeluarga. Toyota Rush benar-benar memiliki komitmen tinggi untuk senantiasa menjaga keselamatan bagi penggunanya. Toyota Rush memiliki beberapa system pengamanan yang sudah berstandar, antara lain adalah :

• Dual SRS Airbags ( All Grade )
Dual SRS Airbags ini terdapat di depan dashboard, sebelah kiri ( navigator ) dan kanan ( pengemudi ). Ke dua Airbags ini akan mengembang/terbuka jika terjadi benturan keras. Bentuknya menggelembung seperti balon jadi dengan begitu baik navigator maupun pengemudi tubuhnya akan terhalang oleh Airbags ini.

toyota rush010

• Anti-lock Braking System ( ABS )
Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking sistem ( ABS ) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras. Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. ABS bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah satu atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan kelokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar.

Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari pada ABS (antilock braking system) lebih cepat melakukan pengereman dari pada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan dua buah rem cakram dan dua buah tromol tekanan gas yang di setting oleh pabrik. ( Sumber diambil dari sini )

Skema ABS ( Sumber gambar dari sini )

toyota rush011

• Seat Belt Warning
Seat Belt Warning ini juga merupakan perangkat safety yang bertujuan untuk mengingatkan pengemudi agar menggunakan sabuk pengaman sebelum berkendara. Jika pengemudi lupa tidak menggunakan seat belt maka secara otomatis alat ini akan memberitahukannya. Tanda yang terdapat pada Toyota Rush berupa alarm dan lampu yang berkedap kedip.

Sayangnya perjalanan kali ini kami tidak menggunakan Toyota Rush. Kedatangan malam tidak dapat dihindari lagi. Gelap telah menyelimuti perjalanan. Lampu-lampu jalan tidak ada sama sekali. Penerangan jalan hanya berasal dari lampu rumah milik warga. Tidak ada satupun di antara kami yang terlelap kecuali anak-anak. Tidak seperti biasanya. Semua terjaga dengan pandangan lurus ke depan. Pengemudi yang tidak lain adalah kakak tertua, terus diberi semangat agar tidak mengantuk atau lelah. Dalam tiap helaan napas kami selalu berdo’a agar cepat sampai di tujuan dengan selamat.

Kemanakah kami ?

Jalan masih terus berliku, gelap dan basah. Lampu besar digunakan agar jalanan terlihat dengan jelas dan dapat dilihat oleh pengendara lain juga. Kali ini jalanan sudah licin tidak becek dan sempit lagi. Kakak tahu banget soal mobil. Dalam kondisi hujan dan licin begini disarankan untuk tidak menggunakan lampu hazard. Tidak ada satupun kendaraan lain yang melintas kecuali mobil kami. Duh… rasanya tambah deg…degan aja. Pukul 20.30 WIB sampailah kami di sebuah tempat. Setelah Kakak melapor ke bagian reservasi kami diantar oleh salah seorang dari mereka menuju tempat penginapan. Akhirnya….enam jam perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi tuntas sudah. Berhubung kami tiba di sana malam, jadilah acaranya hanya istirahat dan mengisi perut dengan makanan dan minuman yang hangat. Setelah itu kamipun tidur sepulas-pulasnya.

Lalu…tempat apakah ini ?

Pagi hari kami dibangunkan oleh ketukan pintu yang ternyata salah seorang karyawan di penginapan tersebut. Kedatangannya memberitahukan bahwa sarapan pagi sudah disiapkan. Dan kami pun terbangun, betapa terkejutnya kami saat membuka jendela kamar. Subhanallah…pemandangan yang luar biasa nampak jelas terhampar di depan mata. Selepas mata memandang yang nampak adalah pepohonan bergerombol. Mereka saling bertumpuk sehingga tak nampak lagi batang serta dahannya. Pemandangan seluas itu telah membayar kelelahan kami sepanjang perjalanan kemarin. Aduhai Sang Maha Pencipta Alam Semesta, sungguh elok mukjizat Mu pagi ini.

cikidang001

cikidang002

Puas dengan pemandangan alam, kami bergegas menuju restaurant yang ada dalam komplek itu. Baru, setelah masuk ke area restaurant kami tahu bahwa tempat ini bernama “Cikidang Hunting Resort”. Hah…? Hunting ? Jadi ini tempat berburu ? Oh…tidak ! Tidak mungkin. Daripada penasaran akhirnya saya pun bertanya pada Kakak yang mengajak ke sini. Apa benar kami akan berburu, sambil berharap bahwa itu sama sekali salah. Tapi apa mau dikata, Kakak mengiyakan bahwa kami akan berburu. Sayapun melongo…

cikidang010

Surprise…!

Setelah selesai sarapan Kakak dan beberapa temannya yang memang sudah janjian, berangkat dengan mobil yang sudah disediakan di resort tersebut. Kamipun berangkat dan dor…dor…dor…

Sekilas tentang Cikidang Hunting Resort…

Sementara saya, Kakak dan teman Kakak berburu, anggota keluarga yang lain asyik bermain di sekitar penginapan. Ternyata di area penginapan ini banyak terdapat permainan ekstrem lain seperti : Pinball, Outbound, berkuda, offroad, berenang. Memang sih, kegiatan utama dari resort ini yaitu berburu. Luas lahan berburu di Cikidang Hunting Resort ini adalah 30 hektar dengan ditanamin tetumbuhan kelapa sawit, teh dan karet. Hutan berburu ini tidak seperti hutan-hutan liar. Jalan bergelombang nampaknya memang sudah disiapkan oleh pemilik resort. Saya yang sempet takut, karena dalam bayangan saya hewan buruannya adalah hewan buas. Ternyata sesampainya di hutan suasananya lebih mirip dengan perkebunan, jauh dari kesan menakutkan. Hewan buruannya pun bukan hewan buas, akan tetapi hewan yang biasa dipelihara seperti kelinci, ayam, kalkun, kambing, babi hutan dan rusa.

cikidang006

cikidang007

Apabila kita berhasil menembak hewan buruan tersebut, nantinya hewan itu bisa langsung dimasak di restaurant. Akan tetapi sebelum dimasak tentu saja hewan tersebut harus dibayar lebih dulu. Harga hewan tersebut berkisar antara 300.000 – 2 juta rupiah. Untuk senapannya sendiri, pihak resort juga sudah menyiapkan senapan angin 4,5 mm seberat 8-10 kg yang bisa disewa. Namun bagi pengunjung yang sudah memiliki senapan angin sendiri boleh saja dipakai, jadi tidak perlu menyewa lagi. Begitu pula bagi pengunjung yan ingin terlihat seperti Robin Hood, pihak resort juga menyediakan panahan.

cikidang004

cikidang005

Berburu…Akhirnya Berburu…

Terus terang aja, selama hidup baru kali itu saya berburu, meskipun berburunya bukan di hutan liar, tapi tetep aja menegangkan. Hampir seluruh adrenalin saya terpacu, takut tapi juga mengasyikkan. Takut kalau-kalau ada hewan buas yang menarik baju kami. Karena kendaraan yang kami tumpangi jenis kendaraan berburu yang tanpa atap. Asyik apabila kami berhasil menangkap hewan buruan. Ternyata di situlah letak kebahagiaan seorang pemburu. Sekalipun saya hanya menjadi pengiring tapi suasana menegangkan terasa begitu menyengat. Terlebih lagi saat mendengar desingan peluru terlontar dari senapan.

cikidang003

Area perburuan

Cikidang Hunting Resort ini merupakan wisata berburu satu-satunya di Indonesia. Persisnya berada di Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupatan Sukabumi, Jawa Barat. Sekalipun jarak dari Jakarta cukup jauh dengan medan perjalanan yang lumayan buruk, Cikidang Hunting Resort ini tidak pernah sepi pengunjung. Tiap minggunya pasti ada saja pengunjung yang ingin menjajal kemampuan berburunya. Semoga dilain waktu saya bisa berburu dengan menaiki Toyota Rush, bukan kendaraan berburu yang tanpa atap ini. Toh saya kan hanya menjadi pengiring saja, sedangkan yang berburu adalah Kakak.

 Hmmm…kapan ya ?

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s