7 Kunci Sukses Marketing

Veronica-2
Tonggak dalam membangun sebuah usaha adalah marketing, apa gunanya memperbanyak produksi kalau tidak bisa menjual. Bukankah modal dan keuntungan akan didapat apabila produk yang dihasilkan sudah terjual ? Oleh karena itu selain mempelajari dan mencari inovasi baru dalam hal produksi, maka langkah ke dua dalam usaha yaitu pemasaran. Bahasa bekennya yang sering kita dengar adalah marketing. Pada masa sekarang ini banyak sekali teori-teori marketing yang bertebaran di mana-mana, baik dari internet maupun buku-buku. Akan tetapi semua teori itu hanya akan menambah beban di kepala saja kalau tidak dipraktekkan. Berdasarkan beberapa nasehat dari para pakar marketing, teori marketing itu juga tidak boleh diuji cobakan tapi harus terus menerus dilakukan. Marketing jauh berbeda dari produksi, kalau produksi bisa dilakukan uji coba berkali-kali sampai menghasilkan sesuatu yang baik.

Saya contohkan begini, untuk memulai usaha makanan, katakanlah donat, diperlukan uji coba berkali-kali sampai hasil produksinya dapat diterima oleh masyarakat. Jika donatnya sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah ke mana donat tersebut akan dipasarkan dan siapa saja sasarannya. Misalnya disepakati bahwa donat tersebut akan dipasarkan di sekolah-sekolah, sedangkan yang menjadi sasarannya adalah anak sekolah. Dalam memasarkan donat ini, pengusaha tidak bisa berganti teori, tapi harus maksimal menjalankannya. Caranya yaitu harus tekun dan sabar dalam memasarkan donat tersebut. Bahkan tidak cukup hanya sampai di situ saja, si pengusaha juga harus bisa meyakinkan anak-anak sekolah untuk membeli donatnya. Entah itu dari rasanya, tampilannya sampai pada kemasan atau yang lebih dikenal dengan packaging.

Teori marketing yang saya contohkan di atas adalah teori marketing sederhana, namun berangkat dari situlah, seorang konsultan marketing bernama Veronica Ratnaningrum memulai sebuah usaha yang telah melambungkan namanya. Dalam dunia jasa konsultan marketing, nama Veronica Ratnaningrum telah mensejajarkan dirinya dengan konsultan marketing lainnya di mana rata-rata didominasi oleh kaum adam. Sejak itulah Veronica Ratnaningrum berhak menyandang gelar sebagai “Woman Marketer”.

Dalam menjalankan profesinya Veronica Ratnaningrum terkenal sebagai individu yang supel dan ramah. Bahkan dia juga kerap kali berbagi cerita tentang bagaimana meraih keberhasilannya. Bukan hanya cerita, Veronica Ratnaningrum juga tidak pelit dengan ilmunya, berikut ini kunci sukses yang berhasil mengantarkan Veronica Ratnaningrum dalam menjalankan profesinya sebagai konsultan marketing. Ini dia kunci suksesnya :

sukses

Maaf saya lupa gambar ini dari mana…

1. Tekun dan sabar dalam menjalankan usaha, semua dilalui oleh Veronica Ratnaningrum melalui proses alami bukan instan.

2. Semangat belajar tinggi, Veronica Ratnaningrum adalah sosok pembelajar yang tangguh. Baginya belajar dan terus belajar adalah aktvitas yang tak boleh berhenti.

3. Memiliki visi yang jelas, dalam menjalankan sebuah bisnis visi merupakan cikal bakal yang harus dijunjung tinggi.

4. Jiwa kepemimpinan yang kuat, sosok ini sebenarnya telah tertanam sejak kecil, jadi setelah dewasa hanya tinggal mengasah saja.

5. Menjalin dan menjaga hubungan dengan baik, sebenarnya apapun profesi kita dan di manapun kita berada, sikap ini harus terus dijalankan.

6. Mampu berkomunikasi, kalau untuk yang satu ini, memang harus dipelajari namun bagi seorang Veronica Ratnaningrum semuanya bisa dipelajari asal dengan niat sungguh-sungguh.

7. Memiliki jiwa sosial yang tinggi, seperti pepatah mengatakan, “Jika sudah berada di atas tengoklah yang di bawah”.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha tapi bingung mau memulai dari mana, saya kira 7 kunci sukses yang diberikan oleh Veronica Rtananingrum sanggup melecut jiwa usahawan Anda. Selamat berwirausaha !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s